Biaya Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah Terbaru 2024

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Biaya Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah – Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan paling serius di Indonesia, bahkan negara-negara lainnya. Guna mengatasi permasalahan tersebut, maka penderitanya harus menjalani diet ketat atau menjalani sebuah tindakan medis bernama operasi Bariatrik.

Indonesia sendiri sudah memiliki beberapa fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan operasi Bariatrik. Salah satunya adalah RS Pondok Indah, Jakarta. Cukup membayar dana sesuai ketentuan biaya operasi Bariatrik di RS Pondok Indah, maka penanganan medisnya dapat dilakukan.

Namun, minimnya informasi mengenai biaya operasi Bariatrik di RS Pondok Indah Jakarta membuat banyak orang bertanya-tanya tentang rincian nominalnya. Mengingat manfaatnya bagi penderita obesitas, maka banyak orang menduga jika harganya masih cukup mahal.

Lantas, berapa biaya operasi Bariatrik di RS Pondok Indah? Supaya dapat menjadi referensi bagi seluruh pihak, maka Kami telah menyediakan rincian biayanya sesuai ketentuan RS Pondok Indah. Selain itu, prosedur, syarat, hingga artis yang menjalani operasi Bariatrik juga ada di pembahasan berikut ini.

Prosedur Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Prosedur Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Sebelum lebih jauh membahas biaya prosedur operasi Bariatrik di Rumah Sakit Pondok Indah, maka terlebih dahulu Anda perlu mengetahui tentang prosedur penanganannya. Hal tersebut tentunya bisa menjadi gambaran bagi calon pasien RS Pondok Indah apabila berminat.

Supaya dapat diketahui oleh seluruh pihak, berikut adalah prosedur operasi Bariatrik di RS Pondok Indah.

1. Bypass Lambung

Bypass Lambung adalah sebuah prosedur operasi Bariatrik yang umum dilakukan oleh sejumlah rumah sakit. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi kapabilitas perut dalam menampung makanan serta menurunkan segala proses penyerapan nutrisi.

Baca Juga: Rumah Sakit Adalah, Pengertian, Fungsi Menurut WHO dan Permenkes

Setelah dilakukan operasi tersebut, nantinya pasien akan mengalami penurunan fungsi lambung dimana perut normal mampu menampung hingga 3 Liter makanan, tetapi pasien Bypass Lambung hanya mampu menampung 3 gram saja.

2. Gastrektomi Sleeve

Gastrektomi Sleeve adalah prosedur operasi Bariatrik di RS Pondok Indah serta beberapa rumah sakit lainnya. Dalam prosedur tersebut, nantinya pasien akan diangkat hingga 80% area perutnya sampai tersisa kantong panjang seukuran tabung. Nantinya proses tersebut akan mengurangi pembentukan hormon ghrelin atau hormon pembentuk nafsu makan.

3. Duodenal Switch

Prosedur terakhir adalah Duodenal Switch yang mengaitkan usus bagian ujung pada duodenum yang letaknya berada di dekat perut. Sama seperti kedua prosedur lainnya, operasi Bariatrik satu ini juga bertujuan mengurangi jumlah asupan makanan serta penyerapan tubuh terhadap nutrisi.

Itulah prosedur yang nantinya akan dijalani oleh pasien RS Pondok Indah ketika menjalani operasi Bariatrik. Selain mempersiapkan anggaran sesuai ketentuan biaya, calon pasien yang akan menjalani operasi Bariatrik juga harus memenuhi sejumlah syarat maupun kualifikasi.

Syarat Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Syarat Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Karena seluruh tindakan operasi Bariatrik harus dilakukan sesuai prosedur, maka calon pasien perlu memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Adapun persyaratan tadi erat kaitannya dengan Body Mass Index (BMI) atau lebih dikenal sebagai Indeks Massa Tubuh.

Adapun syarat dilakukannya operasi Bariatrik di RS Pondok Indah akan dilakukan ketika seorang pasien memiliki angka BMI lebih dari 37,5. Adapun angka BMI tadi dapat diperoleh dengan menghitung berat badan (Kg) dibagi tinggi badan (Meter) kuadrat.

Supaya lebih mudah dalam mengetahui data lengkapnya, berikut adalah tabel BMI sebagai syarat operasi Bariatrik di RS Pondok Indah.

Tinggi Badang (Meter)Berat Badan (Kilogram)BMI
1,508437,5
1,559037,5
1,609637,5
1,6510237,5
1,7010837,5
1,7511537,5
1,8012237,5

Kurang lebih itulah kualifikasi BMI pasien yang memenuhi syarat untuk operasi Bariatrik. Setelah semua kualifikasi tadi terpenuhi, maka selanjutnya tinggal mempersiapkan biaya sesuai ketentuan dari RS Pondok Indah.

Rincian Biaya Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Rincian Biaya Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Setelah mengetahui apa itu operasi Bariatrik, maka tibalah saatnya memahami tentang rincian biayanya secara lengkap. Adapun rincian biaya tersebut nantinya dapat dijadikan referensi oleh calon pasien sebelum melakukan serangkaian tindakan operasi di RS Pondok Indah.

Lantas, berapa biaya operasi Bariatrik di RS Pondok Indah Jakarta? Melalui penuturan dr. Yanwar Hadiyanto selaku Chief Executive Officer RS Pondok Indah, biaya operasi Bariatrik mulai dari Rp 100 Juta, tetapi nominalnya tidak sampai Rp 200 Juta.

Adapun nominal biaya tadi hanya mencakup prosedur operasi Bariatrik saja. Pasca penanganan berlangsung, nantinya pasien akan menjalani berbagai sesi konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis di RS Pondok Indah.

Apakah operasi Bariatrik di RS Pondok Indah bisa pakai BPJS? Sayangnya prosedur operasi tersebut tidak dapat diakomodir dengan BPJS Kesehatan. Alhasil, Anda yang merupakan pengguna BPJS dapat menunggu kebijakan terbaru ketika ingin menggunakan jaminan sosial dalam operasi Bariatrik.

Namun, perlu diketahui bahwa rincian harga maupun tarif operasi Bariatrik di RS Pondok Indah tadi juga masih bisa berubah lagi tergantung berbagai faktor penyakit bawaan atau komorbid. Selain itu penyesuaian terhadap kondisi maupun kebijakan RS Pondok Indah juga turut mempengaruhi nominalnya.

Manfaat Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Meskipun berbayar, operasi Bariatrik di RS Pondok Indah memberikan banyak manfaat bagi pasien yang menjalankannya. Jadi biaya yang dibayarkan mampu memberikan kebaikan bagi seluruh pasien di RS Pondok Indah Jakarta.

Adapun beberapa manfaat operasi Bariatrik di RS Pondok Indah, antara lain:

  • Meningkatkan kesuburan sehingga dipermudah memiliki keturunan pasca operasi Bariatrik.
  • Meredekan nyeri sendi karena berkurangnya tekanan berlebih pada area tersebut.
  • Mengurangi masalah sleep apnea atau gangguan pernapasan ketika tertidur.
  • Mengurangi depresi serta lebih meningkatkan rasa percaya diri.
  • Meningkatkan kesehatan jantung serta segala penyakit akibat obesitas.
  • Memperbaiki kondisi diabetes tipe 2.

Risiko Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi penderita obesitas, nyatanya operasi Bariatrik juga memiliki beberapa risiko. Hal tersebut juga penting diketahui oleh seluruh calon pasien di RS Pondok Indah sebagai bahan pertimbangan selain nominal biaya prosedurnya.

Adapun risiko operasi Bariatrik di RS Pondok Indah, antara lain:

  • Timbulnya luka maupun lubang pada saluran pencernaan.
  • Terjadinya penyempitan usus serta lambung.
  • Terbentuknya batu empedu pasca melakukan operasi Bariatrik.
  • Rentan terhadap diare, mual, hingga lemas.
  • Masalah medis lain karena adanya kondisi kekurangan nutrisi.

Itulah risiko maupun efek samping ketika Anda melakukan operasi Bariatrik. Jadi wajar apabila dokter maupun spesialis di RS Pondok Indah mewajibkan Anda melakukan konsultasi secara rutin guna memastikan pemulihan pasca operasi.

Artis yang Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Artis yang Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah

Setelah mengetahui rincian biaya operasi Bariatrik tersebut, tentunya Anda memahami betul bahwa ternyata nominal penanganan medis tersebut tergolong mahal. Lantas, adakah tokoh maupun artis yang pernah menjalani operasi Bariatrik?

Baca Juga: Biaya Endoskopi Lambung di Rumah Sakit Indonesia 2024

Dengan biaya mahal tersebut, ada seorang artis yang pernah menjalani operasi Bariatrik, yaitu Melly Goeslaw. Penyanyi kenamaan tanah air tersebut sukses menurunkan berat badannya sebanyak 23 Kg setelah menjalani operasi Bariatrik di RS (Rumah Sakit) Pondok Indah.

Kesimpulan

Setelah membaca semua informasi di atas, kini Anda sudah mengetahui bahwa biaya operasi Bariatrik di RS Pondok Indah mulai dari Rp 100 Juta, tetapi nominalnya tidak sampai Rp 200 Juta. Adapun komorbid maupun penyakit bawaan juga turut mempengaruhi harga operasinya sehingga perlu menjadi perhatian.

Jadi, silakan kumpulkan anggaran sesuai ketentuan biaya operasi dari RS Pondok Indah. Apabila Anda masih membutuhkan informasi seputar informasi harga, tarif, maupun biaya operasi di sejumlah rumah sakit lainnya, segera cek update terbaru dari www.biayasehat.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *