Biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas 2024, Bisa BPJS

Diposting pada
5/5 - (7 votes)

Biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas – Sudah menjadi suatu kewajaran apabila beberapa pihak harus melengkapi sejumlah dokumen dalam menghadapi suatu kegiatan administratif. Salah satu contohnya adalah Surat Keterangan Sehat.

Surat Keterangan Sehat tersebut sebenarnya bisa dibuat melalui berbagai fasilitas kesehatan. Contohnya klinik maupun rumah sakit. Namun dari semua opsi tersebut, biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas jauh lebih murah.

Selain memiliki ketentuan biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas terjangkau, proses pembuatannya pun juga cukup mudah serta cepat. Alhasil, segala dokumen guna memperlancar segala kegiatan administrasi bisa tersedia dengan cepat.

Lantas, berapa biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas? Supaya dapat membantu Anda mengetahui nominal harga untuk minta pembuatan suratnya di Puskesmas, maka Kami sudah membuat rinciannya. Bahkan syarat hingga cara membuat Surat Keterangan Sehat tersebut ada di pembahasan berikut ini.

Fungsi Surat Keterangan Sehat Puskesmas

Fungsi Surat Keterangan Sehat Puskesmas

Surat Keterangan Sehat adalah lembar yang menyatakan bahwa seorang pasien benar-benar dalam kondisi prima, baik secara jasmani maupun rohani tanpa ada suatu penyakit apapun. Nantinya lembaran penting tersebut akan diterbitkan oleh dokter di beberapa fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas dengan biaya terjangkau.

Baca Juga: Biaya Tes DNA di Puskesmas BPJS, Non BPJS dan KIS 2024

Dalam beberapa situasi, Surat Keterangan Sehat Puskesmas memiliki berbagai kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun fungsi dari Surat Keterangan Sehat Puskesmas adalah sebagai berikut.

1. Melengkapi Dokumen Persyaratan Kerja

Fungsi pertama dari suatu Surat Keterangan Sehat Puskesmas adalah melengkapi dokumen persyaratan kerja. Tujuan melampirkan dokumen tersebut yaitu membantu perusahaan memastikan bahwa calon kandidat lamaran kerja dalam kondisi sehat serta sanggup secara fisik menjalankan tugas.

2. Melengkapi Dokumen Persyaratan Perjalanan

Fungsi selanjutnya dari Surat Keterangan Sehat Puskesmas adalah melengkapi dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan perjalanan ke suatu kota tujuan. Kebijakan tersebut sudah diterapkan oleh beberapa pemerintah Kota Daerah pasca adanya pandemi beberapa tahun silam.

3. Melengkapi Dokumen Persyaratan Pendidikan

Selain beberapa fungsi di atas, Surat Keterangan Sehat Puskesmas juga bisa digunakan sebagai pelengkap dokumen persyaratan Pendidikan. Hal tersebut dibutuhkan guna membantu pihak sekolah memastikan calon siswa dalam kondisi sehat ketika menjalani kegiatan belajar mengajar.

Setelah melihat daftar fungsi di atas, kini Anda sudah mengetahui betapa pentingnya Surat Keterangan Sehat Puskesmas dalam berbagai kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, proses pembuatannya harus dilakukan dengan mematuhi syarat serta ketentuan sesuai masing-masing intansi.

Syarat Membuat Surat Keterangan Sehat Puskesmas

Layaknya pelayanan kesehatan di suatu Puskesmas, membuat Surat Keterangan Sehat juga harus dilakukan sesuai prosedur. Tidak hanya menjalankan setiap tahapannya saja, tetapi pasien juga harus menyediakan berbagai syaratnya secara lengkap.

Supaya bisa membantu semua pihak, berikut adalah syarat membuat Surat Keterangan Sehat Puskesmas.

  • Menyediakan KTP maupun identitas lainnya sesuai kebutuhan.
  • Menyediakan pas foto berwarna 3×4.
  • Datang ke Puskesmas dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani.
  • Mengikuti segala prosedur tes kesehatan sesuai arahan dokter.

Setelah mempersiapkan semua syarat membuat Surat Keterangan Sehat di atas, maka Anda bisa segera datang ke Puskesmas guna menjalani proses pembuatannya.

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat Puskesmas

Setelah menyiapkan semua kebutuhan dalam proses pembuatan Surat Keterangan Sehat Puskesmas, maka Anda perlu mengetahui caranya. Supaya dapat diketahui oleh semua pihak, berikut adalah langkah-langkah pada cara membuat Surat Keterangan Sehat Puskesmas.

  1. Silakan kunjungi lokasi Puskesmas terdekat dari domisili.
  2. Ambil nomor antrean sesuai arahan dari petugas keamanan.
  3. Setelah dipanggil, silakan datang ke loket dan serahkan KTP.
  4. Nantinya Anda akan melakukan pemeriksaan dokter sesuai arahan.
  5. Apabila semua prosedur pemeriksaan kesehatan selesai dilakukan, maka cara membuat Surat Keterangan Sehat Puskesmas berhasil.

Setelah diberikan Surat Keterangan Sehat, maka Anda perlu membayar sejumlah dana sesuai ketentuan biaya. Nantinya Anda akan diarahkan menuju loket lagi guna melakukan pembayaran biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas.

Rincian Biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas

Rincian Biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas

Setelah mengetahui berbagai informasi penting mengenai Surat Keterangan Sehat Puskesmas, maka tibalah saatnya memahami tentang rincian biayanya. Adapun biaya pembuatan Surat Keterangan Sehat tersebut bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan rumah sakit.

Lantas, berapa biaya pembuatan suratnya? Biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas adalah Rp 6.000 – Rp 27.000. Sebaliknya, biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas jauh lebih mahal di kisaran Rp 40.000 – Rp 60.000 dalam proses pembuatannya.

Adapun detail mengenai rincian biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas dapat diketahui melalui informasi di bawah ini.

1. Biaya Pasien Umum

Berikut adalah biaya membuat Surat Keterangan Sehat untuk pasien umum.

Biaya Cek Kesehatan Pasien Umum

  • Pasien Sekolah/Kerja: Rp 6.000
  • Pemeriksaan: Rp 7.500
  • Total: Rp 13.500

Biaya Cek Buta Warna

  • Cek Buta Warna: Rp 8.000
  • Pemeriksaan: Rp 7.500
  • Total: Rp 15.500

Biaya Cek Kesehatan Khusus

  • Cek Kesehatan Khusus: Rp 20.000
  • Pemeriksaan: Rp 7.500
  • Total: Rp 27.500

2. Biaya Pasien BPJS Kesehatan

Berikut adalah biaya membuat Surat Keterangan Sehat untuk pasien BPJS Kesehatan.

  • Administrasi: Rp 0
  • Pasien Sekolah/Kerja: Rp 6.000
  • Cek Bebas Buta Warna: Rp 8.000
  • Cek Kesehatan Khusus: Rp 20.000

Itulah rincian biaya membuat surat sehat di Puskesmas. Melalui tabel informasi di atas, Anda juga dapat mengetahui bahwa proses membuat Surat Keterangan Sehat di Puskesmas juga bisa dilakukan dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Biaya USG di Puskesmas BPJS, Non BPJS dan KIS 2024

Namun, perlu diberitahukan bahwa nominal biaya Surat Keterangan Sehat tersebut masih dapat berubah sewaktu-waktu. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya penyesuaian terhadap kebijakan dari setiap pihak pengelola Puskesmas.

Kesimpulan

Setelah membaca seluruh informasi penting di atas, kini Anda sudah mengetahui bahwa biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas ada di kisaran Rp 10.000 – Rp 25.000. Silakan siapkan anggaran sesuai ketentuan biaya tersebut sebelum membuat Surat Keterangan Sehat.

Sekian pembahasan dari www.biayasehat.com mengenai biaya pembuatan Surat Keterangan Sehat di Pusat Kesehatan Masyarakat. Apabila Anda masih ingin mencari informasi seputar tips dan trik seputar dunia medis serta biaya penanganannya, segera cek update terbaru dari Kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *