Biaya Operasi Mata Juling 2024, BPJS dan Tanpa BPJS

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Biaya Operasi Mata Juling – Kejadian mata juling kerap terjadi pada bayi dan anak-anak, akan tetapi hal itu semua bisa terjadi oleh semua tingkatan usia. Kondisi mata juling muncul oleh beberapa faktor mulai dari faktor genetik, cacat lahir dan lainnya.

Dari kondisi mata juling, sebenarnya bisa diobati dengan penangan dini yakni dengan mengambil tindakan pengobatan yang tepat. Pengobatan dapat dilakukan menggunakan kacamata khusus, obat tetes, hingga menjalani serangkaian tindakan operasi.

Tindakan operasi mata juling, biasanya akan dilakukan apabilan mata juling sudah berbahaya bagi penderita dan hanya operasi yang bisa dilakukan. Terkait penanganan operasi ini pastinya banyak dari Anda bertanya berapa biaya operasi mata juling.

Menarik untuk di bahas besaran biaya operasi mata juling tersebut untuk menjawab rasa pensaran. Maka dari itu pada kesempatan kali ini biayasehat.com akan sampaikan informasi mengenai biaya dan informasi terkait lainnya seputar operasi mata juling lainnya.

Apa Itu Mata Juling?

Biaya Operasi Mata Juling

Mata juling atau dikenal dengan strabismus adalah kondisi yang ditandai saat posisi kedua mata tidak sejajar dan melihat ke dua arah berbeda.

Kondisi mata juling ini nantinya akan membuat salah satu mata tampak mengarah ke depan, sementara mata lain melihat ke atas, bawah, maupun ke arah samping.

Secara umum, faktor penyebab mata juling yakni karena kontrol mata tidak berfungsi secara benar. Itulah yang membuat mata satu dan lainnya tidak fokus ke satu arah.

Berdasarkan dari pergeseran arah mata, mata juling terbagi menjadi beberapa jenis. Lalu apa saja jenis mata juling yang ada? Berikut di antara lain jenis mata juling:

  • Eksotropia : Di mana mata juling bergeser ke arah luar.
  • Esotropia : Di mana mata juling bergeser ke arah dalam.
  • Hipotropia : Di mana mata juling bergeser ke bawah.
  • Hipertropia : Di mana mata juling bergeser ke atas.

Baca Juga : Biaya Operasi Prostat BPJS dan Umum Terbaru 2024

Gejala Mata Juling

Kondisi mata juling atau strabismus nantinya akan memunculkan beberapa gejala pada penderitanya. Berikut di antara lain gejala-gejala yang dapat dialaminya:

  • Akan memiringkan kepala pada saat melihat sesuatu.
  • Kedua mata tidak bergerak secara bersamaan atau ada delay.
  • Kemampuan untuk memperkirakan jarak objek menurun.
  • Mata akan terasa cepat lelah.
  • Mata terlihat agak tidak sejajar.
  • Penglihatan ganda atau double.
  • Sering berkedip atau menyipitkan mata, terutama pada saat melihat.
  • Muncul rasa sakit kepala.

Penyebab Mata Juling

Masalah kesehatan berupa cacat mata juling ini terjadi akibat beberapa faktor. Namun yang utama adalah gangguan otot penggerak bola mata.

Selain itu masih ada banyak faktor lain yang bisa meningkatkan resiko terjadinya mata juling pada anak, di antara faktor lainnya adalah:

  • Faktor turunan dari keluarga dan memang menderita mata juling.
  • Mengalami astigmatisme atau gangguan penglihatan akibat kelainan pada kelengkungan kornea / lensa mata.
  • Menderita diabetes.
  • Menderita kanker mata retinoblastoma.
  • Menderita kelainan genetik sindrom Down / Zellweger spectrum disorders.
  • Menderita lumpuh otak atau cerebral palsy.
  • Menderita rabun dekat (mata plus).
  • Menderita rabun jauh (mata minus).
  • Mengalami infeksi, seperti pasca suntik campak.
  • Bayi terlahir secara prematur.

Baca Juga : Biaya Operasi Kista Ovarium di Rumah Sakit 2024

Biaya Operasi Mata Juling

Sudah dijelaskan di atas apa itu kondisi mata juling, gejala dan penyebabnya. Penanganan mata juling salah satunya adalah dengan melakukan tindakan operasi.

Tindakan operasi ini dilakukan jika memang kondisi mata juling sudah terbilang parah. Apabila sudah muncul gejala di atas maka segera kunjungi dokter untuk konsultasi.

Kemudian jika ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko mata juling, nantinya dokter akan menganjurkan untuk mengambil tindakan operasi.

Dalam pengambilan tindak operasi ini, banyak dari Anda yang bertanya mengenai besaran biaya dibutuhkan untuk melakukan operasi mata juling atau strabismus.

Bisa dikatakan biaya operasi mata juling membutuhkan biaya cukup besar jika dilakukan secara umum atau tanpa BPJS. Secara umum biaya operasi mata juling di beberapa rumah sakit mencapai angka Rp 10 – 20 juta.

Namun jika terasa terberatkan dengan biaya tersebut, dan Anda merupakan peserta BPJS Kesehatan maka bisa manfaatkannya. Nantinya biaya operasi mata juling tidak dikenakan biaya alias gratis.

Namun di setiap Rumah Sakit memberlakukan syarat ketentuan berbeda terkait tindakan operasi strabismus / mata juling bisa pakai BPJS. Silahkan konfirmasi secara langsung ke pihak rumah sakit dan BPJS.

Yang jelas, syarat operasi mata juling dengan BPJS mengharuskan kartu kepesertaan dalam keadaan aktif alias tidak ada tunggakan iuran di bulan-bulan sebelumnya. Hal itulah manfaat dari membayarkan iuran BPJS Kesehatan tepat waktu.

Prosedur Operasi Mata Juling

Pengobatan mata juling memiliki tujuan untuk sejajarkan mata dan tingkatkan ketajaman penglihatan. Nantinya pengobatan dapat disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan dari pasien.

Jika dokter sudah diagnosis dan sudah menganjurkan untuk ambil tindakan operasi, maka Anda perlu mengetahui prosedur operasi mata juling.

Setelah pasien menyetujui menjalani tindakan operasi, maka sebelum operasi dokter akan memastikan pasien dalam kondisi baik. Pasien juga akan diminta untuk hentikan sementara obat-obatan yang dikonsumsi termasuk obat pengencer darah.

Selain itu pasien akan diminta berpuasa sebelum menjalani tindakan operasi guna hindari efek samping obat bius seperti mual dan muntah. Setelah itu dokter akan memulai tindakan operasi mata juling.

Operasi mata juling secara umum akan berlangsung selama 1-2 jam. Dalam operasi mata juling, dokter bisa menentukan teknik operasi dengan melihat masalah otot mata dialami pasien.

Secara umum dokter akan melakukan tindakan operasi seperti dengan 3 metode atau teknik yakni :

  • Reseksi : Memotong jaringan otot di sekitar mata untuk kecilkan otot dan menjahit kembali ke posisi semula seperti normalnya.
  • Resesi : Melepaskan otot dari tempatnya dan pindahkan ke posisi lain di mata.
  • Plication : Melipat otot dan menjahit kembali dan membuat bentuk otot baru.

Untuk prosedur sendiri, nantinya operasi mata juling akan dilakukan melalui beberapa langkah. Berikut adalah beberapa prosedur operasi mata juling yang perlu diketahui:

1. Pemeriksaan Sensormotor

Pertama dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, misalnya pemeriksaan sensorimotor. Pemeriksaan sensorimotor adalah untuk mengetahui otot mata mana saja yang harus diubah agar kondisi matat tetap sejajar dan tidak juling.

2. Pembiuasan / Anestesi

Kemudian jika sudah melalui tahapan pemeriksaan, tinggal dilakukan operasi. Pasien nantinya akan dilakukan bius / anastesi umum agar mereka tidak merasakan sakit ketika proses pembedahan.

3. Tindak Operasi

Selanjutnya pasien akan dibius, kemudian dokter akan membuat sayatan kecil pada konjungtiva dan mulai mencari otot mata yang akan diubah. Selanjut dokter akan melemahkan otot mata, memperkuat otot mata, atau memindahkan otot mata agar selaras.

Baca Juga : Biaya Operasi di RS Sardjito Semua Kelas Kamar 2024

Efek Samping Operasi Mata Juling

Dengan menjalanu tindak operasi mata juling di atas, nantinya seorang pasien yang berhasil menjalaninya akan alami efek samping. Berikut beberapa efek samping yang dapat terjadi:

  • Alami pendarahan pada bagian mata.
  • Mata memerah dan kering.
  • Bisa terjadi infeksi mata.
  • Muncul rasa nyesi pada bagian mata.
  • Penglihatan seperti ada dua atau samar.

Pencegahan Mata Juling

Dengan adanya masalah mata juling, hingga saat ini gangguan mata ini tidak dapat dicegah. Namun untuk mata juling dapat dideteksi secara dini agar mendapat penanganan secara tepat.

Misalnya dengan pemantauan pada kondisi mata bayi baru lahir, jika terdeteksi ada gangguan mata, maka bisa segera ditangani agar tidak semakin memburuk.

Ada beberapa tindakan lain yang dapat dilakukan untuk pencegahan mata juling agar mereka jadi lebih fokus, diantara lainnya yakni:

  • Melakukan olahraga mata dengan cara fokus ke sebuah benda berulang.
  • Mengonsumsi banyak makanan yang ada kandungan vitamin A dan E.
  • Menggunakan bantuan kacamata berlensa prima agar lebih fokus dan juga mata jadi terlindungi.
  • Menggunakan obat tets mata agar iritasi dialami berkurang.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan dapat biayasehat.com sampaikan mengenai biaya operasi mata juling dan informasi terkait lainnya. Di mana operasi mata juling membutuhkan biaya kurang lebih Rp 10 – 20 juta jika dilakukan umum / bukan pasien BPJS.

Biaya operasi mata juling tersebut juga akan dipengaruhi beberapa faktor mulai dari Rumah Sakit, tingkat keparahan dan juga tindakan yang diambil oleh dokter. Jadi untuk antisipasi pembengkakan biaya operasi maka siapkan uang lebih.

Namun untuk pasien BPJS yang ingin menjalani operasi mata juling, tidak perlu memikirkan urusan biaya, nantinya biaya operasi dapat klaim dari BPJS dan akan gratis. Hal itu dikarenakan operasi mata juling salah satu tindakan yang ditanggung BPJS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *