Biaya Tes IQ di Rumah Sakit Murah Terbaik 2024

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Biaya Tes IQ di Rumah Sakit – Untuk mengetahui tingkat kecerdasan Anak TK, SD atau SMP bisa dengan cara melakukan Tes IQ. Kami yakin banyak disini yang sudah pernah melakukan Tes IQ, terutama ketika duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selain dilakukan saat masih berstatus sebagai Pelajar, Tes IQ juga bisa dilakukan sendiri di Rumah Sakit ketika kamu hendak masuk Perguruan Tinggi atau bahkan melamar pekerjaan. Tapi untuk menjalani Tes IQ di Rumah Sakit kamu akan dikenai biaya sesuai ketentuan yang berlaku.

Melalui artikel ini kami bakal merekomendasikan beberapa Rumah Sakit terbaik yang menyediakan layanan Tes IQ dengan biaya terjangkau. Di Rumah Sakit berikut kamu bisa mengikuti serangkaian Tes IQ, mulai dari mengerjakan soal-soal Numerik, Verbal hingga Logika.

Tes IQ juga erat kaitannya dengan Psikologi atau Kepribadian, jadi pelaksanaan Tes ini bisa memberikan banyak manfaat kedepannya. Daripada penasaran, langsung saja simak informasi biaya Tes IQ di Rumah Sakit beserta manfaat yang ditawarkan berikut ini.

Apa Itu Tes IQ?

Apa Itu Tes IQ

Sebelum masuk ke inti pembahasan terkait biaya Tes IQ, tahukah kamu apa itu Tes IQ? jika belum tahu, maka kami akan menjelaskan sedikit tentang pengertian dari Tes IQ itu sendiri.

Jadi, Tes IQ (Intelligent Quotient) merupakan suatu proses untuk mengukur kemampuan Kognitif dalam diri seseorang. Apa itu kemampuan Kognitif? Adalah kemampuan inti Otak untuk berpikir, belajar, mengingat serta memfokuskan perhatian.

Tes IQ pertama kali diperkenalkan oleh seorang Ilmuwan bernama Alfred Bined pada abad ke-20. Selanjutnya tes tersebut disempurnakan oleh Charles Spearmen hingga menjadi Tes IQ yang kita gunakan sampai sekarang.

Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia, Tes IQ sudah diperkenalkan sejak Anak-anak masih duduk di bangku TK, SD dan SMP. Dari pihak Sekolah biasanya akan mengadakan Tes IQ secara serentak setiap beberapa bulan sekali.

Hasil Tes tersebut nantinya bisa diketahui tingkat kecerdasan setiap siswa. Pada Tes IQ terdapat beberapa tingkatan skor dimana setiap tingkatan skor memiliki pengertian nya masing-masing, yaitu:

SkorKeterangan
<69Fungsi Intelektual rendah (Intellectual Disability)
70 – 79Batas fungsi Intelektual (Borderline)
80 – 89Rata-rata rendah (Low Average)
90 – 109Rata-rata (Average)
110 – 119Rata-rata tinggi (High Average)
120 – 129Diatas rata-rata (Superior)
>130

Biaya Tes IQ di Rumah Sakit

Biaya Tes IQ di Rumah Sakit

Setelah menyimak sedikit informasi di atas tentang Tes IQ, mungkin banyak dari kamu yang ingin mengetes kemampuan Kognitif sendiri maupun Anak-anak. Jika demikian, sekarang Tes IQ bisa dilakukan di beberapa Rumah Sakit di Indonesia.

Selain menyediakan layanan tes untuk Kesehatan seperti PCR HIV dan HSG, sekarang Rumah Sakit juga menerima orang yang ingin melakukan Tes IQ. Tapi seperti sudah kami singgung di awal, bahwa untuk melakukan Tes IQ di Rumah Sakit nantinya ada biaya yang harus dibayarkan.

Besaran biaya yang dikeluarkan mungkin berbeda, tergantung beberapa faktor, seperti:

  • Jenjang Pendidikan
  • Usia
  • Tingkatan Faskes
  • Dokter yang menangani

Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan biaya Tes IQ Anak TK, Anak SD dan Anak SMP berbeda. Selain itu, Rumah Sakit yang dipilih untuk menjalani tes tersebut juga pastinya memiliki ketentuan biaya masing-masing.

Baca Juga: 4 Rumah Sakit Jiwa Lampung, Gratis Terbaik 2024

Berikut adalah estimasi biaya Tes IQ di Rumah Sakit terbaik di Jakarta, Bogor, Bandung dan beberapa Kota lainnya:

1. RS Immanuel

Pertama, kamu bisa melakukan Tes IQ di Rumah Sakit Immanuel Bandung, tepatnya di Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat. Tes IQ nantinya akan dipandu oleh dr. Irna Permanasari Gani, Sp.KJ dan dr. Stpehen Iskandar, Sp.KJ.

Mengenai biaya nya sendiri dibanderol mulai dari Rp. 295.000 per orang. Jika kamu ingin membawa satu Keluarga untuk Tes IQ di Rumah Sakit tersebut, maka pastikan sudah memiliki cukup budget.

2. RS Siloam Bogor

Selanjutnya ada dr. Lahargo Kembaren, Sp.KJ yang membuka praktek di RS Siloam Bogor. Disini Beliau siap melayani proses Tes IQ untuk Anak-anak hingga Orang Dewasa dengan ketentuan biaya sebagai berikut:

PCT (Personality, Character, Temperament)Rp. 170.000
PCA (Personal Capacity Analysis)Rp. 518.000

Catatan: Biaya di atas belum termasuk biaya Konsultasi, Obat-obatan serta kebutuhan lainnya

3. RS Siloam TB Simatupang

Bagi kamu yang sedang mencari tempat Tes IQ di Jakarta, RS Siloam TB Simatupang bisa menjadi pilihan yang tepat. Estimasi biaya Tes IQ di Rumah Sakit Siloam TB Simatupang adalah Rp. 236.000. Proses Tes nantinya bakal dilakukan bersama beberapa Dokter berikut:

  • dr. Salikur Kartono, Sp.KJ
  • dr. Tjut Meura Salma Oebit, Sp.KJ
  • dr. Yurike Cahyani, Sp.KJ
  • dr. Ahmad Syaiful Husein Dachlan, Sp.KJ

4. RSJ Islam Klender

RS Islam Klender mungkin bisa menjadi tempat Tes IQ di Rumah Sakit terdekat jika kamu tinggal di sekitaran Duren Sawit, Jakarta Timur. Biaya Tes IQ di Rumah Sakit ini cukup terjangkau, yaitu Rp. 175.000 per orang.

5. RSJ Jawa Barat

Rumah Sakit Jiwa Jawa Barat juga menerima pasien yang ingin melakukan Tes IQ. Biaya yang diperlukan untuk menjalani Tes tersebut kurang lebih Rp. 400.000 per orang.

6. RS Islam Jakarta Pondok Kopi

Dengan menyiapkan biaya 300 ribuan, kamu sudah bisa menjalani Tes IQ di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Proses dilakukan sesuai jadwal praktek Dokter di Faskes tersebut, yaitu antara pukul 09.00 – 17.00 WIB.

7. RS Citra Medika Depok

Bagi masyarakat Depok dan sekitarnya, kamu bisa memanfaatkan salah satu Faskes BPJS Depok untuk menjalani Tes IQ, yaitu di Rumah Sakit Citra Medika. Biaya yang diterapkan oleh pihak Rumah Sakit cukup mahal, yaitu Rp. 450.000 per orang. Tapi tidak perlu khawatir, karena RS ini menerima pembayaran menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

8. RSUD dr. Haryoto

Terakhir, ada RSUD dr. Haryoto yang bisa kamu kunjungi untuk menjalani Tes IQ. Biaya atau Tarif yang diterapkan oleh Rumah Sakit ini sangat murah dibandingkan biaya Tes IQ di Rumah Sakit lainnya, kamu cukup membayar Rp. 100.000 untuk Tes IQ disini.

Biaya Tes IQ Anak Berkebutuhan Khusus

Sampai disini kamu sudah mengetahui gambaran biaya Tes IQ di beberapa Rumah Sakit di Indonesia. Melalui Faskes di atas, kamu bisa mengajak Anak-anak yang masih duduk di bangku SD, SMP atau SMA untuk menjalani Tes IQ guna mengetahui kemampuan Kognitif mereka.

Kemudian perlu kami informasikan juga bahwa ketentuan biaya Tes IQ di atas berlaku untuk Anak-anak “normal”. Sedangkan untuk biaya Tes IQ Anak berkebutuhan khusus mungkin lebih mahal.

Baca Juga: Biaya Tes Mantoux di Prodia Terbaru 2024

Kenapa demikian? Sebab, Anak-anak dengan kebutuhan khusus tentu saja perlu ekstra dalam memberi arahan, karena emosi mereka yang terkadang tidak terkendali. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, biaya Tes IQ untuk Anak dengan kondisi seperti ini antara Rp. 800.000 – Rp. 1.500.000 tergantung ketentuan Rumah Sakit.

Kesimpulan

Demikianlah informasi dari Biayasehat.com tentang estimasi biaya Tes IQ di Rumah Sakit Jakarta, Jogja, Bogor dan lain sebagainya. Diatas kami juga menjelaskan kalau Tes IQ perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan Akademik bahkan kemampuan di Dunia kerja.

Artinya, Tes IQ tidak hanya dibutuhkan oleh siswa-siswi TK, SD dan SMP, melainkan dibutuhkan juga oleh mereka yang baru lulus SMA dan mau masuk Kuliah atau menjalani seleksi Pekerjaan. Silahkan cari tempat Tes IQ terdekat untuk memperoleh manfaat di atas, jangan lupa siapkan biaya yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *