Masa Berlaku Kartu KIS, Sampai Kapan?

Diposting pada
5/5 - (15 votes)

Masa Berlaku Kartu KIS – Beberapa peserta Kartu Indonesia Sehat tidak mengetahui tentang masa berlaku dari kartu KIS. Hal itu biasanya terjadi lantaran keterbatasan informasi mengenai tenggat waktu keaktifan program kesehatan tersebut.

Pada dasarnya kartu KIS dari BPJS Kesehatan terdapat masa berlaku selama beberapa bulan. Nantinya jika waktu berlakunya sudah melewati batas maka secara otomatis akan diperbarui oleh pihak penyelenggara program jaminan kesehatan ini.

Namun meski masa berlaku kartu KIS masih panjang, tetapi sebagian peserta kerap menemukan permasalahan di mana Kartu Indonesia Sehat tidak bisa digunakan. Hal tersebut biasanya ada beberapa penyebabnya.

Adapun kami telah merangkum informasi mengenai masa berlaku kartu KIS secara mendetail sehingga bisa dengan mudah dipahami. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait waktu berlakunya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Masa Berlaku Kartu KIS

Masa Aktif Kartu KIS

KIS adalah salah satu program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Kartu Indonesia Sehat ini menyasar untuk masyarakat tidak mampu di Indonesia. Melalui KIS, peserta tidak perlu membayar iuaran setiap bulan karena sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Tak sedikit peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat seringkali menganggap bahwa kartu KIS memiliki masa berlaku selama seumur hidup. Padahal tidak sedemikian rupa, program tersebut terdapat tenggat dalam beberapa bulan.

Lantas, sampai kapan masa berlaku kartu KIS? Diketahui program jaminan kesehatan memiliki masa aktif hingga 6 bulan lamanya. Setelah melewati tenggat waktu, Kartu Indonesia Sehat peserta akan diperbarui sesuai dengan hasil rekonsiliasi yang dilakukan oleh Kemensos.

Bagi masyarakat di mana awalnya mempunyai KIS yang sudah dikategorikan sebagai warga mampu, maka kartu PBI akan dinonaktifkan. Apabila kartu KIS PBI-JK sudak tidak bisa digunakan , maka peserta dapat mengaktifkannya kembali atau beralih ke program BPJS Kesehatan Mandiri.

Penyebab Kartu KIS Tidak Aktif

Penyebab Kartu KIS Tidak Aktif

Beberapa peserta Kartu Indonesia kerap menemukan kendala seperti kartu KIS tidak aktif. Hal itu pun mengakibatkan kendala seperti tak dapat digunakan di fasilitas kesehatan. Namun sebenarnya kartu KIS tidak aktif terdapat sejumlah penyebab.

Sebagai peserta, sebaiknya perlu mengetahui dengan baik tentang penyebab kartu KIS tidak aktif. Dengan begitu pun Anda dapat menangani permasalahan tersebut jika mengetahui penyebabnya. Adapun penyebab kartu KIS tidak aktif, di antaranya:

1. Tahap Administrasi Lambat

Terkadang tidak aktifnya kartu KIS dapat disebabkan karena tahap proses administrasi yang lambat dari pihak penyelenggara. Hal ini mungkin terjadi terhadap kasus pendaftaran ataupun pembaruan data. Apabila Anda menjumpai permasalahan seperti itu maka sebaiknya segera menghubungi layanan kantor BPJS terdekat.

2. Gagal Verifikasi KTP

Salah satu langkah utama pada pembaruan maupun pendaftaran kartu KIS yakni verifikasi Kartu Tanda Penduduk. Apabila KTP Anda tak terverifikasi atau valid, maka menjadi penyebab Kartu Indonesia Sehat tidak aktif. Oleh karena itu pastikan agar KTP sudah diverifikasi oleh pihak terkait.

3. Tak Memperbarui Data Diri

Masa berlaku bukan menjadi salah satu penyebab Kartu Indonesia Sehat tidak aktif. Namun ada kemungkinan bahwa tak memperbarui data diri juga termasuk sebagai penyebabnya. Apabila terdapat perubahan seperti nomor telepon, alamat ataupun informasi lainnya, maka mengakibatkan ketidakaktifan.

Jadi sebaiknya memastikan guna selalu memperbarui data diri di kantor BPJS Kesehatan atau melalui layanan online. Dengan begitu informasi Anda akan selalu diperbarui serta dapat menerima pemberitahuan relevan.

4. Diketahui Mampu Membayar Iuran

Pemerintah mempunyai layanan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Masyarakat penerima bantuan tersebut biasanya akan dianggap tak mampu, sehingga pihak pemerintah membayarkan iuran program jaminan kesehatan peserta.

Peserta akan secara otomatis dinonaktifkan BPJS-nya jika statusnya tak lagi terdaftar di Kemensos sebagai penerima bantuan pemerintah serta dianggap sudah mampu membayar iuran program kesehatan tersebut.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai masa berlaku kartu KIS yang aktif selama 6 bulan lamanya. Setelah melewati waktu berlaku tersebut, kepesertaan secara otomatis diperbarui oleh pihak penyelenggara.

Di sisi lain apabila kartu KIS tak dapat digunakan penyebabnya bukanlah masa berlaku, tetapi ada kemungkinan Anda telah dianggap mampu membayar iuran. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi peserta Kartu Indonesia Sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *