Biaya Operasi Kantung Mata di Rumah Sakit dan Klinik 2024

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Biaya Operasi Kantung Mata – Seperti diketahui, kantung mata merupakan kondisi ketika kelopak mata bagian bawah mengalami bengkak, kendur atau tampak sembap. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya penumpukan lemak atau cairan di kelopak mata sehingga membuat mata terlihat seperti bengkak.

Berbicara mengenai kantung mata, menjalani operasi mungkin menjadi salah satu cara paling tepat ketika ingin menghilangkannya. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk menjalani operasi kantung mata, tentunya kalian perlu mengetahui terlebih dahulu berapa besaran biaya yang harus dipersiapkan.

Secara garis besarnya, biaya operasi kantung mata di rumah sakit atau klinik nantinya akan sangat bergantung pada beragam hal, salah satunya yaitu peralatan medis. Selain itu, perlu diketahui pula bahwa operasi kantung mata hanya dapat dilakukan oleh dokter yang kompeten dan sudah berpengalaman.

Nah, apabila di antara kalian berencana ingin menjalani operasi kantung mata, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu rincian biayanya. Untuk membantunya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai biaya operasi kantung mata di rumah sakit dan klinik disertai prosedur hingga risikonya.

Penyebab Kantung Mata

Penyebab Kantung Mata

Seperti sudah disinggung di awal, kantung mata adalah kondisi ketika kulit di bawah mata mengalami kendur atau bengkak. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa kantung mata akan semakin terlihat secara jelas seiring bertambahnya usia seseorang.

Meskipun umumnya tidak berbahaya, namun keberadaan kantung mata terkadang bisa mengganggu penampilan seseorang. Secara garis besarnya, penyebab kantung mata tidak hanya karena kelelahan ataupun kurang tidur, namun juga bisa karena kondisi medis tertentu.

Baca juga: Biaya Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah Terbaru 2024

Oleh karena itu, sebelum membahas rincian biaya operasi kantung mata di rumah sakit dan klinik lebih lanjut, sebaiknya pahami beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Adapun sejumlah penyebab kantung mata tersebut di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kurang tidur.
  • Konsumsi makanan tinggi garam.
  • Iritasi.
  • Merokok.
  • Alergi.
  • Genetik.
  • Gangguan tiroid.

Biaya Operasi Kantung Mata

Biaya Operasi Kantung Mata Terbaru

Pada umumnya, saat ini operasi kantung mata hanya dapat dilakukan oleh dokter kompeten di rumah sakit ataupun klinik yang telah mempunyai izin serta peralatan medis lengkap. Oleh karena itu, hal ini membuat rincian biaya operasi kantung mata di Indonesia dapat bervariasi.

Selain tempat, fasilitas peralatan medis juga nantinya bisa mempengaruhi besaran tarif pelayanan operasi kantung mata seseorang. Di Indonesia sendiri, saat ini biaya operasi kantung mata di rumah sakit ataupun klinik kesehatan berada di kisaran Rp 12.000.000 sampai Rp 25.000.000.

Nantinya biaya tersebut akan mencakup berbagai macam komponen seperti konsultasi dokter, tindakan operasi, rawat inap (jika diperlukan), obat-obatan dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat pula bahwa besaran biaya operasi kantung mata tersebut tentunya bisa berubah sewaktu-waktu.

Apakah Operasi Kantung Mata Ditanggung BPJS?

Apakah Operasi Kantung Mata Ditanggung BPJS

Setelah mengetahui biaya operasi kantung mata di rumah sakit atau klinik Indonesia, mungkin kalian bertanya-tanya terkait apakah operasi kantung mata ditanggung BPJS atau tidak? Sebenarnya, jawaban mengenai pertanyaan tersebut bisa saja iya bisa juga tidak.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab jika operasi kantung mata dilakukan untuk tujuan kecantikan atau tampilan, maka biayanya tidak akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, apabila operasi kantung mata dilakukan sesuai dengan anjuran dokter untuk penyakit tertentu, maka biayanya bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Baca juga: Lebih Baik KIS atau BPJS Kesehatan

Artinya, jika operasi kantung mata dilakukan untuk tujuan kesehatan seorang pasien di rumah sakit, maka semua biaya administrasinya akan sepenuhnya ditanggung oleh BPJS. Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk bisa mendapatkan fasilitas gratis tersebut, setiap pasien peserta BPJS perlu memenuhi semua syarat dan ketentuannya.

Prosedur Operasi Kantung Mata

Prosedur Operasi Kantung Mata

Ketika hendak mencari tahu berapa besaran biaya operasi kantung mata, tentunya kalian juga perlu memahami bagaimana prosedur tindakannya. Sama halnya seperti operasi pada umumnya, operasi kantung mata juga nantinya akan membutuhkan sejumlah persiapan.

Jadi, nantinya setiap pasien akan diminta untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar pada saat ingin menjalani operasi kantung mata. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai prosedur operasi kantung mata di rumah sakit ataupun klinik.

  • Sebelum operasi kantung mata di mulai, dokter akan memberi anestesi atau bius lokal di sekitar bagian mata.
  • Setelah obat bius mulai bereaksi ke pasien, dokter biasanya melanjutkan dengan membuat sayatan di bagian kelopak bawah mata.
  • Langkah berikutnya dokter akan melakukan pemotongan atau pengangkatan lemak dan kelebihan kulit di kelopak bawah mata pasien.
  • Jika sudah diangkat, maka dokter akan menjahit luka operasi.
  • Setelah satu minggu pasca operasi, jahitan luka akan dibuka oleh dokter.

Perlu diketahui, operasi kantung mata di rumah sakit maupun klinik bisanya membutuhkan waktu pengerjaan kurang lebih sekitar 1 sampai 2 jam. Setelah menjalani operasi, pasien biasanya sudah diperbolehkan untuk kembali pulang tanpa perlu menginap di rumah sakit atau klinik.

Risiko Operasi Kantung Mata

Risiko Operasi Kantung Mata

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya operasi kantung mata di rumah sakit dan klinik disertai dengan prosedur tindakannya. Meskipun operasi kantung mata merupakan prosedur aman untuk dilakukan, namun tetap saja terdapat beberapa risiko yang bisa dialami oleh para pasien.

Baca juga: 3 Syarat Menggunakan KIS di Rumah Sakit 2024

Pada umumnya, setelah pasien menjalani operasi kantung mata, mungkin mereka akan merasakan keluhan di sekitar mata. Nah, sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan sejumlah risiko ataupun efek samping menjalani operasi kantung mata di rumah sakit ataupun klinik.

  • Nyeri ringan pada kelopak mata.
  • Muncul memar serta bengkak di sekitar mata.
  • Munculnya rasa kebas di sekitar mata.
  • Mata terasa kering atau justru berair.
  • Pandangan mata terlihat buram atau berbayang.
  • Terjadinya iritasi mata.
  • Mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Perlu diingat, apabila mengalami beberapa gejala yang mungkin dirasa cukup aneh setelah menjalani operasi kantung mata, saran kami sebaiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Beritahu dokter terkait semua keluhan yang kalian alami setelah menjalani operasi kantung mata.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini operasi kantung mata sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat, mulai dari klinik hingga rumah sakit. Hal itu tentu membuat tarif pelayanan operasi kantung mata di masing-masing tempat tentu mempunyai sejumlah perbedaan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayasehat.com seputar rincian biaya operasi kantung mata di rumah sakit dan klinik Indonesia dilengkapi dengan prosedur hingga risikonya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin menjalani operasi kantung mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *