7 Cara Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile 2024

Diposting pada
5/5 - (7 votes)

Cara Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile – Beberapa peserta baru Kartu Indonesia Sehat kerap mengalami kebingungan terhadap cara mengaktifkan kartu KIS. Padahal hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi JKN Mobile.

Namun cara mengaktifkan lewat JKN Mobile terdapat beberapa syarat di mana perlu Anda lengkapi terlebih dahulu. Seperti salah satu contohnya adalah harus mempunyai handphone beserta koneksi internet.

Tak hanya itu saja, Anda juga diharuskan untuk menyiapkan beberapa dokumen penting lainnya jika ingin menggunakan cara mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile. Persyaratan tersebut menjadi hal yang cukup jarang diketahui oleh peserta Kartu Indonesia Sehat.

Oleh karena itu kami telah merangkum informasi mengenai syarat beserta langkah-langkah pada cara mengaktifkan KIS lewat aplikasi JKN Mobile. Untuk mengetahui tentang detail panduan tersebut, silakan simak ulasan di bawah ini.

Syarat Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile

Syarat Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile

Sebelum menerapkan cara mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile, maka tentunya Anda harus memahami tentang persyaratannya terlebih dahulu. Pasalnya pihak penyelenggara Kartu Indonesia Sehat menerapkan beberapa syarat bagi peserta di mana hendak melakukan pengaktifan kartu tersebut.

Pada dasarnya syarat mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat melalui JKN Mobile terbilang cukup mudah untuk dilengkapi. Namun syaratnya tidak hanya mencakup dokumen saja, tetapi juga penggunaan perangkat guna mengakses aplikasi ini. Adapun syarat dalam melakukan pengaktifan KIS lewat JKN Mobile, meliputi:

  • Memiliki nomor Kartu Indonesia Sehat masih aktif.
  • Mempunyai perangkat handphone untuk mengakses aplikasi JKN Mobile.
  • Memastikan bahwa handphone terhubung dengan koneksi internet.
  • Memiliki nomor handphone di mana sudah terdaftar di aplikasi JKN Mobile.

Cara Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile

Cara Aktivasi KIS Lewat JKN Mobile

Cara mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile menjadi salah satu metode aktivasi di mana seringkali dicari oleh peserta program kesehatan ini. Mengingat melalui pengaktifan di aplikasi bisa dilakukan secara mudah serta praktis. Anda pun tidak perlu repot-repot mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengaktifkan kartu KIS.

Namun jika hendak menggunakan cara mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat lewat JKN Mobile, maka Anda akan melewati beberapa tahapan. Tak perlu khawatir, karena prosesnya tidak terlalu rumit. Cara mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat melalui JKN Mobile, meliputi:

  1. Langkah pertama, pastikan handphone sudah terkoneksi jaringan internet.
  2. Kemudian jika belum memiliki aplikasi JKN Mobile, maka Anda dapat mengunduhnya di Google Play Store ataupun App Store.
  3. Jika sudah mengunduh JKN Mobile, langsung saja buka aplikasinya.
  4. Masukkan nomor telepon Anda, tekan Lanjut. Apabila belum pernah menggunakan JKN Mobile, lakukan pendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data diri.
  5. Input kode verifikasi yang sudah dikirimkan ke nomor telepon lewat SMS. Kode tersebut akan dikirimkan secara otomatis dari sistem JKN Mobile.
  6. Selanjutnya, masukkan nomor kartu KIS, tekan Lanjut.
  7. Kemudian Anda diminta guna memasukkan kode verifikasi kembali di mana dikirim lewat SMS.
  8. Setelah itu, silakan pilih jenis kepesertaan kartu KIS. Jenisnya terdiri dari PBI (Penerima Bantuan Iuran), PPU (Pekerja Penerima Upah), PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) dan PBP (Peserta Bukan Pekerja).
  9. Langkah berikutnya memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama. Faskes tersebut merupakan tempat pertama kali peserta berobat ketika sakit.
  10. Kemudian Anda diarahkan guna memilih metode pembayaran iuran. Metodenya meliputi autodebet, tunai, transfer.
  11. Selanjutnya calon peserta diharuskan guna mengisi data diri. Pastikan mengisinya dengan data valid atau sesuai pada KTP.
  12. Silakan tinjau kembali terkait data diri yang sudah diisi. Apabila ada kesalahan pengisian, maka bisa mengubahnya.
  13. Selesai, silakan tekan opsi Simpan guna menyelesaikan aktivasi KIS lewat JKN Mobile.

Apabila cara aktivasi kartu KIS di atas tidak berhasil dilakukan, sebaiknya untuk segera mengunjungi kantor BPJS terdekat. Dengan mengunjungi kantornya secara langsung bisa secepatnya diselesaikan permasalahan tersebut oleh petugas.

Namun perlu diingat jika kartu KIS sudah dinonaktifkan selama 6 bulan lebih, maka harus mengajukan permohonan aktivasi ke kantor BPJS Kesehatan. Guna mengajukan permohonan mengaktifkan, siapkan dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga hingga kartu KIS yang dinonaktifkan.

Keuntungan Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile

Keuntungan Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile

Ketika menggunakan cara mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile, maka Anda akan merasakan berbagai keuntungan. Tak heran jika sebagian peserta Kartu Indonesia Sehat lebih memilih metode mengaktifkan melalui aplikasi tersebut. Beberapa keuntungan mengaktifkan KIS melalui aplikasi, di antaranya:

Proses Mudah

Keuntungan pertama menerapkan cara mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat lewat JKN Mobile adalah prosesnya mudah. Dalam tahapan aktivasi kartu tersebut, peserta melewati proses di mana tidak terlalu rumit. Terlebih lagi guna mengaktifkan KIS di aplikasi tidak membutuhkan waktu lama.

Tidak Perlu Datang ke Kantor BPJS Kesehatan

Kemudian peserta kartu KIS juga tak perlu pergi mendatangi kantor BPJS terdekat untuk mengaktifkannya. Hal itu pun tentunya memberikan kemudahan serta efisiensi waktu bagi peserta Kartu Indonesia Sehat.

Praktis

Cara mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat lewat aplikasi JKN Mobile praktis untuk dilakukan. Pasalnya peserta KIS bisa melakukan aktivasi kartu KIS di mana saja maupun kapan saja.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mengaktifkan lewat JKN Mobile yang bisa dilakukan secara praktis dan cepat. Sebelum menerapkan metode aktivasi tersebut, silakan siapkan perangkat handphone beserta koneksi internet.

Pasalnya cara mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat melalui aplikasi JKN Mobile termasuk metode aktivasi online. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi peserta KIS di mana belum mengetahui tentang langkah-langkah guna mengaktifkan program jaminan kesehatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *