Biaya Rumah Sakit Jiwa Samarinda 2024

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Biaya Rumah Sakit Jiwa Samarinda – Bagi masyarakat Kota Samarinda dan sekitarnya, pasti sudah sering mendengar nama Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam. Sesuai namanya, rumah sakit tersebut memberikan pelayanan kesehatan jiwa terpadu di wilayah Kalimantan.

Hingga kini, Rumah Sakit Jiwa Samarinda sudah menghadirkan berbagai macam layanan beserta fasilitas guna menunjang kenyamanan dan keamanan pasien. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan fasilitas di Rumah Sakit Jiwa Samarinda, tentunya setiap pasien perlu membayarkan sejumlah biaya.

Secara garis besarnya, rincian biaya masuk Rumah Sakit Jiwa Samarinda nantinya akan ditentukan oleh berbagai macam hal, salah satunya yaitu dari segi jenis pelayanannya. Selain itu, kelas layanan yang dipilih oleh pasien juga bisa memengaruhi total biaya administrasinya.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian berencana ingin berobat ke Rumah Sakit Jiwa Samarinda, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu rincian biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya Rumah Sakit Jiwa Samarinda untuk semua jenis dilengkapi alur pendaftarannya.

Profil Rumah Sakit Jiwa Samarinda

Profil Rumah Sakit Jiwa Samarinda
Source: newsborneo.id

Sebelum pembahasan poin utama mengenai rincian biaya Rumah Sakit Jiwa Samarinda lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas profil maupun latar belakangnya. Seperti sudah disinggung di awal, Rumah Sakit Jiwa Samarinda terdaftar sebagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan tipe A di wilayah Kalimantan Timur.

Rumah sakit dengan nama RSJD Atma Husada Mahakam tersebut melaksanakan pelayanan kesehatan jiwa intra mural serta ekstra mural. Selain itu, Rumah Sakit Jiwa Samarinda juga melakukan pembinaan serta integrasi ke puskesmas dan Rumah Sakit Umum di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Rumah sakit jiwa ini mempunyai visi sebagai tempat pelayanan kesehatan yang mandiri dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa terbaru di wilayah Kalimantan. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya sejumlah fasilitas maupun layanan yang diberikan guna menunjang kenyamanan serta keamanan para pasien.

Layanan Rumah Sakit Jiwa Samarinda

Layanan Rumah Sakit Jiwa Samarinda
Source: rsjdahm.kaltimprov.go.id

Ketika hendak mencari tahu besaran biaya masuk rumah sakit jiwa, tentunya kalian juga harus memahami apa saja fasilitas yang diberikan oleh pihak RSJ Samarinda kepada para pasiennya. Dimana Rumah Sakit Jiwa Samarinda sendiri terkenal sebagai salah satu tempat pelayanan kesehatan yang menawarkan fasilitas lengkap kepada para pasien.

Tidak hanya dari segi fasilitasnya saja, namun Rumah Sakit Jiwa Samarinda juga sudah dilengkapi dengan peralatan medis modern yang akan digunakan oleh tenaga ahli medis profesional berpengalaman. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik daftar layanan beserta fasilitas di Rumah Sakit Jiwa Samarinda.

  • IGD (Instalasi Gawat Darurat)
  • Rawat Jalan
    • Klinik Psikiatri Dewasa
    • Klinik Psikiatri Anak & Remaja
    • Klinik Psikiatri Lansia
    • Klinik Rehabilitasi Medik
    • Klinik Forensik Medik
    • Klinik Gigi & Mulut
    • Klinik Medical Check Up (MCU)
    • Klinik Adikasi
    • Klinik NAPZA
    • Klinik Psikologi
    • Klinik Elektromagnetik
    • Klinik Dokter Spesialis Non Psikiatri
  • Rawat Inap
    • Ruang Perawatan Psikiatri Dewasa
    • Ruang Perawatan Anak & Lansia
    • Intensive Care Unit (ICU) / High Care Unit (HCU)
    • Ruang Rehabilitasi NAPZA
    • Ruang Perawatan Non Psikiatri
  • Layanan Unggulan
    • Pusat ADHD
    • Klinik MCU
    • Klinik Elektromagnetik

Biaya Rumah Sakit Jiwa Samarinda

Rincian Biaya Rumah Sakit Jiwa Samarinda
Source: thecentersquare.com

Setelah mengetahui sekilas profil hingga jenis layanan beserta fasilitas di Rumah Sakit Jiwa Samarinda, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besaran biayanya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, besaran biaya masuk Rumah Sakit Jiwa Samarinda nantinya akan ditentukan berdasarkan jenis layanan maupun fasilitasnya.

Selain itu, pemilihan kelas pelayanan oleh para pasien juga nantinya bisa mempengaruhi tarif administrasi pasien di Rumah Sakit Jiwa Samarinda. Pada intinya, biaya RSJ Samarinda sudah diatur oleh Peraturan Gubernur terkait tarif pelayanan kesehatan pada badan layanan umum daerah rumah sakit Atma Husada Mahakam.

Sama halnya seperti pada rumah sakit jiwa pada umumnya, tarif pelayanan kesehatan pasien nantinya akan diperhitungkan atas dasar unit cost dari masing-masing jenis pelayanan. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik rincian biaya Rumah Sakit Jiwa Samarinda untuk semua jenis pelayanannya di bawah ini.

1. Rawat Jalan

Fasilitas rawat jalan diberikan kepada para pasien ketika sudah diperbolehkan pulang oleh dokter, namun tetap dianjurkan untuk mengonsumsi resep obat serta beristirahat. Seperti sudah disinggung sebelumnya, pihak Rumah Sakit Jiwa Samarinda mempunyai beberapa klinik aktif di instalasi rawat jalan.

Jenis PelayananBiaya
Pendaftaran Pasien per KunjunganRp 35.000
Dokter SpesialisRp 75.000
Dokter GigiRp 50.000
Dokter UmumRp 50.000

2. Rawat Inap

Kemudian rawat inap merupakan salah satu jenis layanan milik Rumah Sakit Jiwa Samarinda yang diberikan untuk kebutuhan observasi, diagnosis, terapi, rehabilitasi medik serta penunjang medik pasien lainnya. Berikut adalah rincian biaya rawat inap di Rumah Sakit Jiwa Samarinda.

Jenis PelayananBiaya
Kelas IIIRp 235.000
Kelas IIRp 260.000
Kelas IRp 460.000
Kelas Utama/VIPRp 70.000
UPIPRp 360.000
IGDRp 260.000
IntermediateRp 360.000
PsikogeriatriRp 260.000
Anak & RemajaRp 260.000
Gangguan Mental OrganikRp 260.000
Perawatan Khusus (Infeksius)Rp 260.000
ForensikRp 260.000
One Day CareRp 360.000
Detoksifikasi NAPZARp 360.000
Rehabilitasi NAPZARp 360.000
Ruang Penyimpanan JenazahRp 260.000

Perlu diingat, rincian biaya masuk Rumah Sakit Jiwa Samarinda di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelolanya. Selain itu, tarif pelayanan kesehatan tersebut juga tentunya bisa mengalami penyesuaian sesuai dengan Peraturan Gubernur Kalimantan.

Baca Juga: 4 Rumah Sakit Jiwa Gratis di Jakarta dengan Fasilitas Terbaik

Alur Pendaftaran Rumah Sakit Jiwa Samarinda

Alur Pendaftaran Rumah Sakit Jiwa Samarinda
Source: rsjdahm.id

Selain harus memahami rincian biaya masuk Rumah Sakit Jiwa Samarinda, tentunya kalian juga harus mencari tahu bagaimana alur pendaftarannya. Saat ini, proses pendaftaran pasien baru ataupun lama di Rumah Sakit Jiwa Samarinda sudah bisa dilakukan secara online melalui situs resminya di esdm.rsjdahm.id/pendaftaran.

Pada halaman utama situs tersebut, nantinya akan ada beberapa pilihan layanan milik Rumah Sakit Jiwa Samarinda, mulai dari pendaftaran pasien baru atau lama hingga pemeriksaan medical check up. Nantinya pasien diminta untuk memilih layanan sesuai kebutuhan.

Khusus bagi pasien baru, nantinya mereka perlu menginput nama pasien dan nomor HP ketika ingin mendaftar di Rumah Sakit Jiwa Samarinda. Sementara untuk pasien lama, nantinya mereka hanya perlu memasukkan nomor rekam medik, Kartu BPJS maupun NIK.

Kemudian terdapat juga layanan unggulan milik Rumah Sakit Jiwa Samarinda yang ditawarkan kepada para pasien ketika ingin melakukan medical check up (MCU). Dimana layanan tersebut nantinya tersedia setiap hari dengan batas waktu sesuai dengan kebijakan pihak Rumah Sakit Jiwa Samarinda.

Jadwal Pelayanan Rumah Sakit Jiwa Samarinda

Jadwal Pelayanan Rumah Sakit Jiwa Samarinda
Source: blog.lumahealth.com

Selain mempunyai ketentuan mengenai biaya administrasi layanan, pihak Rumah Sakit Jiwa Samarinda juga mempunyai kebijakan terkait jadwal pelayanan bagi para pasiennya. Artinya, setiap poli di rumah sakit tersebut mempunyai jam operasionalnya tersendiri.

Selain itu, perlu diingat pula bahwa setiap dokter di Rumah Sakit Jiwa Samarinda juga biasanya mempunyai jadwal pelayanan yang fleksibel. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tabel jadwal pelayanan poli di Rumah Sakit Jiwa Samarinda berikut ini.

HariJam Operasional
Senin07.30 – 12.00
Selasa07.30 – 12.00
Rabu07.30 – 12.00
Kamis07.30 – 12.00
Jumat07.30 – 11.30
Sabtu07.30 – 10.00
MingguTutup

Call Center Rumah Sakit Jiwa Samarinda

Call Center Rumah Sakit Jiwa Samarinda
Source: freepik.com

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya Rumah Sakit Jiwa Samarinda untuk semua jenis layanan hingga kelas perawatannya. Nah, apabila di antara kalian merasa bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Rumah Sakit Jiwa Samarinda melalui beberapa contact center di bawah ini.

Alamat: Jl. Kakap, Sungai Dama, Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75115 (Google Maps)

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini Rumah Sakit Jiwa Samarinda menawarkan berbagai macam fasilitas serta layanan kepada para pasien. Selain itu, rumah sakit jiwa tersebut juga sudah dilengkapi peralatan modern serta tenaga ahli medis profesional berpengalaman dalam menangani pasien.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayasehat.com seputar rincian biaya Rumah Sakit Jiwa Samarinda untuk semua jenis fasilitas dilengkapi alur pendaftaran hingga jadwal praktek pelayanannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin berobat ke Rumah Sakit Jiwa Samarinda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *