Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas Terbaru 2024

5/5 - (2 votes)

Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas – Salah satu persyaratan dokumen daftar KUA adalah membawa surat tes kesehatan pranikah. Maka dari itu banyak calon mempelai ingin tahu besaran biaya tes kesehatan pranikah.

Tes kesehatan pranikah bisa dilakukan pada fasilitas kesehatan Puskesmas terdekat dari lokasi Anda dengan membawa dokumen persyaratan sebagai catin (calon pengantin). Umumnya dokumen persyaratan tes kesehatan pra nikah ini meminta kepada Desa maupun Kelurahan dari pihak wanita maupun pria, tergantung lokasi pendaftaran KUA.

Lantas, berapa biaya tes kesehatan pranikah di Puskesmas? Untuk biaya pendaftarannya saja Rp 30.000 – Rp 70.000. Namun dari nominal tersebut belum termasuk seperti suntik TT, Vitamin dan lain sebagainya.

Apabila Anda belum tahu rincian biaya tes kesehatan pranikah Puskesmas yang terbaru. Maka, dalam artikel ini kami sudah merangkum lengkap informasi rincian biaya yang disertai syarat, prosedur dan jenis vaksin.

Biaya Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas Terbaru

bukti pembayaran tes kesehatan pranikah puskesmas

Tes kesehatan pranikah atau medical chek up menjadi kewajiban harus dijalani oleh calon mempelai yang hendak melakukan pernikahan. Sehingga kalau Anda belum mendapatkan surat pertanyaan tes kesehatan pranikah, maka pihak KUA tidak dapat memproses pendaftaran.

Salah satu tujuan melakukan tes kesehatan pranikah yaitu mengetahui kondisi kesehatan pasangan dan mencegah penyakit menular. Selain itu, saat proses tes kesehatan pranikah di Puskesmas mendapatkan beberapa jenis vitamin, seperti vitamin C dan Gizi.

Baca Juga:

Seiring berjalannya waktu, biaya tes kesehatan pranikah di Puskesmas selalu meningkat dengan adanya penambahan jenis vaksin maupun pelayanan dari dokter. Apabila Anda mempunyai rencana melakukan pernikahan, sebaiknya ketahui rincian berikut ini:

KeteranganBiaya
Pendaftaran UmumRp 30.000
Pendaftaran Capeng (Calon Pengantin)Rp 40.000
Suntik TTRp 40.000
Golongan DarahRp 20.000
Cek HIVRp 15.000
Tes KesehatanRp 20.000
TotalRp 165.000

Berdasarkan pengalaman pribadi tes kesehatan pranikah di salah satu Puskesmas Purbalingga, Jawa Tengah. Seluruh biaya tes kesehatan pranikah di Puskesmas dari pendaftaran sampai cek kondisi tubuh Rp 165.000.

Namun, tidak semestinya nominal biaya tersebut selalu sama, di mana bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan, lokasi puskesmas dan kondisi. Oleh karena itu, penting buat Anda selalu mencari informasi terlebih dahulu sebelum datang ke puskesmas.

Syarat Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Syarat Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Ketika mempelai pria dan wanita yang hendak melangsungkan acara pernikahan, maka keduanya akan mengurus surat pendaftaran KUA dari N1 sampai N5. Bukan hanya menjadi syarat di KUA saja, tetapi akan digunakan pendaftaran tes kesehatan pranikah di Puskesmas.

Mungkin untuk calon mempelai pria dan wanita baru pertama kali mengurus pernikahan, mungkin bingung apa saja syarat yang dibutuhkan tes kesehatan pranikah di Puskesmas. Berikut adalah syarat tes kesehatan pranikah di Puskesmas:

  • KTP asli calon mempelai pria dan wanita (WNI).
  • Surat pengantar dari desa atau kelurahan wanita.
  • BPJS Kesehatan (Jika punya).
  • Paspor atau tanda pengenal (WNA)

Pada umumnya, pihak puskesmas hanya membutuhkan dokumen asli, seperti KTP. Namun, apabila membutuhkan salinannya seperti surat pengantin, maka silahkan segera dipersiapkan. Sehingga tidak semestinya setiap puskesmas memberlakukan syarat tes kesehatan pranikah yang sama.

Prosedur Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

prosedur Tes Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Setiap puskesmas di Indonesia memiliki prosedur tes kesehatan pranikah yang berbeda-beda, tergantung dari jadwal praktek dokter maupun pelayanannya. Di mana ada beberapa tahapan prosedur yang perlu diselesaikan oleh calon mempelai pria dan wanita.

Oleh karena itu, penting sekali buat Anda yang ingin tes kesehatan pranikah di Puskesmas mengetahui tahapan prosedur terlebih dahulu. Adapun beberapa tahapan prosedur tes kesehatan pranikah di Puskesmas yang harus dijalankan, antara lain:

1. Pendaftaran

Tahapan pertama Anda harus mendaftar sebagai capeng tes kesehatan pranikah di loker pendaftaran Puskesmas. Pastikan seluruh persyaratan tes kesehatan pranikah dibawa lalu serahkan kepada petugas pelayanan.

Nantinya Anda harus membayar biaya pendaftaran dan suntik TT sebesar Rp 110.000. Namun nominal tersebut dapat berubah tergantung lokasi puskesmas.

2. Pemeriksaan Awal

Tahapan kedua Anda akan dilakukan pemeriksaan awal seperti cek tensi, riwayat penyakit, berat dan tinggi badan. Biasanya ini dilakukan pada saat dokter atau perawat menginput data capeng untuk membuat surat pernyataan bahwa telah melakukan tes kesehatan pranikah.

3. Tes Kesehatan

Tahapan ketiga yaitu melakukan tes kesehatan yang meliputi golongan darah, tes HIV dan penyakit lainnya. Dalam proses tes kesehatan ini dilakukan pengambilan sampel darah pada ruangan Laboratorium. Ketika sudah pengambilan sampel darah, Anda harus membayar sekitar Rp 55.000.

4. Suntik TT

Tahapan terakhir yaitu dilakukan suntik Tetanus (TT) kepada calon mempelai wanita. Sedangkan calon mempelai pria hanya diambil pengambilan sampel darah, sehingga tidak disuntik.

Jenis Vaksin Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Jenis Vaksin Kesehatan Pranikah di Puskesmas

Perlu diketahui bahwa tidak semua lokasi puskesmas memberikan jenis vaksin yang lengkap dikarenakan keterbatasan pelayanan. Oleh karena itu, penting buat Anda mencari puskesmas yang memang lengkap dari segi pelayanan maupun tenaga medis.

Umumnya, ada beberapa jenis vaksin kesehatan pranikah di Puskesmas, antara lain:

1. Vaksin Tetanus

Vaksin tetanus toxoid adalah salah satu vaksin yang mencegah terjadinya infeksi tetanus pada vagina wanita saat pertama kalinya berhubungan intim bersama suaminya. Selain itu, saat wanita hamil memiliki imun terhadap infeksi tetanus yang dibutuhkan saat proses persalinan.

2. Vaksin HPV

Vaksin HPV berguna untuk mengamankan dan melindungi wanita dari kanker serviks serta penularan HPV pada saat berhubungan intim dengan suami. Untuk vaksin ini didapatkan sebelum menikah.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan bahwa biaya tes kesehatan pranikah di Puskesmas tergantung dari lokasi, pelayanan serta jenis vaksin yang akan di suntikan kepada pria maupun wanita. Setelah dilakukan pengecekan kesehatan pranikah, ada baiknya cek ulang surat pernyataan yang diberikan dari dokter.

Demikian penjelasan dari kami terkait budget yang dibutuhkan cek kesehatan pranikah di Puskesmas. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk calon pengantin yang hendak menikah.

Tinggalkan komentar