Biaya Operasi Bisul di Bokong 2024, Umum dan BPJS

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Biaya Operasi Bisul di Bokong – Munculnya Bisul di bokong dapat dialami oleh siapapun, mulai dari Anak kecil hingga Orang Dewasa. Kondisi tersebut bisa terjadi karena adanya bakteri yang menumpuk sehingga mengakibatkan infeksi hingga peradangan.

Untuk mengobati Bisul di bokong, beberapa orang memilih jalur operasi. Proses pengangkatan Bisul di area tersebut bisa dilakukan oleh Dokter Spesialis di Rumah Sakit atau Klinik, tapi sebelum mengambil tindakan ini pastikan kamu sudah menyiapkan biaya nya.

Memang berapa biaya operasi Bisul di Bokong? Apakah lebih mahal dari harga Operasi Abses Perianal? Mengenai biaya, kami coba melakukan riset dan berhasil mendapatkan informasi dari berbagai sumber terpercaya.

Ternyata, biaya tindakan medis ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari kondisi Bisul di bokong, ukuran Bisul dan lain sebagainya. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak estimasi biaya pengobatan Bisul di bokong lewat jalur operasi berikut ini.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Operasi Bisul

Secara umum Bisul bisa diartikan sebagai benjolan yang tumbuh di tubuh seseorang, biasanya berwarna kemerahan. Di dalam benjolan tersebut berisi nanah yang dihasilkan karena adanya penumpukan bakteri di dalam kulit.

Umumnya pada Bisul terdapat Mata yang menjadi sumber penyakit tersebut, jika Mata Bisul berhasil diangkat, maka tidak lama kemudian penyakit akan sembuh. Tapi di beberapa kasus, ada penderita Bisul tanpa Mata, di dalamnya cuma berisi cairan nanah campur darah.

Meskipun belum termasuk kategori penyakit serius, tapi ketika menderita penyakit, kamu mungkin tidak bisa melakukan aktivitas secara normal. Benjolan ini akan terasa sangat sakit ketika disentuh, apalagi jika posisi nya berada di bokong.

Area tersebut memang cukup rawan terjadi pertumbuhan Bisul, sebab bokong merupakan area lembab, sehingga banyak bakteri bersarang di area tersebut. Untuk mencegah Bisul di bokong, kamu perlu membersihkan area itu sampai benar-benar bersih ketika mandi maupun setelah BAB.

Selain Bisul, ketika area bokong tidak dibersihkan dengan baik juga bisa memicu munculnya Abses Perianal di sekitar dinding anus. Jika kamu sedang mengalami Bisul di Bokong, maka bisa memilih jalur operasi untuk mengobati nya.

Tapi biaya operasi Bisul di bokong kerap menjadi momok para penderita penyakit ini, sehingga tidak sedikit dari mereka yang mencari cara bedah Bisul sendiri. Padahal untuk menjalani operasi ini tidak selalu membutuhkan biaya besar.

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi biaya operasi Bisul di bokong, antara lain:

1. Tingkat Keparahan

Pertama, tingkat keparahan pada Bisul di bokong bisa menentukan mahal tidak nya biaya yang dibutuhkan. Ketika kondisi nya belum terlalu parah, mungkin kamu hanya perlu biaya sedikit atau bahkan tidak perlu keluar biaya sama sekali, karena bisa disembuhkan pakai obat oles atau semacamnya.

2. Ukuran Bisul

Kedua, ukuran Bisul di bokong juga berbeda-beda, ada yang kecil dan ada yang cukup besar. Semakin besar ukuran Bisul mungkin bisa menjadi alasan biaya yang dikeluarkan juga mahal.

3. Dokter yang Menangani

Ketiga, pemilihan Faskes serta Dokter Spesialis yang menangani operasi Bisul di Bokong sangat mempengaruhi biaya. Setiap Dokter tentu punya pengalaman dalam menangani kasus seperti ini, semakin banyak jam terbang nya tentu berkaitan dengan kredibilitas sekaligus biaya yang ditetapkan oleh Dokter tersebut.

4. Prosedur / Metode

Faktor terakhir adalah prosedur atau metode operasi yang di pilih. Untuk mengangkat Mata Bisul bisa dilakukan melalui beberapa metode, antara lain bedah, Unroofing, Punch Debriment hingga Insise dan Drainase.

Biaya Operasi Bisul di Bokong

Biaya Operasi Bisul di Bokong

Memang berapa sih estimasi biaya operasi Bisul di bokong? Baiklah, terlepas dari beberapa faktor di atas, berikut akan kami bagikan gambaran biaya atau tarif mengobati Bisul di bokong dengan jalur operasi.

Baca Juga: Biaya Operasi di RS Sardjito Semua Kelas Kamar 2024

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, pasien penderita Bisul di bokong akan dikenai biaya antara Rp. 5.000.000 – Rp. 20.000.000. Untuk info pastinya kamu bisa konsultasi dengan pihak Rumah Sakit atau Dokter Spesialis yang akan menangani operasi.

Jika tidak ada masalah dengan biaya dan sudah menentukan di Rumah Sakit untuk menjalani operasi, selanjutnya kamu perlu melakukan beberapa persiapan sebelum operasi, diantaranya:

  • Menyiapkan fisik dan mental
  • Melakukan tes Darah
  • Melakukan tes Urine
  • Puasa minimal 8 jam sebelum operasi
  • Berdoa sesuai kepercayaan masing-masing

Persiapan di atas perlu atau bahkan wajib dilakukan agar proses operasi Bisul di bokong bisa berjalan lancar tanpa kendala apapun, dan yang terpenting adalah Bisul tidak tumbuh lagi pasca operasi.

Apakah operasi Bisul sakit? Tentu saja tidak. Karena selama jalannya operasi kamu akan memperoleh bius total, sehingga kamu akan tertidur sampai operasi selesai.

Apakah Operasi Bisul Ditanggung BPJS?

Bagi sebagian orang, biaya operasi Bisul di bokong mungkin masih cukup terjangkau, tapi tidak sedikit juga yang menganggap biaya tersebut masih terlalu mahal. Oleh karena itu, banyak yang bertanya apakah operasi Bisul ditanggung BPJS?

Kabar gembira bagi para penderita Bisul di bokong yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS, sebab operasi pengobatan Bisul sekarang sudah bisa ditanggung BPJS. Dengan begitu, pasien bisa mendapatkan penanganan dari Dokter Spesialis Bedah untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Operasi nantinya dilakukan di Rumah Sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Kamu bisa cek kode Faskes di Kartu BPJS untuk mengetahui lokasinya. Kode Faskes Tegal, Banyumas, Banjarnegara, Semarang, Depok, Karawang, Jakarta, Medan, Banjarmasin dan wilayah lainnya di Indonesia berbeda-beda.

Cara Bedah Bisul Sendiri

Seperti kami singgung di atas bahwa karena terkendala biaya dan kebetulan belum terdaftar sebagai peserta BPJS, beberapa orang memilih melakukan cara bedah Bisul sendiri. Memang, cara ini tidak perlu keluar biaya apapun, tapi asal kamu tahu kalau efek setelahnya bisa membahayakan bagi Kesehatan.

Proses bedah Bisul di bokong perlu dilakukan oleh ahlinya, karena mereka pasti sudah tahu teknik serta tindakan yang harus dilakukan. Oleh karena itu, cara bedah Bisul sendiri sangat tidak dianjurkan, jika ternyata belum punya cukup budget, maka sebaiknya daftar BPJS terlebih dahulu agar nantinya bisa melakukan operasi pakai BPJS.

Kecuali jika kamu mengalami Bisul tanpa Mata, cara ini masih boleh dilakukan dan aman. Sebab, bedah Bisul tanpa Mata tidak terlalu berisiko, setelah dipecahkan hanya akan keluar cairan bening campur nanah. Jika sudah kering, Bisul bisa sembuh sendiri.

Baca Juga: Biaya Operasi Abses Hati di Rumah Sakit Terbaru

Tips Pasca Operasi Bisul di Bokong

Kemudian perlu kami informasikan bahwa bekas operasi Bisul nantinya tidak dijahit. Hal ini dilakukan agar cairan nanah yang tersisa di dalamnya bisa keluar, jika tidak cairan tersebut bisa menumbuhkan Bisul baru.

Informasi ini semoga bisa menjawab rasa penasaran kamu tentang mengapa operasi Bisul tidak dijahit. Selain itu, ada beberapa tips juga yang perlu dilakukan pasca operasi, diantaranya:

  • Bed Rest / istirahat total
  • Menjaga kebersihan area pasca operasi
  • Gunakan Sabun Antiseptik untuk membersihkan bekas operasi
  • Gunakan kain Kasa steril untuk membersihkan cairan nanah yang mungkin masih keluar
  • Ganti Celana dalam 2 kali sehari
  • Jika terasa gatal di sekitar bekas operasi, usahakan jangan di garuk, kamu bisa mengusap nya pakai kain Kassa

Kesimpulan

Demikianlah informasi dari Biayasehat.com tentang estimasi biaya operasi Bisul di bokong. Jika belum punya cukup biaya untuk operasi, kamu bisa memilih Rumah Sakit atau Faskes BPJS terdekat untuk menjalani operasi Bisul di bokong secara gratis. Jika jenis Bisul yang diderita bukan Bisul tanpa Mata, kami sarankan untuk tidak memecah Bisul sendiri. Sebab, cara itu bisa membuat Bisul tambah parah atau memicu masalah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *