Biaya Operasi Prostat BPJS dan Umum Terbaru 2024

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Biaya Operasi Prostat – Biaya operasi prostat guna mengangkat kelenjar uretra seorang pria terbilang bervariasi. Di mana perbedaan nominalnya sendiri bergantung pada rumah sakit beserta pilihan teknik yang hendak digunakan guna melakukan prostatektomi.

Tidak hanya memerlukan banyak biaya, bahkan operasi prostat memungkinkan pengangkatan kelenjar di bawah kandung kemih secara keseluruhan. Hal ini tentu memiliki alasan tersendiri demi kebaikan pasien kendati harus mengorbankan bagian reproduksi air mani.

Apabila diperlukan, bahkan operasi ini bisa berakibat pengangkatan jaringan lain di sekitar kelenjar prostat. Untuk pelaksanaannya sendiri tentu membutuhkan biaya tambahan, sehingga keluarga dari pengidap penyakit tersebut diharuskan mempersiapkan dana berlebih.

Agar tidak terlambat dalam menangani dan mengupayakan penyembuhan secara optimal, pastikan untuk mengetahui besaran biaya operasi prostat. Sebab metode ini adalah salah satu cara tepat untuk penyembuhan selain radioterapi, kemoterapi, terapi hormon maupun krioterapi.

Biaya Operasi Laser Prostat

Biaya Operasi Laser Prostat
Source Image: www.halodoc.com

Biaya operasi prostat di rumah sakit Indonesia sendiri terbilang cukup bervariasi. Pasalnya, setiap institusi pelayanan kesehatan mempunyai ketentuan berbeda pada aspek tarif satu sama lain. Terlebih terdapat faktor seperti tingkat parah atau tidak kondisi kelenjar prostat seseorang.

Apabila penyakit prostat sudah terbilang parah, dapat dipastikan keperluan biaya operasi akan semakin besar. Namun hal ini masih bisa di atasi dengan menggunakan asuransi atau BPJS Kesehatan, selengkapnya:

BPJS

Jika pasien adalah peserta BPJS Kesehatan, maka keanggotaan itu bisa dimanfaatkan guna memudahkan operasi prostat sehingga tidak memerlukan biaya besar atau bahkan gratis. Namun, terdapat beberapa ketentuan seperti kartu dalam keadaan aktif hingga tidak memiliki tanggungan iuran di mana belum terbayarkan.

Untuk menggunakan asuransi kesehatan sebagai alternatif pembiayaan operasi prostat, setiap pasien juga diharuskan mempunyai surat rujukan dari Faskes 1 atau fasilitas kesehatan tingkat pertama di mana telah dikunjungi pasien pertama kali seperti dokter umum, puskesmas hingga klinik.

Baca Juga: Kantor BPJS Kesehatan Bekasi, Layanan dan Alamat

Umum

Terlepas dari penggunaan asuransi kesehatan (JKN-KIS), biaya operasi prostat di rumah sakit swasta tentu akan lebih besar. Persoalan ini disebabkan pelayanan serta alat-alat yang dibutuhkan berpotensi meningkatkan tarif layanan.

Biaya operasi prostat mandiri tanpa menggunakan BPJS Kesehatan di rumah sakit umumnya berkisar dari Rp 3.500.000 hingga Rp 15.000.000. Namun pada beberapa kasus, tarifnya dapat menyentuh angka Rp 40.000.000 untuk institusi pelayanan kesehatan profesional.

Bahkan pada kisaran biaya operasi prostat di atas belum termasuk keperluan obat-obatan, konsultasi serta kamar rawat. Maka dari itu, guna mempersiapkannya alangkah baiknya sediakan dana tambahan sebesar 20% sampai 30% dari tarif operasi.

Syarat Operasi Laser Prostat Pakai BPJS

Syarat Operasi Laser Prostat Pakai BPJS
Source Image: health.kompas.com

BPJS Kesehatan bisa menanggung biaya operasi prostat secara keseluruhan, hal demikian tentunya akan menjamin serta melindungi masyarakat agar tetap sehat. Namun, ketika seseorang hendak menjalankan metode operasi laser, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi di antaranya:

  • Kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS aktif dan tidak ada iuran menunggak
  • Surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas atau klinik)
  • Kartu pasien dari rumah sakit rujukan

Secara umum, syarat operasi laser prostat menggunakan asuransi hanya beberapa poin di atas saja. Namun, untuk pertanyaan terkait persyaratan secara detail sebaiknya mempertanyakan kepada petugas dari laman resmi BPJS Kesehatan secara langsung untuk validasi.

Penyebab Penyakit Prostat

Penyebab Penyakit Prostat
Source Image: www.alodokter.com

Guna menghindari pengeluaran biaya operasi prostat, terlebih bagi seseorang di mana belum terjangkit sebaiknya ketahui penyebab penyakit ini. Di mana, 15 persen pria berumur 40 tahun berpotensi mengalaminya dan 50 tahun kemungkinannya lebih tinggi yakni 80%.

Beberapa orang mungkin akan mengalami gejala penyakit prostat seperti kondisi berikut ini:

  • Penis akan merasa nyeri atau panas saat buang air kecil maupun ejakulasi
  • Akan muncul gumpalan darah ketika mengeluarkan urine atau air mani
  • Kesulitan buang air kecil
  • Nyeri pada bagian panggul, pinggul serta punggung
  • Sering buang air kecil pada malam hari
  • Aliran urine cenderung lemah

Selain itu, terdapat beberapa faktor penyebab penyakit prostat di antaranya:

  • Faktor bertambah usia
  • Konsumsi makanan kurang serat
  • Mengalami obesitas
  • Terpapar bahan-bahan kimia
  • Kebiasaan merokok
  • Keluarga memiliki riwayat penyakit prostat

Sedangkan gejala penyakit prostat pada awalnya tidak akan menimbulkan gejala yang berarti. Semakin membesarnya kelenjar uretra akan mengakibatkan seseorang memiliki gangguan saat buang air kecil meliputi urine tersendat, merasa perih ketika buang air hingga kesulitan untuk mengeluarkan urine.

Pengalaman Operasi Prostat

Pengalaman Operasi Prostat
Source Image: fk.umsu.ac.id

Terkait pengalaman operasi prostat, pada saat seseorang pengidap penyakit ini tidak akan serta merta langsung melaksanakan prosedur operasi. Pasalnya seseorang harus mendapatkan pemberian obat-obatan lewat infus terlebih dahulu. Jika tidak berefek, barulah operasinya dilakukan.

Prosedur operasi prostat sendiri memakan waktu selama 3 sampai 4 jam, setelahnya pasien tidak langsung merasakan kesembuhan. Melainkan harus beristirahat terlebih dahulu lalu pada beberapa hari ke depan harus melakukan kontrol rawat jalan.

Kontrol rawat jalan sendiri tentu diberlakukan apabila mendapatkan instruksi lebih lanjut dari dokter Urologi yang menangani pasien. Namun, apabila seseorang mengalami rasa sakit atau keluhan sebelum waktu check up sesuai anjuran tiba bisa segera datang.

Adapun waktu check up untuk pemeriksaan atas pengangkatan jaringan prostat sendiri umumnya dilakukan setiap 1 bulan sekali sesuai anjuran dokter.

Efek Operasi Laser Prostat

Efek Operasi Laser Prostat
Source Image: rey.id

Kendati biaya operasi laser prostat terbilang mahal tanpa menggunakan asuransi kesehatan, namun bukan hal baru jika penyembuhan tidak mengakibatkan efek samping.

Proses meringankan gejala saluran kemih sedang sampai parah dari Hiperplasia prostat jinak atau BPH akan dilakukan dokter dengan cara memasukkan sebuah teropong (Kateter) lewat ujung alat kelamin pria ke dalam tabung urin dari uretra. Hal ini bertujuan untuk menyusutkan jaringan berlebih agar aliran urine tidak terhambat.

Mungkin pasien harus mempersiapkan biaya tambahan karena harus menjalani rawat inap setidaknya 24 jam. Akan tetapi ketentuan tersebut dilakukan guna mempermudah dokter dalam menangani beberapa efek samping setelah operasi prostat yang mungkin akan muncul di antaranya:

  • Rasa sakit di bagian sayatan, permasalahan tersebut biasanya hanya akan bertahan beberapa hari saja
  • Cedera di organ terdekat mencakup saraf maupun usus
  • Gumpalan darah bercampur di dalam urine
  • Infeksi pada kandung atau saluran kemih
  • Kesulitan dalam produksi urine
  • Inkontinensia atau kebocoran urine sesaat seseorang setelah operasi prostat berolahraga, bersin hingga batuk. Kondisi itu akan membaik pada beberapa waktu
  • Disfungsi ereksi yang disebabkan jaringan prostat berperan dalam pembuatan air mani. Sehingga saat pengangkatannya memungkinkan sebagian orang tidak dapat mengalami ejakulasi atau orgasme kering.

Namun tak perlu khawatir, sebab efek samping pasca operasi prostat di atas umumnya bertahan beberapa waktu setelah pemulihan. Terlebih kondisi tersebut bergantung pada kesehatan pengidap secara keseluruhan serta kepatuhan mengikuti instruksi tenaga medis.

Kesimpulan

Pasca diberlakukannya operasi, setiap pasien umumnya akan dianjurkan mengurangi beberapa aktivitas seperti seks. Pengobatan prostat memang akan sedikit mengganggu rutinitas antara suami istri sesudah treatment lantaran hormon seorang pria akan berkurang.

Apabila efek samping tak kunjung mereda atau infeksi, demam, pembengkakan sebaiknya segera hubungi dokter. Sekian informasi biaya operasi prostat dari Biayasehat.com, semoga pembahasan di atas bermanfaat serta menjadi wawasan tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *