3 Rumah Sakit Jiwa Gratis di Surabaya Terbaik 2024

Diposting pada
5/5 - (4 votes)

Rumah Sakit Jiwa Gratis di Surabaya – Tingkat stress sampai saat ini masih menjadi alasan utama kerap terjadinya gangguan mental, bagi setiap orang tentu membutuhkan adanya rumah sakit jiwa guna menghindari terjadinya penderitaan. Beruntungnya, kini tersedia sejumlah RS di Surabaya yang menyediakan pelayanan bidang kejiwaan.

Selain menjadi tempat untuk prosedur rehabilitasi secara terpadu dengan pendampingan secara profesional, beberapa rumah sakit jiwa di Surabaya juga memberikan layanan gratis. Hal demikian adalah kebijakan dari mantan Gubernur Jatim yakni, Dr. Soekarwo.

Tidak hanya membebaskan biaya transportasi antar jemput pasien ODGJ, setiap pasien rumah sakit jiwa di Surabaya akan dibebaskan alias gratis baik dari prosedur perawatan hingga pengobatan. Hal ini tentunya bertujuan agar pengidap gangguan kejiwaan tidak mengalami penderitaan dari proses pemasungan.

Mengingat peningkatan jumlah pasien gangguan kejiwaan dalam kategori berat di Jawa Timur sangat memprihatinkan, Pemerintah setempat telah berkomitmen dan bertanggung jawab terhadapnya. Terdapat beberapa rumah sakit jiwa gratis di Surabaya, selengkapnya silakan simak pembahasan berikut.

Daftar Rumah Sakit Jiwa Gratis di Surabaya

Selain menangani masalah khusus kejiwaan, beberapa rumah sakit jiwa gratis di Surabaya seperti RSJ Menur juga memprioritaskan sejumlah pelayanan jiwa mencakup poli konsultasi remaja, anak dan lansia, pengguna napza atau zat adiktif lain, rehabilitasi mental maupun sosial hingga psikiatrik forensik.

Jika Anda ataupun salah satu anggota keluarga sedang membutuhkan pendampingan profesional terkait kesehatan mental seperti bersama psikolog atau psikiater di Surabaya dan sekitarnya, tidak perlu khawatir. Sebab terdapat sejumlah rumah sakit jiwa gratis di kota tersebut antara lain:

1. Rumah Sakit Jiwa Menur

Rumah Sakit Jiwa Menur

Menjadi fasilitas kesehatan milik pemerintah Provinsi Jawa Timur yang dipimpin oleh dr. Herlin Ferliana, M. Kes, Rumah Sakit Jiwa Menur telah ditetapkan sebagai RS Pendidikan Afiliasi di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 15 Desember 2017 lalu.

Dengan 18 tenaga medis bidang psikiatri di dalamnya, tentu setiap pasien Rumah Sakit Jiwa Menur akan mendapatkan penanganan secara optimal. Bahkan banyak dokter di bidang lain yang cukup berpengalaman di bidang konservasi gigi, psikologi klinis, farmasi, elektromedis, dan lain sebagainya.

Di mana semua tenaga medisnya berjumlah 477 orang, hal ini mencakup berbagai pelayanan kesehatan termasuk poliklinik jiwa. Untuk mendapatkan penanganan secara efisien di rumah sakit gratis tersebut, silakan berkunjung pada alamat hingga nomor telepon Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya berikut ini.

AlamatJl. Raya Menur Nomor 120, Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60282
LokasiGoogle Maps
Nomor Telepon031 502 1635
Email[email protected]
Websitersjmenur.jatimprov.go.id

2. RS Husada Utama

RS Husada Utama

RS Husada Utama adalah rumah sakit umum tipe B dengan status kepemilikan swasta di bawah pimpinan direktur dr. Didi D. Dewato, Sp. OG. Di mana fasilitas kesehatan tersebut dikelola oleh PT. Cipta Karya Husada Utama sejak 1993 lalu dengan visi menjadi rumah sakit unggulan bagi pasien lewat layanan profesional serta bermutu.

Tidak hanya menawarkan layanan IGD 24 jam, ICU atau Intensive Care Unit, Fisioterapi, Farmasi, pelayanan diagnostik saja, RS Husada Utama juga melayani pasien dengan gangguan jiwa secara gratis apabila pengidap terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan.

AlamatJl. Prof. DR. Moestopo Nomor 31 – 35, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur 60131
LokasiGoogle Maps
Nomor Telepon031 501 8335
Email[email protected]
Websitewww.husadautamahospital.com

3. RSUD Dr. Soetomo

RSUD Dr. Soetomo

RSUD Dr. Soetomo merupakan rumah sakit pendukung Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menyelenggarakan berbagai urusan bidang pelayanan kesehatan. Di mana faskes ini dipimpin oleh direktur di bawah dan bertanggung jawab ke gubernur setempat melalui sekretaris daerah.

Selain terdaftar sebagai pusat rujukan wilayah Jawa Timur dan wilayah Timur tanah air, RSUD Dr. Soetomo juga mencakup beberapa bidang medis seperti bedah umum, orthopedi, kebidanan dan kandungan, mata, THT, Anestesi, Anak, Jantung, Paru, Saraf, dan lain sebagainya.

Termasuk bidang kejiwaan, RSUD Dr. Soetomo juga menyediakan poliklinik jiwa secara gratis dengan pelayanan BPJS Kesehatan. Di mana, setiap pasien bisa berkunjung ke alamat di bawah ini.

AlamatJl. Prof. DR. Moestopo Nomor 6 – 8, Airlangga, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60286
LokasiGoogle Maps
Nomor Telepon031 5501078
Email[email protected]
Websitersudrsoetomo.jatimprov.go.id

Baca Juga: 15 Rumah Sakit Jiwa Gratis Terdekat di Indonesia 2024

Kapan Seseorang Dibawa Ke RSJ?

Mengingat masalah mental sangat berpengaruh terhadap lingkungan masyarakat, ada beberapa kriteria calon pasien yang harus menjalani penanganan sesegera mungkin di rumah sakit jiwa. Sebab hal ini bisa terjadi lantaran adanya kondisi seperti depresi, kecanduan obat-obatan terlarang dan lain sebagainya.

Di mana beberapa ciri seseorang harus dibawa ke RSJ adalah:

  • Adanya gejala atau niat melakukan bunuh diri dari pengidap masalah kejiwaan
  • Terjadinya kecenderungan melukai diri sendiri (Self Harm) atau orang-orang di sekitarnya
  • Saat pasien menunjukkan gejala psikosis atau halusinasi
  • Pasien tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan mandiri
  • Penderita diperlakukan tidak semestinya seperti pemasungan

Ketika menemukan sejumlah kriteria di atas, sebaiknya Anda segera membawa penderita ke rumah sakit jiwa setempat untuk menerima penanganan lebih lanjut.

Kesimpulan

Sekian informasi rumah sakit jiwa gratis di Surabaya lengkap dengan alamat dan nomor telepon masing-masing fasilitas kesehatan di wilayah tersebut. Selain tersedia layanan psikiatri, kebanyakan faskes juga menawarkan biaya konsultasi psikolog di RS dengan tarif terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *