Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi di Klinik dan Rumah Sakit 2024

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi – Menjadi penyebab kerusakan ataupun infeksi di bagian gusi dan mulut, penting bagi setiap individu untuk mengetahui besaran biaya perawatan saluran akar gigi di rumah sakit, puskesmas ataupun klinik terdekat dari tempat tinggal.

Selain biaya perawatan saluran akar gigi cukup bervariasi, kualitas pelayanan setiap fasilitas kesehatan juga berbeda-beda. Maka dari itu, sangat disarankan bagi setiap kalangan untuk mempersiapkan anggaran berlebih.

Lantaran informasi mengenai biaya perawatan saluran akar gigi terbilang minim, tentu Anda dan masyarakat yang memiliki permasalahan pada bagian tersebut sangat mungkin terhambat proses administrasi.

Oleh sebab itu, guna memudahkan setiap kalangan dalam proses merawat gigi agar tetap sehat, berikut adalah informasi lengkap mengenai prosedur, biaya dan risiko perawatan saluran akar gigi untuk semua usia.

Prosedur Perawatan Saluran Akar Gigi

Prosedur Perawatan Saluran Akar Gigi

Root canal treatment adalah prosedur merawat gigi di bagian akar, di mana proses ini bertujuan memberikan perawatan pada bagian saluran supaya memperbaiki komponen gigi yang mengalami infeksi atau mengalami kerusakan pada jaringan saraf.

Selain mengatasi rasa nyeri, merawat saluran akar pun merupakan langkah awalpencegahan agar tidak ada jaringan rusak di sekitar gigi. Maka dari itu, merawatnya menjadi aspek penting lantaran sangat berpengaruh terhadap kelancaran aktivitas sehari-hari.

Sebelum pelaksanaan root canal treatment, setiap individu dapat mengetahui beberapa langkah prosedur perawatan saluran akar gigi terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai prosedurnya.

1. Pemeriksaan Gigi

Sejatinya, langkah awal yang dokter ambil ialah melaksanakan observasi atau pemeriksaan kondisi gigi pasien terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tenaga medis mengetahui tindakan paling tepat untuk diterapkan sesuai kebutuhan perawatan.

Adapun prosedur pemeriksaan gigi di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit umumnya menggunakan metode Rontgen guna meninjau kondisi gigi pasien.

2. Persiapan Perawatan

Setelah pemeriksaan, persiapan perawatan awalnya dilakukan oleh perawat didampingi dokter lewat pemberian anestesi lokal agar pasien tetap merasa nyaman selama tindakan medis dilakukan. Nantinya, dokter akan menyuntik bius tersebut ke bagian gusi terdekat area saluran akar yang mengalami masalah.

Lalu, pasien akan diberikan pelindung berupa karet ataupun dental dam di mulut serta gigi. Prosedur ini bertujuan agar area tindakan terjaga dan tetap kering dari air liur atau saliva.

3. Pembersihan Akar Gigi

Prosedur root canal treatment selanjutnya yakni pembersihan saluran akar. Di mana, dokter akan membuat lubang pada gigi menggunakan alat bot khusus guna membuka lajur pembersihan. Kemudian rongga gigi ini nantinya dibersihkan dengan jarum lewat proses menggosok seluruh bagian dalam gigi itu sendiri.

Jika terdapat pulpa mengalami infeksi, tenaga medis nantinya menerapkan penanganan lebih lanjut lewat proses pengangkatan pulpa tersebut. Lalu, area tindakan diberi obat antibiotik guna membasmi bakteri penyebab infeksi.

4. Pengisian Saluran Akar Gigi

Apabila proses pembersihan sudah selesai, saluran akar nantinya diisi dengan bahan khusus yang bertujuan mencegah gigi terinfeksi kembali. Namun, pada tahap awal hal ini bersifat sementara lantaran dokter membutuhkan waktu setidaknya satu minggu agar saluran akar gigi bisa ditutup secara permanen.

Selama seminggu, saluran akar nantinya diisi menggunakan tambalan sementara sebelum proses penutupan permanen. Apabila infeksi maupun peradangan sudah hilang sepenuhnya, proses menutupnya akan dilaksanakan.

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi

Biaya Merawat Saluran Akar Gigi

Terlepas dari penerapan prosedur, keperluan biaya perawatan saluran akar gigi geraham juga perlu Anda persiapkan agar tindakan bisa diambil dengan cepat. Di mana, anggaran yang dibutuhkan guna merawatnya di setiap fasilitas kesehatan memiliki besaran cukup bervariasi tergantung tempat dilakukannya tindakan.

Sama halnya tarif di puskesmas, perkiraan biaya perawatan saluran akar gigi di klinik membutuhkan anggaran sekitar Rp 300.000 hingga Rp 1.000.000 untuk sekali pemeriksaan. Sementara biaya perawatan saluran akar gigi di rumah sakit khususnya pada poliklinik gigi bisa saja mencapai angka Rp 1.000.000 sampai Rp 2.000.000.

Berbeda dengan biaya perawatan saluran akar gigi BPJS, besaran nominalnya tidak akan memerlukan angka besar. Sebab, hal ini hanya bisa dilakukan pada fasilitas kesehatan yang telah menjalin kerja sama dengan pemerintah setiap daerah.

Akan tetapi, perlu Anda ingat jika nominal biaya perawatan saluran akar gigi dan tambal di atas yang diterapkan setiap fasilitas kesehatan berbeda serta nilai tidak tetap. Maka dari itu, sangat disarankan agar tarif tersebut digunakan sebagai gambaran ketika hendak melakukannya.

Baca Juga: Biaya Scaling Gigi di Puskesmas BPJS, Non BPJS dan KIS

Risiko Perawatan Saluran Akar Gigi

Risiko Perawatan Saluran Akar Gigi

Seusai perawatan, mungkin beberapa kalangan mengalami rasa nyeri di area pembedahan. Namun, saat Anda mengalaminya sebaiknya tak perlu khawatir karena hal ini efek samping yang wajar. Sebab, rasa sakit tersebut memang pada dasarnya akan timbul selama 1 ataupun maksimal 2 hari.

Kendati demikian, pada beberapa kasus serupa, prosedur perawatan saluran akar pun menyebabkan sejumlah komplikasi yang menjadi indikasi bahwa root canal treatment gagal dilakukan di antaranya:

  • Timbul benjolan di area gusi
  • Muncul gejala seperti gangguan sinus
  • Perubahan warna gigi cenderung lebih gelap
  • Pembengkakan area gusi di luar area perawatan
  • Rasa sakit tak kunjung hilang meski sudah melewati batas umum

Rekomendasi Tempat Perawatan Akar Gigi

Rekomendasi Tempat Perawatan Akar Gigi

Setelah mengetahui ragam hal penting terkait root canal treatment, mungkin beberapa kalangan mengalami kebingungan ketika hendak merawat saluran akar gigi. Nyatanya, perawatan tersebut bisa dilakukan di setiap tingkatan fasilitas kesehatan meliputi puskesmas, klinik, rumah sakit swasta maupun milik pemerintah.

Supaya membantu Anda atau masyarakat ketika hendak merawatnya, berikut adalah rekomendasi tempat perawatan saluran akar gigi terbaik:

  • Mayapada Hospital Kuningan
  • Siloam Hospitals Bogor
  • Siloam Hospitals Lippo Village
  • Siloam Hospitals TB Simatupang
  • MRCCC Siloam Hospitals Semanggi
  • RS EMC Sentul
  • Siloam Hospitals Lippo Cikarang
  • Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang
  • RSIA DHIA
  • RS Mulia Pajajaran

Dari rekomendasi rumah sakit di mana menyediakan layanan perawatan saluran akar gigi di atas, Anda bisa pilih lokasi terdekat dari tempat tinggal. Silakan gunakan estimasi biaya atas sebagai gambaran dan usahakan mempersiapkan anggaran berlebih agar mempermudah penyelesaian administrasi.

Kesimpulan

Meskipun memiliki beberapa efek samping umum, merawat saluran akar gigi mempunyai ragam manfaat untuk kelancaran aktivitas sehari-hari, mencegah terjadinya infeksi serta membasmi bakteri. Selain itu, prosedur root canal treatment pun tidak membutuhkan anggaran besar. Namun, setiap fasilitas kesehatan menerapkan ketentuan tarif berbeda-beda.

Sekian informasi biaya perawatan saluran akar gigi dari Biayasehat.com, semoga rangkuman di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai acuan bagi Anda ketika hendak menerapkan root canal treatment guna mengatasi permasalahan gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *