Biaya Masuk Rumah Sakit Jiwa 2024, Bisa Gratis!

Diposting pada
5/5 - (10 votes)

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah penderita gangguan jiwa ada sekitar 236 juta orang. Bahkan angka tersebut bisa terus meningkat setiap tahunnya. Ada beberapa faktor meningkatnya jumlah orang dalam gangguan jiwa, salah satunya biaya masuk rumah sakit jiwa yang terbilang cukup mahal.

Adapun biaya mahal masuk rumah sakit jiwa ini terdiri dari banyak komponen. Mulai dari suntikan tiap hari, obat-obatan, makan, inap, dan lain sebagainya. Semua komponen tersebut tentu bisa menghabiskan banyak uang dari pihak keluarga.

Dengan biaya masuk rumah sakit jiwa yang mahal, pihak keluarga pasien tidak bisa membayar dan terpaksa merawat sendiri. Tidak jarang juga mereka beralih ke pengobatan alternatif yang tentunya pengobatannya cukup lama.

Lalu berapakah biaya masuk rumah sakit jiwa di Indonesia? Apakah ada yang murah atau gratis? Nah, untuk mengetahui semua itu, kami akan menjelaskan secara lengkap di artikel ini. Bagi kamu yang memiliki saudara dengan ODGJ, bisa ikuti serta simak ulasan kami hingga selesai.

Jenis Layanan Di Rumah Sakit Jiwa

Jenis Layanan Di Rumah Sakit Jiwa 1
source: mmc.kalteng.go.id

Sebelum membahas masalah biaya masuk di Rumah Sakit Jiwa di Indonesia, alangkah baiknya kamu ketahui beberapa jenis layanannya. Ada beragam layanan dan setiap layanan punya ketentuan biaya berbeda-beda. Berikut beberapa jenis layanan yang ada di beberapa Rumah Sakit Jiwa di Indonesia:

  • Layanan rawat inap
  • Layanan rawat jalan
  • Layanan IGD
  • Layanan psikologi
  • Layanan penjemputan pasien
  • Layanan konsultasi
  • Layanan Telemedicine

Selain beberapa layanan di atas masih ada banyak jenis layanan di tiap rumah sakit jiwa. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat rincian biaya masuk di tiap rumah sakit jiwa yang sudah disediakan di bawah ini.

Biaya Masuk Rumah Sakit Jiwa Di Indonesia

Biaya Masuk Rumah Sakit Jiwa Di Indonesia
source: sukabumiupdate.com

Perlu kamu ketahui, bahwasanya Rumah Sakit Jiwa adalah jenis rumah sakit khusus yang menyediakan layanan untuk pasien dengan gangguan mental atau disebut dengan ODGJ. Dengan adanya RSJ ini setidaknya ada bantuan khusus kepada orang dengan gangguan jiwa dan bisa mengurangi angka penyakit tersebut di Indonesia.

Tidak hanya memberikan layanan penyembuhan, pemulihan, dan peningkatan, namun juga menyediakan layanan pencegahan pada pasien yang didapati ada tanda-tanda penyakit gangguan mental. Pihak rumah sakit jiwa juga tidak jarang mengadakan sosialisasi serta pengabdian pada masyarakat.

Di Indonesia sendiri, ada banyak rumah sakit jiwa yang sudah berdiri. Bahkan di setiap daerah tingkat kabupaten setidaknya ada 1 rumah sakit jiwa. Hanya saja kebanyakan rumah sakit jiwa di Indonesia langsung dinanungi langsung oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Adapun untuk masalah biaya masuk Rumah Sakit Jiwa di Indonesia, sebaiknya keluarga pasien lebih mengutamakan ke rumah sakit milik pemerintah. Karena biaya yang dikeluarkan tidak besar layaknya rumah sakit swasta. Di bawah ini adalah beberapa biaya masuk RSJ di beberapa rumah sakit di Indonesia, kiranya lokasinya dekat dengan rumahmu:

1. Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

1. Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta
source: jatengpos.co.id

Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta merupakan salah satu RSJ kelas A yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Adapun RSJ ini punya kelebihan yang sudah dikenal banyak orang. Mulai dari kapasitas kamar sebanyak 260, luas lahan sekitar 10 ribu hektar, menjadi rumah sakit pendidikan afiliasi, hingga mendapat penghargaan Green Hospital.

Adapun untuk biaya masuk di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta sudah ditentukan berdasarkan peraturan Gubernur Jateng No. 58 tahun 2020. Ada beberapa rincian biayanya sebagai berikut:

  • Biaya rawat inap: Rp. 75.000 – Rp. 600.000
  • Biaya rawat jalan: Rp. 85.000 – Rp. 120.000
  • Biaya IGD rawat inap: Rp. 245.000 – Rp. 260.000
  • Biaya IGD rawat jalan: Rp, 185.000 – Rp. 200.000
  • Penjempuan Pasien Payjem Pas Ngamuk: Rp. 500.000
  • Medikolegal: Rp. 40.000 – Rp. 137.500

Nah, itulah informasi dari beberapa biaya yang sudah ditentukan oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Apabila ingin lebih tahu informasinya, bisa klik file PDF di sini.

2. Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan

2. Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan
source: rsjsh.co.id

Kemudian, ada juga Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan. Rumah sakit ini berada di Daerah Ibukota Jakarta, lebih tepatnya di Jalan Prof. Dr. Latumenten No. 1 RT 1 RW 4, Jelambar, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat. Lokasinya pun berada di pusat kota yang memudahkan layanan pada pasien.

Adapun RSJ Dr. Soeharto Heerdjan ini punya upaya penyembuhan serta pemulihan secara paripurna, pendidikan, penelitian, hingga pengembangan di bidang kesehatan jiwa. Selain itu, ada juga upaya peningkatan kesehatan lainnya dan melakukan upaya rujukan. Berikut untuk biaya masuk di RSJ Dr. Soeharto Heerdjan:

  • Biaya rawat jalan eksekutif: Rp. 15.000 – Rp. 35.000
  • Biaya konsultasi Eksekutif: Rp. 25.000 – Rp. 130.000
  • Biaya rawat jalan reguler / anak remaja/ IGD: Rp. Rp. 15.000 – Rp. 35.000
  • Biaya pelayanan Telemedicine: Rp. 15.000 – Rp. 200.000
  • Biaya konsultasi reguler / anak remaja / IGD: Rp. 20.000 – 100.000
  • Biaya rawat Inap VIP: Rp. 50.000 – Rp. 700.000
  • Biaya rawat Inap Kelas 1 / R. Picu: Rp. 45.000 – Rp. 600.000
  • Biaya rawat Inap Kelas 2: Rp. 20.000 – Rp. 500.000
  • Biaya rawat Inap Kelas 3: Rp. 18.000 – Rp. 400.000

Nah, itulah biaya masuk di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Apabila ingin tahu lebih rinci biayanya, bisa download file PDF di sini.

3. Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung

3. Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung
source: rsj.lampungprov.go.id

Selanjutnya kita beralih ke rumah sakit jiwa yang berada di luar pulau Jawa. Adapun RSJ yang terkenal yakni ada di Lampung. Namanya adalah Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung. Secara kepemilikan, RSJ ini berada di wilayah pemerintah Provinsi Lampung dengan kategori kelas B.

Tidak jauh berbeda dengan RSJ Daerah Surakarta, RSJ Daerah Lampung ini punya tugas mengadakan layanan kesehatan khususnya kesehatan jiwa serta layanan spesialistik sebagai penunjang medik lainnya. Selain itu juga mengadakan layanan rujukan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

Berikut untuk rincian biaya masuk RSJ Daerah Lampung:

  • Biaya rawat jalan: Rp. 15.000 – Rp. 2.000.000
  • Biaya rawat Inap: Rp. 60.000 – Rp. 3.000.000
  • Biaya layanan IGD : Rp. 15.000 – Rp. 4.000.000
  • Biaya layanan penunjang medis: Rp. 15.000 – 1.000.000
  • Biaya layanan fisioterapi: Rp. 35.000

Dari semua rincian biaya di atas, merupakan hasil dari ketentuan Peraturan Gubernur Provinsi Lampung. Adapun untuk lebih tahu rincian lengkapnya bisa download di file di sini.

4. Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat

4. Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat
source: hafnivanryn.blogspot.com

Lalu, ada juga pilihan rumah sakit jiwa lainnya. Di mana rumah sakit ini bernama RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat. Lokasi rumah sakit tersebut berada di Malang Jawa Timur, lebih tepatynya di Jalan A. Yani Kecamatan Lawang. Di bawah naungan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan RI, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat berupaya memberi layanan khusus pada kesehatan jiwa.

Adapun untuk biaya masuk di rumah sakit tersebut sangat beragam, seperti halnya di RSJ Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Berikut untuk rincian lengkapnya:

  • Biaya dokumen medik: Rp. 10.000 – Rp. 20.000
  • Biaya elektromedik: Rp. 80.000 – Rp. 1.000.000
  • Biaya fisioterapi: Rp. 30.000 – Rp. 600.000
  • Biaya tindakan IGD: Rp. 3.000 – Rp. 360.000
  • Biaya ambulance: Rp. 50.000 – Rp. 410.000

Dari rincian biaya masuk di atas, tentunya masih ada biaya-biaya lainnya. Jika kamu ingin lebih tahu rincian lengkapnya, bisa simak di laman resmi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat.

5. Rumah Sakit Jiwa Grhasia

5. Rumah Sakit Jiwa Grhasia
source: detik.com

Selain beberapa rincian biaya di atas, kamu juga perlu ketahui rincian biaya masuk di Rumah Sakit Jiwa Grhasia. Adapun RSJ tersebut berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Kaliurang Nomor 17, Duwetsari, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman.

Ketika kamu punya saudara yang mengalami penyakit gangguan jiwa dan ingin berobat di RSJ Grhasia Yogyakarta tentu tahu lebih dulu besaran biaya masuknya. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  • Biaya rawat inap: Rp. 5.000 – Rp. 235.000
  • Biaya layanan IGD: Rp. 6.750 – Rp. 155.000
  • Biaya rawat jalan: Rp. 6.750 – Rp. 35.000
  • Biaya layanan klinik jiwa: Rp. 10.000 – Rp. 100.000
  • Biaya layana psikologi: Rp. 15.000 – Rp. 30.000

Rincian biaya masuk RSJ di atas tentu masih belum lengkap. Apabila ingin lengkapnya bisa langsung download rinciannya dalam bentuk file PDF di sini.

Rumah Sakit Jiwa Gratis

Rumah Sakit Jiwa Gratis
source: apakabar.co

Dari semua rincian biaya masuk RSJ di atas, bisa kita simpulkan bahwa nominalnya tidak sedikit. Setidaknya tiap keluarga pasien harus memiliki lebih dari 5 juta. Itupun jika pasien bisa lebih cepat sembuh. Namun, bagi keluarga yang tidak mampu, tentu bisa berobat gratis di rumah sakit jiwa.

Salah satu rumah sakit jiwa di Indonesia yang menyediakan layanan gratis adalah Rumah Sakit Daerah Atma Husada Mahakam. Lokasinya berada di Kota Samarinda Kalimantan Timur. Selain gratis, dari pihak rumah sakit juga memberi layanan kesembuhan lebih cepat pada tiap pasien. Kesembuhan bisa dengan waktu 20 hingga 30 hari.

Ketika kamu ingin ke Rumah Sakit Daerah Atma Husada Mahakam serta ingin mendapatkan layanan gratis, caranya sangatlah mudah. Cukup melapor ke Dinas Sosial terdekat dan memiliki kartu BPJS Kesehatan.

Rekomendasi Rumah Sakit Jiwa Terbaik Di Indonesia

Rekomendasi Rumah Sakit Jiwa Terbaik Di Indonesia
source: edukati.com

Selain beberapa rekomendasi rumah sakit jiwa di atas, kami juga akan memberi rekomendasi pilihan RSJ terbaik di Indonesia. Berikut rekomendasi dari kami setelah mencari informasi dari berbagai sumber:

  • RSJ Daerah Dr. Amino Gondohutomo
  • RS Marzoeki Mahdi
  • RSJ Dr. Radjiman Wedyodiningrat
  • RSJ Prof. Dr. Muhammad Ildrem
  • RSJ Prof. Dr. Muhammad Ildrem
  • RSJ Daerah Banyumas

Nah, itulah beberapa rekomendasi rumah sakit jiwa yang punya layanan terbaik dalam masalah orang gangguan jiwa. Setidaknya di rumah sakit tersebut akan memberikan kesembuhan lebih cepat.

Kesimpulan

Dari semua ulasan di atas, bisa kita simpulkan bahwasanya biaya masuk di rumah sakit jiwa di Indonesia memerlukan biaya cukup banyak. Apalagi bagi pasien yang sulit untuk disembuhkan, pastinya memakan banyak biaya. Akan tetapi, di sisi lain ada rumah sakit jiwa yang menyediakan layanan gratis dengan menggunakan kartu BPJS.

Kiranya itu ulasan dari kami mengenai biaya masuk rumah sakit jiwa di Indonesia. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa membantu para keluarga yang mendapati anggota keluarganya mengalami gangguan jiwa. Sebaiknya kamu bisa memilih rumah sakit daerah yang memiliki biaya masuk lebih terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *