4 Rumah Sakit Jiwa Gratis di Medan Terbaik 2024

Diposting pada
5/5 - (3 votes)

Rumah Sakit Jiwa Gratis di Medan – Senada dengan Konvensi Hak Dasar Penyandang Disabilitas, kesehatan jiwa adalah hak mutlak manusia dan telah di atur pada berbagai kebijakan hingga tingkat global. Guna mengurangi potensi gangguan terhadap masyarakat, kini telah tersedia rumah sakit jiwa gratis di seluruh Indonesia termasuk kota Medan.

Selain meringankan masalah biaya, ketersediaan rumah sakit jiwa gratis di Medan juga memungkinkan seluruh sektor masyarakat bisa mendapatkan layanan medis untuk penanganan stress, trauma hingga kecanduan obat-obatan. Secara tidak langsung, hal ini mengakibatkan setiap orang bisa hidup lebih produktif karena mental, fisik, dan spiritual dalam keadaan baik.

Mengingat mental menjadi unsur yang tidak bisa dipisahkan dari segi kesehatan, jika terdapat keluarga Anda mengalami gangguan kejiwaan sangat disarankan untuk segera memberikan penanganan ke rumah sakit jiwa terdekat. Dengan begitu, pengidap tidak akan mengalami penderitaan dan tidak berdampak pada lingkungan.

Sampai saat ini, masyarakat masih memprioritaskan layanan kesehatan terhadap keluhan fisik namun kurang memperhatikan mental emosional yang sangat penting. Bagi Anda warga sekitar kota Melayu Deli, berikut ada sejumlah rumah sakit jiwa gratis di Medan.

Daftar Rumah Sakit Jiwa Gratis di Medan

Meskipun banyak panti rehabilitasi jiwa di Medan, namun kebanyakan masyarakat tentu keberatan dengan biaya pelayanan psikiatri di mana mencapai angka Rp 8 juta per bulan. Dengan adanya beberapa rumah sakit jiwa seperti di daerah Tuntungan Pancur Batu atau lainnya, Anda tidak perlu khawatir akan pembiayaan medis.

Baca Juga: 15 Rumah Sakit Jiwa Gratis Terdekat di Indonesia 2024

Untuk mempermudah setiap orang agar mendapatkan penanganan efisien dan optimal pada fasilitas kesehatan yang kredibel serta tidak memberlakukan tarif tertentu, berikut informasi alamat hingga nomor telepon rumah sakit jiwa Medan.

1. RSJ Bina Karsa Medan

RSJ Bina Karsa Medan

Rumah Sakit Jiwa Bina Karsa merupakan salah satu fasilitas kesehatan khususnya kejiwaan swasta di kota Medan, di mana RSJ tersebut sudah berdiri sejak 1989 lalu.

Dengan perolehan SK Perpanjangan berdasarkan surat dari kantor Dinas Kesehatan setempat No. 442/48.14/II Tahun 2017 tanggal 3 Februari dan sesuai keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.0203/I/0452 tahun 2015, Rumah Sakit Jiwa Bina Karsa telah menjadi rumah sakit khusus kejiwaan kelas C.

Untuk mendapatkan layanan gratis di Rumah Sakit Jiwa Bina Karsa, Anda bisa menggunakan BPJS Kesehatan dan datang ke alamat berikut:

AlamatJalan Pales III Nomor 19, Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara 20135
LokasiGoogle Maps
Nomor Telepon061 836 1448
Email[email protected]

2. Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. M. Ildrem

Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. M. Ildrem

Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. M. Ildrem adalah RSJ yang berlokasi di wilayah Binjai, kota Medan, Sumatera Utara di mana telah berdiri sejak 1981 lalu. Selama operasionalnya, fasilitas RS tersebut sudah menangani berbagai macam kondisi pasien ODGJ.

Hingga saat ini, RSJ Prof. dr. M. Ildrem masih membantu masyarakat sekitar khususnya yang membutuhkan bantuan medis secara gratis. Hal demikian dilakukan bertujuan untuk menghindarkan pasien ODGJ mendapatkan penanganan dengan pemasungan.

Untuk mendapatkan layanan salah satu rumah sakit jiwa gratis di Medan tersebut, silakan datangi alamat berikut:

AlamatJl. Tali Air No.21, Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara, Kode Pos 20141
LokasiGoogle Maps
Nomor Telepon061 8360542
Email

3. RSUP H. Adam Malik Medan

RSUP H. Adam Malik Medan

Sebagai Rumah Sakit Pendidikan dan Pusat Rujukan Nasional Tipe A, RSUP H Adam Malik Medan memberikan layanan bermutu, unggul serta berorientasi terhadap keselamatan pasien. Hal ini pun diterapkan pada poliklinik kejiwaan baik dalam kondisi gawat darurat, rawat jalan maupun rawat inap.

Bahkan, pihak RSUP H Adam Malik Medan juga memberikan layanan kejiwaan atau psikiatri secara gratis. Namun perlu digaris bawahi, ketentuan tersebut akan berlaku ketika pasien sudah terdaftar BPJS Kesehatan.

Untuk informasi alamat lengkap serta kontak yang bisa Anda hubungi, silakan simak tabel di bawah ini.

AlamatJl. Bunga Lau Nomor 17, Kemenangan Tani, Kec. Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara, Kode Pos 20136
LokasiGoogle Maps
Nomor Telepon061 836 0143
Email[email protected]

4. RSUD dr. Pirngadi Kota Medan

RSUD dr. Pirngadi Kota Medan

RSUD dr. Pirngadi Kota Medan adalah fasilitas kesehatan milik dan dikelola secara langsung oleh pemerintah setempat. Tidak hanya melayani poliklinik umum seperti poli gigi, kulit dan kelamin, radiologi hingga hemodialisa saja, RS tersebut juga menyediakan pelayanan pasien gangguan jiwa atau psikiatri.

Sama halnya RSUP H. Adam Malik, RSUD dr. Pirngadi Kota Medan juga termasuk rumah sakit yang melayani masalah kejiwaan secara gratis dengan program BPJS Kesehatan. Selain memudahkan masyarakat dalam pelayanan umum, masyarakat sekitar yang hendak memberikan penanganan khusus ke keluarga pengidap masalah kejiwaan pun bisa mendapatkan layanan secara optimal.

Untuk mendapatkan penanganan maksimal terhadap keluarga atau kerabat pengidap gangguan jiwa, berikut alamat lengkap dan nomor telepon RSUD dr. Pirngadi kota Medan.

Alamat Jl. Prof. H. M. Yamin, SH Nomor 47 Kec. Medan Timur, Kelurahan Perintis, Medan, Sumatera Utara, Kode Pos 20234
LokasiGoogle Maps
Nomor Telepon061 415 8701
Email[email protected]

Kesimpulan

Meskipun secara umum rumah sakit jiwa gratis di Medan yang sudah Biayasehat.com tidak membebankan biaya masuk, namun alangkah baiknya Anda persiapkan sejumlah uang untuk keperluan lain. Sebab, secara garis besarnya setiap pasien akan memerlukan penanganan khusus menyesuaikan program penanganan medis dari dokter di setiap rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *