7 Rumah Sakit Jiwa Gratis di Bandung Jawa Barat 2024

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Rumah Sakit Jiwa Gratis di Bandung – Tingginya biaya pengobatan serta rehabilitasi mental memang kerap menjadi permasalahan bagi beberapa pasien ODGJ.

Namun, Anda maupun sanak saudara tidak perlu merasa khawatir karena sekarang sudah ada beberapa Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung (RSJ) yang bisa dijadikan rujukan ketika mendapati pasien ODGJ.

Tentunya Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung tersebut tersebar di beberapa titik lokasi seperti Cisarua, Cileunyi, Batununggal, dan masih banyak lagi lainnya.

Supaya dapat membantu Anda mengetahui alamat, lokasi, serta layanan kejiwaan yang disediakan, silahkan simak daftar Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung berikut ini.

Daftar Rumah Sakit Jiwa Gratis di Bandung

ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa) pada dasarnya membutuhkan bantuan dari orang terdekat maupun sanak saudara yang berkaitan.

Namun, terkadang kendala biaya menyebabkan pihak keluarga terpaksa harus melakukan tindakan kurang tepat terhadap pasien ODGJ, seperti contohnya pemasungan.

Itulah mengapa beberapa Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Bandung berinisiatif mengadakan program pemulihan serta rehabilitasi secara gratis bagi pengidap ODGJ dengan menggandeng pemerintah.

Karena menyediakan layanan kesehatan maupun kejiwaan secara gratis, tentunya beberapa RSJ di Bandung tersebut bebas dari biaya masuk atau biaya pengobatan apapun.

Lantas, dimana lokasi maupun alamat Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung?

Supaya dapat memberikan referensi bagi Anda maupun sanak saudara, berikut merupakan daftar beberapa Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung.

1. Klinik Jiwa Grha Atma

1. Klinik Jiwa Grha Atma
Source: www.google.com/maps

Klinik Jiwa Grha Atma adalah sebuah unit layanan kesehatan kejiwaan dengan pelayanan berkualitas setara Rumah Sakit di kawasan Bandung Wetan.

Menawarkan program pemulihan serta rehabilitasi penderita ODGJ, Klinik Jiwa Grha Atma Bandung bisa memberikan pelayanan secara gratis apabila pasien terdaftar sebagai pengguna BPJS.

Guna mengetahui informasi lengkap mengenai pelayanan Rumah Sakit gratis di Klinik Jiwa Grha Atma Bandung, maka silahkan cek lokasi kantor melalui detail alamat di bawah ini.

Nama RSJKlinik Jiwa Grha Atma
AlamatLLRE Martadinata St, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
LokasiLihat di Sini
Telepon(022) 4203651
Emailklinikerh aatma@email. com
Jam BukaPukul 07.30 – 16.00 WIB (Senin – Jumat)

Silahkan lakukan koordinasi dengan menghubungi kontak Klinik Jiwa Grha Atma Bandung supaya bisa mengetahui informasi lebih lanjut tentang pelayanan Rumah Sakit Jiwa gratis.

Baca Juga: 4 Rumah Sakit Jiwa Gratis di Jakarta dengan Fasilitas Terbaik

2. Rehabilitasi Mental Prima Harapan

2. Rehabilitasi Mental Prima Harapan
Source: www.google.com/maps

Rehabilitasi Mental Prima Harapan merupakan sebuah puri tempat pemulihan beberapa pasien dengan kencenderungan ODGJ seperti Schizophrenia, Bipolar Disorder, hingga Depresi berlebih di Cileunyi.

Selama menjalankan kegiatan medisnya, Rehabilitasi Mental Prima Harapan menggunakan metode pemulihan khas Rumah Sakit Jiwa gratis biaya.

Selain itu, Rehabilitasi Mental Prima Harapan berada di lokasi yang jauh dari kebisingan serta lalu lalang kendaraan bermotor sehingga sangat membantu menstabilkan kondisi jiwa.

Apabila berminat menjalani pengobatan maupun pemulihan gratis di Rehabilitasi Mental Prima Harapan, silahkan kunjungi lokasi tempat melalui detail alamat berikut:

Nama RSJRehabilitasi Mental Prima Harapan
AlamatJalan Cikoneng Nomor 93, Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287
LokasiLihat di Sini
Telepon08122397176
Email
Jam BukaPukul 08.00 – 20.00 WIB (Setiap Hari)

Rehabilitasi Mental Prima Harapan bisa memberikan pemulihan dengan metode ala Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung berkat adanya bantuan serta donasi masyarakat seluruh Indonesia.

3. Klinik Utama Jiwa Hurip Waluya

3. Klinik Utama Jiwa Hurip Waluya
Source: www.google.com/maps

Klinik Utama Jiwa Hurip Waluya adalah sebuah unit kesehatan kejiwaan yang berlokasi di kawasan Sukajadi, Kota Bandung dan sudah beroperasi cukup lama.

Selama menjalankan kegiatan medisnya, Klinik Utama Jiwa Hurip Waluya memberikan pelayanan kejiwaan terhadap pasien dengan beberapa gejala ODGJ, seperti Schizophrenia, Bipolar Disorder, serta Depresi.

Memiliki beberapa tenaga medis handal, Klinik Utama Jiwa Hurip Waluya mampu memberikan pelayanan setara Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yang ada di Kota Bandung.

Apabila berminat melakukan pengobatan maupun pemulihan mental di Klinik Utama Jiwa Hurip Waluya, silahkan kunjungi lokasi kantor melalui detail alamat di bawah ini:

Nama RSJKlinik Utama Jiwa Hurip Waluya
AlamatJalan Karang Tineung Nomor 1A, Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162
LokasiLihat di Sini
Telepon(022) 2038892
Email
Jam BukaPukul 08.00 – 23.00 WIB (Setiap Hari)

Silahkan koordinasikan kembali perihal biaya atau mungkin perawatan gratis yang disediakan dengan menghubungi Klinik Utama Jiwa Hurip Waluya melalui kontak tercantum.

4. Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Cisarua

4. Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Cisarua
Source: www.google.com/maps

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat merupakan sebuah fasilitas kesehatan yang dikelola oleh pemerintah daerah dan berpusat di kawasan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Guna memberikan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan pasien, maka Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat menyediakan beberapa layanan kesehatan kejiwaan, antara lain:

  • Klinik Kesehatan Dewasa
  • Klinik Kesehatan Jiwa Lansia (Psikogeriatri)
  • Klinik Konseling Psikologi / Psikometri
  • Klinik NAPZA

Seluruh layanan kesehatan kejiwaan tadi bisa digunakan oleh masyarakat tanpa biaya, karena RSJ Provinsi Jawa Barat termasuk dalam salah satu Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung selama pasien memiliki BPJS.

Selain itu, pihak RSJ juga kerap bekerjasama dengan pemerintah guna memberikan rehabilitasi gratis apabila menerima aduan tentang ODGJ mendapatkan perlakuan tidak semestinya.

Supaya bisa menuju lokasi RSJ tersebut, silahkan cek detail alamat Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat berikut:

Nama RSJRumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat
AlamatJalan Kolonel Masturi Nomor Kilometer 07, Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551
LokasiLihat di Sini
Telepon(022) 2700260
Email[email protected]
Jam Buka24 Jam

Silahkan hubungi pihak RSJ Provinsi Jawa Barat (Cisarua) guna melakukan koordinasi lebih lanjut terkait program layanan gratis biaya atau penjemputan pasien ODGJ di lokasi.

Selain itu, Anda juga dapat menggali informasi mengenai jadwal dokter RSJ Cisarua dengan menghubungi kontak Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat di atas.

5. Panti Rehabilitasi Mental Bihara Bihari

5. Panti Rehabilitasi Mental Bihara Bihari
Source: www.google.com/maps

Panti Rehabilitasi Mental Bihara Bihari adalah sebuah unit pelayanan kesehatan kejiwaan yang terletak di kawasan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Selama menjalankan kegiatan operasionalnya, Panti Rehabilitasi Mental Bihara Bihari menyediakan beberapa pelayanan kesehatan kejiwaan bagi pasien penderita gejala ODGJ.

Selain itu, pelayanan yang diberikan juga bersifat gratis dengan prosedur pemulihan sesuai dengan standar Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Bandung.

Apabila ingin menjalani pengobatan serta pemulihan kejiwaan di Panti Rehabilitasi Mental Bihara Bihari, maka silahkan kunjungi lokasi unit melalui detail alamat di bawah ini:

Nama RSJPanti Rehabilitasi Mental Bihara Bihari
AlamatJalan Ciguruwik Nomor Kilometer 1,5, Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40624
LokasiLihat di Sini
Telepon082127555055
Email
Jam BukaPukul 08.00 – 17.00 WIB (Setiap Hari)

Silahkan hubungi kontak Panti Rehabilitasi Mental Bihara Bihari di atas untuk mendapatkan informasi tentang pelayanan kesehatan kejiwaan lebih lanjut.

Baca Juga: Biaya Masuk Rumah Sakit Jiwa 2024, Bisa Gratis!

6. Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin

6. Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin
Source: www.google.com/maps

RS Dokter Hasan Sadikin adalah salah satu rumah sakit di Bandung yang menerima rujukan pasien penderita gangguan kejiwaan.

Penderita ODGJ akan ditangani dengan serangkaian layanan rehabilitasi medik oleh Dokter Spesialis Kejiwaan yang ada di rumah sakit tersebut.

Beruntungnya, RS Dokter Hasan Sadikin juga merupakan salah satu Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung karena menerima pasien terdaftar BPJS.

Apabila ingin melakukan pengobatan maupun rehabilitasi medik di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, silahkan cek detail alamat di bawah ini:

Nama RSJRumah Sakit Dokter Hasan Sadikin
AlamatJalan Pasteur Nomor 38, Pasteur, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161
LokasiLihat di Sini
Telepon(022) 2551111
Email[email protected]
Jam Buka24 Jam

Silahkan hubungi kontak dari Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin Bandung di atas guna mengonfirmasi ketersediaan program gratis rehabilitasi medik bagi penderita gangguan kejiwaan.

7. Rumah Sakit Melinda 2

7. Rumah Sakit Melinda 2
Source: www.google.com/maps

RS Melinda 2 adalah sebuah Rumah Sakit Umum yang kerap dijadikan sebagai rujukan bagi warga Bandung ketika mendapati pasien maupun penderita gejala ODGJ.

Melalui poliklinik Psikiatri, nantinya Dokter Spesialis Kejiwaan di Rumah Sakit Melinda 2 akan memberikan penanganan serta pemulihan kondisi mental, seperti:

  • Cemas
  • Depresi
  • Gangguan Psikotik
  • Gangguan Jiwa Berat

Apabila ingin mendapatkan pelayanan kejiwaan dari Rumah Sakit Melinda 2, maka silahkan kunjungi langsung lokasi RSJ melalui detail alamat berikut:

Nama RSJRumah Sakit Melinda 2
AlamatJalan Dr Cipto Nomor 1, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171
LokasiLihat di Sini
Telepon(022) 4232777
Email[email protected]
Jam Buka24 Jam

Hubungi kontak dari Rumah Sakit Melinda 2 ketika hendak mendaftar pelayanan kesehatan kejiwaan, guna mengetahui secara pasti detail biaya serta jadwal dokter yang bertugas.

Seluruh opsi dalam daftar RSJ gratis di Bandung tadi bisa menjadi tempat rujukan ketika tengah mendapati pihak-pihak tertentu yang kebetulan mengidap gangguan jiwa.

Lantas, kapan harus ke Rumah Sakit Jiwa di Bandung?

Kapan Harus ke Rumah Sakit Jiwa di Bandung?

Berhubung sudah mengetahui daftar beberapa lokasi Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung, kini Anda sudah cukup lega ketika hendak melakukan pemulihan maupun rehabilitasi mental.

Lantas, kapan harus ke Rumah Sakit Jiwa di Bandung? Anda maupun sanak saudara bisa membawa pasien ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa di Bandung apabila menjumpai beberapa kriteria berikut ini:

  • Menunjukkan gelagat serta niat mengakhiri hidup.
  • Menunjukkan gelagat untuk melukai diri sendiri maupun orang lain.
  • Kerap berhalusinasi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Tidak dapat melakukan aktivitas harian secara mandiri.
  • Bertindak di luar kendali ketika sedang tidak dalam pengawasan.
  • Penderita ODGJ mendapatkan perawatan serta perlakuan tidak semestinya.
  • Penderita ODGJ terlantar di lingkungan masyarakat.

Apabila menemukan beberapa kriteria di atas, maka sudah saatnya penderita gangguan jiwa direhabilitasi ke Rumah Sakit Jiwa di Bandung atau lokasi terdekat lainnya supaya bisa dilakukan penanganan.

Dengan demikian, proses penyembuhan bisa segera dilakukan oleh beberapa Dokter Spesialis di Bandung sehingga pasien bisa kembali sehat dalam keadaan mental serta jiwa yang stabil.

Kesimpulan

Setelah membaca tentang seluruh daftar Rumah Sakit Jiwa gratis di Bandung tadi, kini Anda tidak perlu merasa pusing soal biaya apabila secara kebetulan mendapati pihak tertentu pengidap ODGJ.

Silahkan hubungi nomor telepon, WA, atau kontak lainnya dari setiap Rumah Sakit Jiwa di Bandung guna mendapatkan pelayanan. Kemudian pastikan pasien terdaftar dalam BPJS kesehatan apabila ingin mendaftar layanan kejiwaan di beberapa Rumah Sakit Jiwa Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *