Rumah Sakit Adalah, Pengertian, Fungsi Menurut WHO dan Permenkes

Diposting pada
5/5 - (10 votes)

Rumah sakit adalah salah satu tempat layanan kesehatan bagi semua orang. Dengan adanya tempat layanan kesehatan, maka setiap orang tidak merasa khawatir dengan masalah kesehatannya.

Di dalam rumah sakit, kita bisa mendapatkan banyak sekali layanan. Mulai dari layanan pengobatan, layanan pemeriksaan, layanan rawat jalan, layanan rawat inap, hingga layanan gawat darurat.

Semua layanan tersebut juga tentu tidak dilupakan peran seorang dokter, perawat, dan tenaga ahli kesehatan lainnya. Semua petugas tersebut akan membantu proses layanan kesehatan di rumah sakit bisa berjalan dengan baik.

Meski sudah banyak dari kita tahu apa itu rumah sakit, namun masih banyak juga yang belum tahu fungsi tempat layanan kesehatan tersebut berdasarkan pendapat dari WHO dan Permenkes. Tentunya kita perlu mengetahuinya.

Rumah Sakit Adalah

Rumah Sakit Adalah a
source image: health.indozone.id

Selain penjelasan di atas, kami akan mencoba memberikan pengertian lagi. Di mana pengertian ini berdasarkan pandangan WHO (World Health Organization) dan Permenkes. Menurut WHO, rumah sakit adalah salah satu bagian dari suatu organisasi kesehatan sebagai penyedia layanan paripurna, penyebuhan penyakit, hingga pencegahan pada masyarakat.

Sedangkan menurut Kemenkes, pengertian rumah sakit sudah diartikan dalam Permenkes No 72 tahun 2016. Di dalam aturan tersebut, rumah sakit diartikan sebagai institusi layanan kesehatan dalam penyelenggaraan layanan kesehatan secara paripurna. Setiap institusi kesehatan, punya ketentuan sendiri untuk mengelola biaya untuk semua fasilitas, seperti rawat inap, rawat jalan, hingga rawat darurat.

Dari dua pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwasanya rumah sakit menjadi salah satu institusi kesehatan yang menyediakan layanan kesehatan pada masyarakat secara paripurna. Dalam proses penanganan kesehatan, institusi tersebut memiliki banyak berbagai metode serta fasilitas yang dibutuhkan semua masyarakat.

Selain dijadikan sebagai tempat layanan kesehatan, biasanya juga digunakan sebagai pusat pelatihan serta pendidikan bagi tenaga kesehatan. Dengan adanya pelayanan tersebut, secara sadar akan meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia.

Fungsi Rumah Sakit

Fungsi Rumah Sakit
source image: detik.com

Tidak hanya memahami dua pengertian di atas, kamu juga perlu mengetahui bahwa rumah sakit memiliki misi yakni memberi layanan kesehatan bagi semua orang secara bermutu dan terjangkau. Adapun tugasnya adalah melaksanakan upaya layanan kesehatan secara berdaya guna hingga berhasil dengan mengutamakan kesembuhan dan pemulihan.

Jenis institusi kesehatan tersebut juga punya fungsi. Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang No. 44 tahun 2009. Berikut beberapa fungsi dari rumah sakit:

1. Layanan Pengobatan dan Pemulihan

Fungsi pertama adalah sebagai layanan pengobatan serta pemulihan kesehatan bagi semua orang. Dalam pelaksanaannya, tempat layanan kesehatan memiliki standar yang secara khusus dilakukan.

2. Pemeliharaan dan Peningkatan Kesehatan

Kemudian, fungsi kedua yakni memelihara serta meningkatkan kesehatan untuk semua orang secara lengkap dan optimal. Adapun bentuk pemeliharaannya seperti menjaga kondisi alat kesehatan agar memenuhi persyaratan mutu, manfaat, keselamatan, layak pakai, hingga aman.

3. Tempat Pendidikan dan Pelatihan

Selanjutnya, fungsi ketiga adalah menyelenggarakan pendidikan serta pelatihan sumber daya manusia. Adapun pelaksanaannya berguna untuk peningkatan kemampuan dalam pemberian layanan kesehatan.

4. Tempat Penelitian dan Pengembangan

Selain tiga fungsi di atas, rumah sakit juga memiliki fungsi sebagai tempat penelitian serta pengembangan teknologi kesehatan. Dengan adanya fungsi tersebut, setidaknya akan meningkatkan layanan kesehatan dengan melihat disiplin ilmu kesehatan bidang kesehatan.

Itulah beberapa fungsi dari jenis layanan kesehatan menurut Undang-Undang. Setiap fungsi di atas, tentu diterapkan secara maksimal. Apalagi penting sekali untuk kehidupan masyarakat berkelanjutan yang lebih baik.

Layanan Rumah Sakit

Layanan Rumah Sakit a
source image: medi-call.id

Untuk pembahasan berikutnya, kita akan beralih ke jenis-jenis layanan rumah sakit. Di mana di tempat layanan tersebut memiliki kewajiban bagi setiap dokter, perawat, dan tenaga media. Kewajibannya adalah memelihara sekaligus meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat melalui berbagai cara. Mulai dari usaha pencegahan, diagnosis, dan pemulihan penyakit, cedera, gangguan fisik, hingga mental.

Ketika kamu ke tempat pelayanan kesehatan tersebut, maka akan mendapatkan berbagai layanan dari semua tenaga medis. Di bawah ini, kami telah merangkum berbagai layanan di rumah sakit:

1. Pelayanan Kedokteran

Saat kamu ke rumah sakit, maka akan menjumpai layanan kedokteran. Adapun bentuk pelayanan tersebut dikenal sebagai medical service, di mana sebuah bentuk bantuan kesehatan yang dilakukan secara individu atau berkelompok. Seorang dokter akan bertugas menyembuhkan peyakit hingga pemulihan kondisi pasien.

2. Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Tidak hanya berupa layanan kedokteran, setiap instansi kesehatan juga harus memberikan layanan kesehatan masyarakat. Jika tadi hanya dilakukan secara individu, kesehatan masyarakat akan dilakukan secara bersama-sama dengan instansi lainnya.

3. Rujukan Kesehatan

Kemudian, instansi kesehatan juga berkewajiban punya layanan rujukan kesehatan. Dalam pelaksanaannya, sudah diatur dalam Permenkes nomor 01 tahun 2012. Setidaknya ada dua rujukan, yakni rujukan medis dan rujukan menyangkut masalah kesehatan masyarakat. Hingga sekarang dua aturan tersebut sudah dilakukan oleh setiap instansi kesehatan di Indonesia.

4. Rawat Jalan dan Rawat Inap

Lalu, ada juga layanan kesehatan berupa rawat jalan dan rawat inap. Rawat jalan diartikan sebagai salah satu bentuk bantuan kedokteran untuk setiap pasien yang tidak membutuhkan rawat inap. Sedangkan rawat inap merupakan jenis fasilitas kesehatan dalam proses perawaratan oleh tenaga media profesional.

5. Gawat Darurat

Selain rawat jalan dan rawat inap, setiap lembaga kesehatan memiliki layanan gawat darurat. Pelayanan ini disebut juga emergency care yang artinya pasien membutuhkan waktu segera untuk menyelamatkan hidup.

6. Dokter Keluarga

Untuk layanan terakhir adalah penyediaan bantuan dokter keluarga. Adapun bentuk layanannya berupa dokter akan memberikan pemeriksaan serta penyembuhan secara optimal kepada keluarga, baik itu di rumah atau di tempat layanan kesehatan.

Keenam pelayanan di atas tentu memiliki dampak positif bagi semua orang. Dengan dibantu segala elemen, mulai dari dokter, perawat, hingga tenaga medis lainnya semua layanan tadi bisa terlaksana sebagaimana mestinya.

Kesimpulan

Dari semua pembahasan mengenai salah satu jenis layanan kesehatan tadi, bahwasanya rumah sakit diartikan sebagai layanan terpadu bagi masyarkat dalam urusan kesehatan. Di mana setiap kegiatan yang dilakukan sudah diatur dalam Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kiranya itu pembahasan dari kami mengenai pengertian, tujuan, hingga jenis layanan rumah sakit. Semoga dengan adanya artikel ini bisa dijadikan sebagai bahan bahan bacaan menarik. Tidak hanya itu, dari semua penjelasan dari kami bisa menjadi materi bagi semua orang untuk memahami jenis tempat pelayanan kesehatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *