Biaya Operasi Gusi Bengkak di Klinik Gigi dan Rumah Sakit 2024

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Biaya Operasi Gusi Bengkak – Bagi Anda yang mengalami masalah kesehatan pada bagian gusi bengkak tak kunjung sembuh, solusi terakhirnya adalah operasi. Sebab itu banyak orang mencari tahu besaran biaya operasi gusi bengkak di klinik gigi maupun rumah sakit.

Mahal atau murahnya biaya operasi gusi bengkak tergantung dari pemilihan tempat faskes dan tingkat keparahan gusi. Sebab itu saat merasakan gejala gusi bengkak, segera konsultasi kepada dokter gigi terdekat.

Pada umumnya, gusi bengkak ditimbulkan beberapa gejala, seperti nyeri yang tidak kunjung reda. Hal tersebut disebabkan, antara pola makan yang salah atau adanya pengeroposan tulang di sekitar gigi.

Jika Anda belum tahu besaran biaya yang dibutuhkan untuk operasi gusi bengkak, kami sudah menjelaskan dari 2 tempat faskes, yaitu klinik gigi dan rumah sakit sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan. Untuk mengetahui informasi besaran biaya operasi tersebut, silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Biaya Operasi Gusi Bengkak Terbaru

budget pengobatan gusi bengkak

Ketika gusi terasa nyeri dan bengkak merupakan masalah kesehatan mulut yang sudah sering terjadi. Meskipun tidak terlalu membahayakan, namun kondisi ini sebaiknya tidak diremehkan karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti kesulitan berbicara maupun makan.

Untuk menghindari rasa nyeri pada bagian gusi secara berkelanjutan, maka solusinya adalah konsultasi kepada dokter gigi. Umumnya, jika gusi bengkak terlalu parah dokter akan merekomendasikan untuk di operasi agar masalah kesehatan ini cepat diselesaikan.

Baca Juga:

Lantas, berapa biaya operasi gusi bengkak? Untuk operasi di klinik gigi Rp 3 juta, sedangkan di rumah sakit Rp 4 juta sampai 5 jutaan. Dari biaya tersebut belum termasuk seperti obat dan rawat inap, sehingga klinik gigi jauh lebih murah dibandingkan rumah sakit.

Selain itu, pasien operasi gusi bengkak bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk memudahkan tahapan administrasi, baik itu klinik gigi maupun rumah sakit. Akan tetapi, Anda harus memenuhi dan mengikuti ketentuan yang telah berlaku.

Prosedur Operasi Gusi Bengkak

Prosedur Operasi Gusi Bengkak

Setelah mendengar anjuran dari dokter bedah mulut untuk di operasi, maka dokter membuat tahapan prosedur seperti umumnya. Dari prosedur operasi gusi bengkak di mulai dari tahapan awal hingga pasca operasi.

Jika belum tahu prosedur operasi gusi bengkak yang harus dilakukan, berikut uraian dan penjelasan setiap tahapnya:

1. Pendaftaran

Prosedur operasi gusi bengkak pertama yaitu Anda harus melakukan pendaftaran sebagai pasien terlebih dahulu. Untuk tempat operasi gusi bengkak bisa dilakukan pada faskes klinik gigi maupun rumah sakit, terpenting menyediakan pelayanan kesehatan tersebut.

2. Pemeriksaan Awal

Prosedur kedua yaitu dilakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi dan memastikan bahwa tubuh Anda dalam keadaan sehat untuk menjalani operasi gusi bengkak. Nantinya dokter akan mencatat riwayat penyakit Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Pembiusan

Jika sudah dilakukan pemeriksaan awal, kemudian dokter akan mengatur jadwal dan ruangan operasi gusi bengkak. Biasanya jarak dari pemeriksaan sampai jadwal operasi di jeda dalam waktu 1 dan 2 hari.

Apabila sudah di hari menjelang operasi, dokter akan memulai proses pembiusan agar Anda tidak merasakan sakit selama operasi gusi bengkak. Adapun beberapa pilihan bius operasi gusi bengkak, antara lain:

  • Bius lokal.
  • Bius sedasi.
  • Bius total.

4. Selama Operasi

Setelah pembiusan sudah dilakukan, dokter bedah mulut akan memulai prosedur operasi gusi bengkak, di mulai dari:

  • Pertama-tama, dokter mempersiapkan seluruh peralatan operasi gusi bengkak.
  • Kemudian, dokter akan membuka mulut pasien dengan alat retractor.
  • Lalu, dokter membuat sayatan pada gusi untuk mengecek kondisi.
  • Jika sudah mengetahui kondisinya, dokter memulai membersihkan kotoran pada area gusi bengkak atau mencabut gigi yang mengakibatkan permasalahan tersebut.
  • Setelah dibersihkan, dokter akan melakukan jahitan rongga gusi untuk menutup bagian dasar luka.

Untuk menyelesaikan prosedur operasi gusi bengkak, dokter hanya membutuhkan waktu sekitar 45 – 60 menit.

5. Pasca Operasi

Prosedur terakhir yaitu pasca operasi atau masa penyembuhan gusi bengkak yang membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai 2 minggu. Dalam masa penyembuhan tersebut, Anda akan mendapatkan obat penghilang rasa nyeri dan vitamin.

Gejala Gusi Bengkak

Gejala Gusi Bengkak

Permasalahan gusi bengkak memang tidak boleh disepelekan, karena penyakit tersebut bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius sehingga membutuhkan penanganan secara intensif. Akan tetapi, masih banyak orang tidak mengira bahwa gusi sedang mengalami pembengkakan.

Lihat Juga: Biaya Tambal Gigi di Puskesmas BPJS, Non BPJS dan KIS 2024

Berikut adalah gejala gusi bengkak yang perlu Anda ketahui:

  • Ukuran gusi membesar.
  • Warna gusi terlihat merah.
  • Tekstur gusi lebih lunak atau sakit ketika disentuh.
  • Rasa nyeri tak kunjung reda.
  • Terdapat darah ketika sikat gigi maupun mengunyah makanan.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab Gusi Bengkak

Jika gejala gusi bengkak dirasakan oleh Anda, maka segera mungkin mengetahui penyebabnya untuk memberikan kronologi kepada dokter gigi. Sehingga dokter bisa lebih mudah mengambil tindakan terhadap permasalahan kesehatan tersebut.

Berikut adalah beberapa penyebab gusi bengkak yang wajib Anda ketahui, antara lain:

  • Terdapat sisa makanan tertinggal pada gigi maupun gusi.
  • Melas sikat gigi.
  • Kekurangan vitamin C.
  • Konsumsi jenis obat-obatan yang tidak sesuai anjuran dokter.
  • Pemasangan kawat gigi.
  • Terlalu sering merokok.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

cara mengobati gusi bengkak secara alami

Apabila bau mulut Anda terlalu berlebihan, kemungkinan besar diakibatkan dari gusi bengkak. Maka dari itu, perlu mengatasi gusi bengkak tersebut untuk menghilangkan bau mulut.

Baca Juga: Gaji Dokter Gigi di Puskesmas 2024, Tunjangan dan Tugas

Sebenarnya, tidak begitu sulit mengobati gusi bengkak yang bisa Anda lakukan. Pasalnya, ada cara mengobati gusi bengkak secara alami yang tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Berikut cara pengobatannya:

  • Berkumur menggunakan air garam.
  • Mengoleskan bubuk kunyit pada gusi yang bengkak.
  • Berkumur menggunakan sari daun jambu biji.
  • Berkumur minyak kelapa.
  • Kompres gusi menggunakan air panas.
  • Sikat gigi secara teratur setiap hari.

Kesimpulan

Dari keseluruhan penjelasan dapat disimpulkan bahwa biaya operasi gusi bengkak di klinik gigi dan rumah sakit berbeda. Sedangkan biaya yang dibutuhkan penanganan gusi bengkak di klinik gigi maupun rumah sakit sekitar Rp 2 juta sampai Rp 5 jutaan, tergantung dari kondisi gusi.

Sekian penjelasan dari kami terkait biaya operasi gusi bengkak yang disertai prosedur, gejala, penyebab dan cara mengobati secara alami. Semoga penjelasan ini dapat dijadikan informasi penting bagi Anda yang sedang mengalami gangguan gusi bengkak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *