Gaji Perawat Klinik Kimia Farma Terbaru 2024

Diposting pada
5/5 - (6 votes)

Gaji Perawat Klinik Kimia Farma – Menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan masyarakat, kini tersedia tenaga medis seperti perawat di Klinik Kimia Farma. Di mana, profesi bidang keperawatan tersebut memiliki besaran gaji cukup kompetitif karena Klinik Kimia Farma berada di bawah naungan BUMN.

Meskipun gaji perawat Klinik Kimia Farma disesuaikan berdasarkan UMR atau UMK sesuai penempatan kerja, namun setiap individu berhak mendapatkan kompensasi seperti adanya tunjangan BPJS Kesehatan ataupun JHT (Jaminan Hari Tua).

Akan tetapi, iuran untuk fasilitas yang notabene dikategorikan sebagai asuransi tersebut dipotong dari beberapa persen gaji perawat Klinik Kimia Farma setiap bulannya. Tidak hanya itu, setiap kandidat bidang keperawatan juga bisa mendapatkan penghasilan lebih dari uang lembur, THR hingga tunjangan jabatan.

Mengingat gaji bekerja di BUMN umumnya diatur berdasarkan UMR ataupun UMK, maka gaji perawat Klinik Kimia Farma dapat dipastikan berbeda-beda setiap wilayah penempatan kerja. Sebab, setiap daerah memiliki ketentuan upah minimum masing-masing.

Kualifikasi Perawat Klinik Kimia Farma

Kualifikasi Perawat Klinik Kimia Farma

Supaya bisa menjadi perawat di Klinik Kimia Farma, setiap individu harus mempunyai kemampuan klinis, memiliki interpersonal baik, mampu bekerja di dalam tim dan semangat bekerja tinggi. Hal demikian tentu berguna sebagai langkah awal untuk meningkatkan kualitas kerja selama menyandang status pegawai.

Selain beberapa kemampuan tersebut, setiap kandidat perawat di Klinik Kimia Farma juga wajib mempunyai kualifikasi memadai. Di mana, seseorang diharuskan telah menyelesaikan program pendidikan perawat dan memenuhi beberapa kriteria sesuai ketentuan pihak Kimia Farma Diagnostika di antaranya:

  • Pria/ Wanita
  • Latar belakang pendidikan minimal Diploma (S3) atau Sarjana (S1) Analis Kesehatan ataupun Keperawatan
  • Memiliki keterampilan ATLM serta perawat keahlian Flebotomi (prosedur medis mengeluarkan komponen darah)
  • Memiliki STR (Surat Tanda Registrasi)
  • Pengalaman terbuka bagi fresh graduate
  • Mempunyai sertifikat keahlian perawat
  • Mempunyai lisensi perawat dari Lembaga Keperawatan Indonesia

Secara umum, kriteria untuk menjadi perawat di Klinik Kimia Farma hanya beberapa poin di atas. Hanya saja, terdapat sejumlah kemungkinan seperti kualifikasi pendidikan diharuskan lulusan dari jurusan Farmasi. Sama halnya gaji, ketentuan mengenai persyaratan pegawai juga menyesuaikan kebijakan pengelola.

Tugas Perawat Klinik Kimia Farma

Tugas Perawat Klinik Kimia Farma

Mengingat tugas maupun tanggung jawab perawat pun menentukan gaji, untuk masing-masing spesialis bidang keperawatan tentu memiliki jobdesk masing-masing. Hanya saja, terdapat gambaran bagi Anda yang ingin menjalani profesi tersebut. Di mana, dalam keseharian seorang perawat di Klinik Kimia Farma akan mengemban tugas berikut:

  • Memberikan layanan pemeriksaan klinik maupun laboratorium
  • Mendampingi dokter dalam prosedur pemeriksaan
  • Melaksanakan proses pengambilan darah sesuai prosedur atau IK Pengambilan Spesimen
  • Melaksanakan pekerjaan teknis lab klinik dengan profesional dan sesuai prosedur maupun pedoman kerja yang ditetapkan berdasarkan Visi Misi perusahaan.

Tidak hanya mencakup apoteker, Direktur dan Human Capital Kimia Farma menetapkan perusahaan akan memberi pelatihan, pengembangan serta rotasi posisi jabatan pegawai terutama apoteker, tenaga farmasi maupun produksi.

Meskipun tidak terlampir profesi perawat, tak kecil kemungkinan pada waktu mendatang Kimia Farma juga akan memberikan pegawai bidang keperawatan pelatihan, pengembangan maupun rotasi posisi jabatan. Maka dari itu, ketika telah menyandang status perawat di klinik tersebut sebaiknya terus tingkatkan kinerja dengan baik.

Gaji Perawat Klinik Kimia Farma

Gaji Perawat Kimia Farma

Berbicara mengenai gaji perawat Klinik Kimia Farma, pada awal karir setiap orang berpeluang mendapatkan gaji di kisaran Rp 3.000.000 hingga Rp 4.000.000 per bulan. Namun seiring waktu berjalan dan bertambahnya pengalaman, tak menutup kemungkinan jika gaji perawat akan mengalami kenaikan.

Akan tetapi, dengan catatan perawat memiliki kualifikasi sesuai ketentuan untuk mendapatkan kenaikan gaji maupun memperoleh insentif berdasarkan masa kerja di Klinik Kimia Farma. Nominal gaji pokoknya sendiri pun bisa dikatakan berbeda setiap wilayah penempatannya.

Sebab, sistem pengupahan Kimia Farma sendiri mengacu pada Upah Minimum setiap daerah cabang klinik. Dengan begitu, perawat yang ditempatkan pada wilayah kota-kota besar cenderung mendapatkan gaji lebih besar jika dibandingkan dengan perawat Klinik Kimia Farma di kota kecil atau pinggiran.

Maka dari itu, pastikan Anda gunakan informasi mengenai gaji di atas sebagai gambaran saja. Pasalnya, besaran penghasilan sebagai perawat di Klinik Kimia Farma bisa memiliki nominal lebih besar atau kecil menyesuaikan UMR atau UMK penempatan kerja.

Baca Juga: Gaji Perawat di Jakarta

Tunjangan Perawat Klinik Kimia Farma

Tunjangan Perawat Klinik Kimia Farma

Di luar gaji pokok, perawat Klinik Kimia Farma juga berpeluang mendapatkan berbagai keuntungan seperti pengalaman kerja, kesempatan bekerja sama dengan ahli bidang kesehatan, peningkatan pengetahuan, keahlian dalam keperawatan, memperoleh fasilitas berupa tunjangan hingga networking.

Lantas, apa saja tunjangan profesi perawat di Klinik Kimia Farma? Berikut adalah informasi mengenai tunjangannya:

  • Asuransi kesehatan
  • Tunjangan Jabatan
  • BPJS Garansi kerja
  • Tunjangan kehadiran
  • Tunjangan transportasi
  • Jaminan Hari Tua
  • Insentif jaminan jam lembur selama bekerja

Sebagai catatan tambahan, segala bentuk tunjangan Klinik Kimia Farma di atas umumnya diberikan kepada para perawat sesuai dengan kualifikasi serta sesuai ketentuan pihak penyelenggara. Maka dari itu, sangat disarankan bagi para kandidat agar terus meningkatkan kualitas kinerja selama menjalankan profesi tersebut.

Kesimpulan

Mengingat gaji merupakan hal yang kerap mengalami perubahan, penting bagi Anda untuk mengingat jika nominal penghasilan perawat di Kimia Farma setiap daerah memiliki besaran berbeda-beda. Oleh sebab itu, usahakan informasi mengenai pendapatan di atas digunakan sebagai gambaran ketika hendak bekerja di BUMN Farmasi terbesar di Indonesia ini.

Sekian informasi terkait gaji perawat Klinik Kimia Farma dari Biayasehat.com, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *