Biaya Tes Dahak di Puskesmas Semua Wilayah 2024

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Biaya Tes Dahak di Puskesmas – Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa dahak (sputum) merupakan lendir yang diproduksi oleh paru-paru dan tenggorokan. Nah, apabila terjadi gangguan di saluran pernapasan, salah satu tandanya bisa dilihat dari perubahan pada warna dahak.

Kondisi tersebut tentu membuat seseorang perlu melakukan pemeriksaan guna mendeteksi bakteri atau jamur dalam dahak yang menjadi penyebab infeksi. Untungnya, kini tes dahak sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, termasuk di puskesmas dengan biaya yang bervariasi.

Secara garis besarnya, rincian biaya tes dahak di puskesmas nantinya akan dipengaruhi oleh berbagai macam hal, entah itu dari segi tempat maupun fasilitas medisnya. Selain itu, pemilihan prosedur pemeriksaan dahak di puskesmas juga nantinya bisa mempengaruhi tarif pelayanannya.

Maka dari itu, apabila di antara kalian ingin menjalani tes dahak di puskesmas terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu rincian biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya tes dahak di puskesmas semua daerah disertai prosedur hingga efek sampingnya.

Penyebab Dahak di Tenggorokan

Penyebab Dahak di Tenggorokan

Seperti sudah disinggung di awal, dahak merupakan sebuah lendir yang diproduksi oleh paru-paru dan tenggorokan manusia. Nantinya lendir tersebut berguna untuk melindungi saluran pernapasan dari benda asing ataupun infeksi yang bisa mengganggu kesehatan seseorang.

Pada umumnya, dahak akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, dahak di tenggorokan tidak hilang-hilang terkadang terjadi pada sejumlah orang. Nah, kondisi ini bisa menandakan adanya infeksi ataupun gangguan medis yang membutuhkan penanganan.

Baca juga: Biaya Vaksin HPV di Puskesmas BPJS, Non BPJS dan KIS 2024

Secara garis besarnya, dahak di tenggorokan yang tidak hilang-hilang bisa disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu. Maka dari itu, sebelum mencari tahu berapa besaran biaya tes dahak di puskesmas seluruh daerah Indonesia lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya di bawah ini.

  • PPOK.
  • Asma.
  • Sinusitis.
  • Alergi.
  • Polusi atau asap.
  • Polip hidung.

Indikasi Tes Dahak

Indikasi Tes Dahak

Ketika hendak mengetahui biaya tes dahak di puskesmas, tentunya kalian juga perlu memahami beberapa kondisi seseorang yang membutuhkan tindakan medis tersebut. Dimana tes dahak merupakan salah satu metode pemeriksaan penyakit infeksi, terutama untuk infeksi paru-paru serta TBC.

Di Indonesia sendiri, dahak yang diambil nantinya bisa dilakukan melalui dahak yang dibatukkan pasien atau melalui tindakan bronkoskopi. Tes dahak umumnya dilakukan pada pasien ketika mereka menderita infeksi saluran pernapasan dengan beberapa gejala atau indikasi seperti berikut ini.

  • Batuk berdahak.
  • Demam dan menggigil.
  • Nyeri otot.
  • Lemas.
  • Penurunan nafsu makan.
  • Penurunan berat badan secara drastis.
  • Nyeri dada.
  • Sesak napas.

Biaya Tes Dahak di Puskesmas

Biaya Tes Dahak di Puskesmas Terbaru

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini tes dahak dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu puskesmas. Perlu diketahui, hampir semua puskesmas yang berada di seluruh wilayah Indonesia sudah menyediakan fasilitas pemeriksaan dahak bagi para pasiennya.

Seperti halnya saat ingin tes kesehatan pranikah di puskesmas, tindakan pemeriksaan dahak juga nantinya mempunyai ketentuan mengenai biaya atau tarif pelayanannya. Nah, untuk saat ini rata-rata puskesmas memberlakukan biaya tes dahak mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per tindakannya.

Nantinya di dalam besaran tarif pelayanan di puskesmas tersebut sudah mencakup beragam hal seperti pendaftaran pasien, tes dahak dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya tes dahak di puskesmas tersebut tentu bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pihak pengelolanya.

Baca juga: Gaji Kepala Puskesmas PNS dan Non PNS 2024

Nah, mungkin sebagian besar dari kalian bertanya-tanya apakah biaya tes dahak di puskesmas dapat ditanggung oleh BPJS atau tidak? Jawabannya yaitu bisa. Jadi, nantinya pasien peserta BPJS Kesehatan berkesempatan mendapatkan fasilitas pemeriksaan dahak di puskesmas tanpa biaya alias gratis.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa setiap pasien peserta BPJS Kesehatan tersebut wajib memenuhi semua syarat beserta ketentuan yang berlaku. Jika memang terjadi indikasi adanya penyakit ataupun infeksi serius, biasanya pasien akan mendapatkan rujukan ke faskes tingkat lanjut dari pihak puskesmas.

Prosedur Tes Dahak di Puskesmas

Prosedur Tes Dahak di Puskesmas

Setelah mengetahui rincian biaya tes dahak di puskesmas seluruh Indonesia, maka selanjutnya kalian juga harus memahami bagaimana prosedur tindakannya dilakukan. Ketika ingin menjalani tes dahak di puskesmas, pasien dianjurkan untuk meminum banyak air pada malam hari sebelum pengambilan sampel.

Hal ini dilakukan agar nantinya pasien bisa lebih mudah dalam mengeluarkan dahak di pagi harinya. Jadi, nantinya pengambilan sampel dahak akan dilakukan pada pagi hari supaya hasilnya bisa lebih akurat. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan mengenai prosedur tes dahak di puskesmas.

  • Pertama-tama, dokter akan meminta pasien untuk menghirup napas dalam-dalam, lalu batuk dengan keras.
  • Setelah itu, dokter akan memberikan terapi uap (nebulizer) apabila pasien merasa kesulitan dalam mengeluarkan dahak.
  • Kemudian dokter akan menampung sampel dahak di wadah steril khusus untuk nantinya diperiksa di laboratorium.

Perlu diketahui, tes sampel dahak untuk mendeteksi bakteri penyebab infeksi dapat memakan waktu kurang lebih sekitar 2 sampai 3 hari atau bahkan bisa lebih lama. Setelah kuman penyebab infeksi di saluran napas pasien terdeteksi melalui tes dahak, maka dokter selanjutnya akan melakukan tes resistensi antibiotik.

Efek Samping Tes Dahak di Puskesmas

Efek Samping Tes Dahak di Puskesmas

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya tes dahak di puskesmas seluruh daerah dilengkapi dengan prosedurnya. Meskipun prosedur tes dahak di puskesmas merupakan prosedur aman untuk dilakukan, namun terdapat beberapa risiko ataupun efek samping yang bis dialami oleh pasien.

Baca juga: Biaya Surat Keterangan Sehat Puskesmas 2024, Bisa BPJS

Dengan kata lain, pasien mungkin akan mengalami keluhan ataupun efek samping yang tidak terlalu berdampak serius setelah menjalani tes dahak. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan daftar sejumlah efek samping ataupun komplikasi setelah menjalani tes dahak di puskesmas.

  • Rasa tidak nyaman di dada.
  • Tenggorokan kering.
  • Pusing kepala.
  • Jantung berdebar.

Apabila beberapa gejala tersebut tidak kunjung membaik, sebaiknya segera cari pertolongan medis ke puskesmas ataupun rumah sakit. Selain itu, kalian juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke puskesmas ataupun dokter apabila muncul beberapa gejala seperti berikut setelah menjalani tes dahak.

  • Demam tinggi.
  • Darah di dahak tidak hilang atau malah semakin banyak.
  • Nyeri dada hebat.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini tes dahak sudah bisa dilakukan di hampir semua puskesmas di seluruh wilayah Indonesia. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tindakan pemeriksaan tersebut nantinya akan membutuhkan sejumlah biaya yang perlu dipersiapkan oleh seseorang.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayasehat.com seputar biaya tes dahak di puskesmas seluruh Indonesia entah itu untuk pasien umum ataupun BPJS. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika hendak menjalani tes dahak di puskesmas terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *