Kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan, Alamat, Jam Operasional dan Telepon

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan – Untuk memudahkan para peserta BPJS Ketenagakerjaan mengurus semua keperluannya. BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di beberapa kota-kota besar, salah satunya Medan.

Hadirnya kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Medan yang tersebar di beberapa titik lokasi memang sangat membantu para peserta yang hendak mengurus keperluan. Baik untuk keperluan klaim manfaat program atau hanya untuk berkonsultasi terkait manfaat program tersebut.

Terkadang ada beberapa warga yang mungkin ingin mendaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, namun ia tidak tahu dimana lokasi kantor BPJS Ketenagakerjaan berada. Untuk itu, dengan adanya pembahasan kali ini, kami harap ini bisa membantu kalian yang belum mengetahui lokasi kantor.

Selain itu, kalian sebenarnya juga bisa mencari informasi alamat tersebut dengan menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan. Baiklah, daripada banyak basa-basi, lebih baik langsung saja kita masuk ke pembahasan utama yang telah kami siapkan berikut ini.

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan
Source: Google Maps

Kita tahu bahwasanya program BPJS Ketenagakerjaan ini memang diperuntukkan bagi para pekerja. Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, nantinya para pekerja yang menjadi peserta tentu akan mendapat jaminan pada risiko kecelakaan kerja. Umumnya kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan akan dibuatkan atau didaftarkan langsung oleh perusahaan dimana orang tersebut bekerja.

Dimana dalam penyelenggaraannya, BPJS Ketenagakerjaan ini menggunakan mekanisme asuransi sosial. Dengan adanya program ini, pemerintah juga menghimbau kepada para perusahaan untuk segera mendaftarkan para pekerjanya. Nantinya pihak perusahaan yang akan mengurusi semua hal terkait pendaftaran di kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat.

Bagi kalian para pengusaha di Medan, sekarang kalian bisa mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan para pegawai atau karyawan di kantor cabang Medan. Kantor cabang Medan ada di beberapa lokasi yang bisa kalian tuju. Kalian juga bisa mendatangi kantor terdekat di wilayah setempat atau yang paling dekat dengan perusahaan kalian.

Berbicara sedikit mengenai layanan di kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan, kami rasa layanan tersedia tidak beda jauh dengan kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang lainnya. Disini kalian bisa mengurus pendaftaran, konsultasi manfaat program serta klaim manfaat program. Semua layanan tersebut bisa dinikmati secara gratis tanpa ada biaya sepeser pun.

Baca Juga: Puskesmas Adalah, Pengertian, Fungsi, Prinsip dan Tujuan

Layanan

Layanan 4
Source: jateng.tribunnews.com

Nah di pembahasan berikutnya kami akan informasikan lebih dulu terkait layanan apa saja yang ada di kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan. Seperti dijelaskan diatas bahwa layanan tersedia tidaklah berbeda dengan kantor cabang lain. Apa saja layanan tersebut, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pendaftaran Peserta BPJamsostek

Layanan pertama adalah pendaftaran kepesertaan. Kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan bisa dimanfaatkan untuk mendaftarkan kepesertaan para karyawan atau pegawai. Pendaftaran kepesertaan yang bisa diurus diantaranya ada pendaftaran BPU (Bukan Penerima Upah), PU (Penerima Upah) dan JAKON (Jasa Konstruksi).

Disini kalian juga harus mempersiapkan beberapa persyaratan pendaftaran sesuai dengan ketentuan, seperti:

  • KTP
  • FC KK
  • FC NPWP
  • Surat izin usaha atau bukti sementara pengurusan izin usaha
  • Formulir pendaftaran Jamsostek
  • Pas foto berwarna karyawan atau pekerja ukuran 2×3 1 lembar

Ingat, semua layanan tersedia tak terkecuali pendaftaran kepesertaan tidak akan dikenai biaya sepeser pun alias gratis. Jika kalian mungkin masih bingung, nantinya petugas akan memandu proses pendaftaran sampai selesai. Jadi, kalian tidak perlu khawatir.

2. Konsultasi Manfaat Program

Berikutnya ada layanan konsultasi manfaat program. Bagi kalian yang mungkin ingin mendaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, entah itu manfaat program JHT, JKK atau lainnya, kalian bisa berkonsultasi lebih dulu dengan petugas di kantor setempat.

Seperti kita tahu bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa manfaat program, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jaminan Hari Tua (JHT)
  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  • Jaminan Pensiun (JP)
  • Jaminan Kematian (JKM)
  • Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

Biasanya untuk layanan konsultasi sebenarnya bisa juga dilakukan via telepon. Namun akan lebih baik jika kalian mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat agar bisa bertatap muka langsung dengan petugas, sehingga penjelasan terkait manfaat program juga lebih jelas.

3. Klaim Manfaat Program

Lalu untuk layanan terakhir adalah klaim manfaat program. Selain untuk pendaftaran kepesertaan, kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan juga bisa digunakan untuk mengklaim manfaat program. Ketika ingin mengklaim, ada beberapa syarat kriteria yang juga harus dipenuhi oleh para peserta BPJamsostek, diantaranya adalah:

  • Usia Pensiun 56 Tahun
  • Usia Pensiun Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Perusahaan
  • Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)
  • Berhenti usaha Bukan Penerima Upah (BPU)
  • Mengundurkan diri
  • Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
  • Meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya
  • Cacat total tetap
  • Meninggal dunia
  • Klaim Sebagian Jaminan Hari Tua (JHT) 10%
  • Klaim Sebagian Jaminan Hari Tua (JHT) 30%

Kebanyakan untuk klaim Jamsostek biasanya para karyawan yang terkena PHK, lalu karyawan PKWT, dan klaim sebagian jaminan hari tua. Untuk proses klaim sendiri tidak memerlukan waktu lama, dan dana bisa segera cair. Jika kalian ingin mengetahui informasi terkait persyaratan lengkap, kalian bisa mengunjungi website resmi di bpjsketenagakerjaan.go.id.

Alamat

Alamat 5
Source: www.lifewire.com

Lanjut ke pembahasan berikutnya adalah mengenai alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan. Kota Medan memiliki beberapa kantor cabang yang ada di Medan Kota dan juga Medan Utara. Bagi kalian yang bertempat tinggal atau berdomisili di wilayah tersebut, sekarang kalian bisa mendatangi lokasi kantor dengan mudah.

Di bawah ini bisa kalian lihat daftar alamat lengkap berikut rute Google Maps yang bisa kalian jadikan acuan ketika mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan di kota Medan.

Kantor CabangAlamatMaps
MEDAN KOTAJL. KAPTEN PATTIMURA NO. 334 LANTAI 1, MEDAN 20153LOKASI
MEDAN UTARAJL. MARELAN RAYA NO.108, TANAH ENAM RATUS, KEC. MEDAN MARELAN, KOTA MEDAN, SUMATERA UTARA 20245, MEDAN 20115,LOKASI

Diatas bisa kalian lihat bahwa untuk alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan ada di 2 titik, yaitu Medan Kota dan Medan Utara. Kalian bisa klik lokasi untuk mendapatkan rute pasti menuju ke lokasi kantor.

Baca Juga: Rumah Sakit Adalah, Pengertian, Fungsi Menurut WHO dan Permenkes

Jam Operasional

Jam Operasional 5
Source: Google Maps

Lanjut ke informasi selanjutnya adalah jam operasional kantor atau jam kerja. Di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan beberapa kota umumnya memiliki jam operasional yang sama.

Namun untuk kantor cabang Medan ini agak berbeda. Dimana untuk hari Sabtu dan Minggu kantor tetap beroperasi, walaupun hanya setengah hari. Nah untuk informasi jadwal operasional lengkap bisa kalian simak di bawah ini.

  • Jumat: 08.00–17.00
  • Sabtu: 08.00–12.00
  • Minggu: 08.00–12.00
  • Senin: 08.00–17.00
  • Selasa: 08.00–17.00
  • Rabu: 08.00–17.00
  • Kamis: 08.00–17.00

Perlu diketahui bahwa tidak semua kantor cabang memiliki jam operasional yang sama. Karena untuk masalah ini akan tergantung pada kebijakan masing-masing kantor cabang terkait. Untuk kantor di daerah lain mungkin memiliki hari kerja Senin sampai dengan Jum’at, lalu Sabtu-Minggu libur.

Namun tidak dengan kantor Medan, yang mana beroperasi selama 7 hari penuh, walaupun untuk Sabtu-Minggu kantor hanya buka dari jam 08.00 pagi sampai dengan jam 12.000 siang saja. Jika kalian bertanya apakah kantor hari Sabtu buka apa tidak, jawabannya, kantor tetap buka di hari Sabtu dan Minggu.

Nomor Telepon

Nomor Telepon 4
Source: tim biayasehat.com

Selain alamat dan jam operasional kantor, biasanya orang juga akan mencari informasi terkait nomor telepon kantor yang bisa dihubungi. Untuk kantor cabang Medan, disini kalian bisa menghubungi nomor (061) 4532818.

Ketika ingin berkonsultasi via telepon karena mungkin malas untuk mengunjungi kantor, maka kalian bisa menghubungi nomor diatas. Nomor tersebut merupakan nomor kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan Kota yang beralamat di Jl. Kapten Patimura No.334, Darat, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153.

Foto

Sebagai informasi tambahan, di bawah juga kami siapkan beberapa gambar atau foto dari lokasi kantor, fasilitas dan ruang pelayanan yang ada di kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan setempat.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas terkait kantor BPJS Ketenagakerjaan Medan, disini bisa disimpulkan bahwa kota Medan tersedia beberapa kantor cabang yang tersebar di beberapa titik. Kantor tersebut juga memiliki pelayanan yang sama dengan kantor cabang di kota atau daerah lain.

Terkait jam operasional, kantor cabang Medan kota dan Medan Utara memiliki perbedaan dengan kantor cabang daerah lain. Dimana untuk hari kerja dimulai 7 hari penuh dengan jam kerja mulai pukul 08.00-17.00 (Senin-Jum’at) dan 08.00-12.00 (khusus Sabtu-Minggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *