Biaya Operasi Abses Perianal Terbaru 2024, Bisa BPJS?

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Biaya Operasi Abses Perianal – Penanganan medis memang terkadang harus dilakukan supaya suatu penyakit maupun masalah kesehatan bisa segera dipulihkan. Masalahnya, segala tindakan tersebut cenderung berbayar dengan nominal biaya yang telah ditentukan.

Contohnya bisa dilihat pada biaya operasi Abses Perianal yang berlaku di sejumlah rumah sakit. Kendati efektif memulihkan permasalahan kesehatannya, ternyata nominal biaya tindakan medis tersebut masih cukup tinggi.

Namun, minimnya informasi mengenai biaya operasi Abses Perianal membuat sejumlah penderitanya merasa kesulitan untuk mengumpulkan anggaran. Alhasil, tindakan medis yang seharusnya dilakukan dengan segera, justru harus tertunda.

Lantas, berapa biaya operasi Abses Perianal? Supaya dapat membantu dalam mengumpulkan anggaran pengobatannya, maka Kami telah membuat daftar rincian biayanya. Bahkan informasi penting seperti penyebab hingga prosedur operasi Abses Perianal juga tersedia di pembahasan berikut ini.

Sekilas Tentang Abses Perianal

Sekilas Tentang Abses Perianal

Abses Perianal adalah suatu kondisi dimana terdapat sekumpulan nanah di sekitar anus akibat adanya infeksi pada kelenjar-kelenjar kecil. Ketika pasien mengalami masalah kesehatan tersebut, rasa sakit maupun nyeri akibat pembengkakan akan terasa di sekitar anus.

Baca Juga: Biaya Operasi Kista Ovarium di Rumah Sakit 2024

Penderita Abses Perianal nantinya dapat berpotensi mengalami komplikasi atau lazimnya disebut sebagai Fistula (terbentuknya saluran abnormal antara lokasi abses dan kulit). Bila dibiarkan, terdapat potensi munculnya nanah secara terus menerus hingga tumbuhnya abses baru.

Guna menangani Abses Perianal, mau tidak mau pasien harus menjalani prosedur operasi di sejumlah rumah sakit. Adapun tindakan yang dilakukan adalah dengan melakukan bedah serta drainase (pengurasan).

Lantas, mengapa penderita Abses Perianal harus menjalani prosedur operasi? Pasalnya Abses Perianal tidak efektif ketika disembuhkan menggunakan obat-obatan antibiotik. Cairan di dalam Abses Perianal akan menghalangi masuknya antibiotik tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwasanya tindakan operasi terhadap abses tadi juga memiliki biaya. Adapun rincian biaya operasi Abses Perianal akan berbeda antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya. Itulah mengapa Anda perlu mengetahui serta mempersiapkan anggarannya sedari dini.

Penyebab Abses Perianal

Penyebab Abses Perianal

Tentunya suatu penyakit tidak akan muncul tanpa ada sebab akibatnya. Hal serupa juga berlaku bagi pasien yang saat ini tengah mengalami Abses Perianal. Bisa jadi masalah kesehatan tadi muncul akibat kebiasaan hingga reaksi medis.

Supaya dapat diketahui oleh semua pihak, berikut adalah penyebab timbulnya Abses Perianal.

  • Adanya penyumbatan pada kelenjar di sekitar anus.
  • Adanya infeksi pada robekan di sekitar anus.
  • Terjadinya infeksi menular.
  • Pernah menjadi pasangan reseptif hingga melakukan hubungan seksual melalui anus.
  • Adanya infeksi pada usus besar.
  • Terjadinya peradangan pada saluran cerna.
  • Memiliki riwayat penyakit Diabetes.
  • Adanya peradangan pada panggul.
  • Memiliki riwayat penggunaan obat-obatan.

Segala penyebab penyakit Abses Perianal di atas penting untuk diketahui oleh sejumlah pihak. Mengingat biaya operasi abses tersebut masih cukup tinggi, ada baiknya hindari segala hal yang dapat menjadi pemicunya.

Gejala Abses Perianal

Setiap penderita Abses Perianal biasanya akan merasakan beberapa gejala ketika mengalaminya. Tentu hal tersebut perlu diketahui oleh semua pihak supaya bisa langsung melakukan pemeriksaan kesehatan ketika mengalami beberapa diantara gejalanya.

Supaya dapat diketahui oleh semua pihak, berikut adalah gejala Abses Perianal.

  • Nyeri seperti berdenyut (semakin terasa ketika dalam posisi duduk).
  • Iritasi kulit di sekitar anus (biasanya terlihat kemerahan disertai pembengkakan).
  • Adanya nanah di dalam benjolan.
  • Rasa panas di sekitar area Rektum.
  • Mengalami demam.
  • Terasa menggigil hingga meriang.
  • Kesulitan untuk melakukan BAB (Buang Air Besar).

Apabila merasakan berbagai gejalanya, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter terdekat supaya Abses Perianal tidak semakin parah. Selain itu, cari tahu juga tentang biaya operasi Abses Perianal di rumah sakit tempat Anda berkonsultasi.

Prosedur Operasi Abses Perianal

Prosedur Operasi Abses Perianal

Apabila penderita Abses Perianal setuju untuk melakukan operasi, maka status Anda akan berubah menjadi pasien rumah sakit. Nantinya para pasien akan menjalani tindakan medis sesuai prosedur. Adapun prosedur operasi Abses Perianal terbagi dalam 3 fase.

Agar dapat memberikan gambaran tentang seluruh tindakan medisnya, berikut adalah prosedur operasi Abses Perianal.

1. Sebelum Operasi

Berikut adalah beberapa prosedur medis sebelum menjalani operasi Abses Perianal.

  • Dokter akan menyarankan pasien untuk menghentikan obat apa pun setidaknya Seminggu sebelum operasi Abses Perianal dilakukan.
  • Diharuskan untuk berhenti merokok sebelum serta selama proses penyembuhan.
  • Diinformasikan untuk berhenti makan dan minum (puasa) sebelum menjalani tindakan operasi Abses Perianal.

2. Selama Operasi

Berikut adalah beberapa prosedur medis selama menjalani operasi Abses Perianal.

  • Dokter Spesialis Bedah beserta tim penanganan medis akan memberikan anestesi sesuai dosis agar pasien tertidur selama operasi Abses Perianal berlangsung.
  • Dokter Spesialis Bedah akan memotong lapisan abses supaya dapat meninggalkan rongga sebagai akses pengurasan nanah.
  • Setelah pengurasan dilakukan, Dokter Spesialis Bedah akan membersihkan luka sesuai prosedur guna mematikan bakteri.
  • Selanjutnya Dokter Spesialis Bedah akan menutup luka menggunakan kain kasa guna menunjang penyerapan cairan kurang lebih selama 24 hingga 48 Jam ke depan.
  • Apabila Abses Perianal terletak di lokasi yang cukup dalam, maka Dokter Spesialis Bedah akan memasukkan tabung drainase sebelum menutup luka operasinya.
  • Dalam beberapa hari, tabung drainase tersebut akan dibuka oleh Dokter Spesialis Bedah, lalu luka bekas operasi Abses Perianal akan sembuh dengan sendirinya.

3. Setelah Operasi

Berikut adalah beberapa prosedur medis setelah menjalani operasi Abses Perianal.

  • Kebanyakan pasien Abses Perianal akan dipulangkan setelah operasi serta memenuhi syarat ketentuan berlaku.
  • Rasa tidak nyaman biasanya akan muncul, tetapi masih dapat dikontrol menggunakan obat penghilang rasa sakit yang diberikan oleh pihak RS.
  • Biasanya pihak rumah sakit juga akan memberikan obat pencahar apabila terjadi kesulitan BAB.
  • Balutan perlu diganti setiap hari secara mandiri atau menggunakan jasa perawat panggilan.
  • Pasien operasi Abses Perianal dilarang melakukan aktivitas berat selama masa pemulihan berlangsung.
  • Selanjutnya pasien operasi Abses Perianal dapat melakukan janji temu guna melakukan kontrol setidaknya 1 hingga 2 Minggu setelah tindakan medis berlangsung atau sesuai jadwal.

Itulah seluruh prosedur penanganan medis Abses Perianal apabila Anda setuju untuk menjalani serangkaian proses operasinya. Sebisa mungkin ikuti anjuran dokter agar proses pemulihan Abses Perianal bisa berjalan lebih cepat serta lancar.

Karena tindakan operasi tadi berbayar, maka mau tidak mau Anda perlu mempersiapkan anggaran sesuai ketentuan biaya dari pihak rumah sakit.

Rincian Biaya Operasi Abses Perianal

Rincian Biaya Operasi Abses Perianal

Setelah mengetahui segala hal terkait pengertian, penyebab hingga prosedur operasi Abses Perianal, maka tibalah saatnya untuk mengetahui rincian biayanya. Nantinya biaya ini tidak mencakup pemeriksaan maupun kontrol rutin pasca operasi dilakukan.

Lantas, berapa biaya untuk menjalani prosedur operasi Abses Perianal? Biaya operasi Abses Perianal di rumah sakit Indonesia ada di kisaran Rp 3,6 Juta hingga Rp 12 Juta tergantung tingkat keparahan hingga adanya penyakit bawaan (komorbid). Karena penanganan medis bersifat darurat, maka biaya operasi Abses bisa ditanggung menggunakan BPJS.

Baca Juga: Biaya Operasi Prostat BPJS dan Umum Terbaru 2024

Apabila tindakan operasi Abses Perianal dilakukan di sejumlah rumah sakit luar negeri, maka biaya penanganannya bisa mencapai angka $1200 hingga $2950. Atau jika dikonversi ke dalam Rupiah, maka tindakan medis Abses Perianal di luar negeri memiliki kisaran biaya Rp 14 Juta hingga Rp 34 Juta.

Meskipun sudah diketahui rincian biaya operasi Abses Perianalnya, nominal tersebut masih berubah sewaktu-waktu lantaran adanya berbagai faktor. Itulah mengapa dianjurkan untuk berkonsultasi dengan rumah sakit pilihan sebelum menjalani operasi Abses Perianal.

Kesimpulan

Setelah membaca seluruh informasi penting di atas, kini Anda sudah mengetahui bahwa biaya operasi Abses Perianal ada di kisaran Rp 3,6 Juta hingga Rp 12 Juta tergantung tingkat keparahan hingga adanya penyakit bawaan (komorbid).

Silakan siapkan anggaran sesuai ketentuan biaya penanganan medis Abses Perianal tersebut. Selain itu, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan kartu BPJS Kesehatan maupun KIS. Apabila sedang mencari info biaya tindakan medis lainnya, cek update terbaru dari Biayasehat.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *