4 Cara Cek Kartu KIS Aktif atau Tidak 2024

Diposting pada
5/5 - (5 votes)

Cara Cek Kartu KIS Aktif – Kini Anda bisa melakukan pengecekan keaktifan Kartu Indonesia Sehat, baik secara online ataupun offline. Tentunya hal itu memberi kemudahan sendiri bagi peserta program jaminan kesehatan tersebut.

Apabila tidak sempat mendatangi kantor BPJS Kesehatan, maka bisa menggunakan cara cek kartu KIS aktif melalui perangkat aplikasi. Anda hanya perlu menyiapkan perangkat handphone dan koneksi internet untuk menggunakan metode ini.

Namun jika ingin mendapatkan informasi Kartu Indonesia Sehat lebih lengkap, disarankan guna menerapkan cara cek kartu KIS aktif secara offline. Pengecekan di kantor ataupun online terdapat beberapa langkah.

Kami telah merangkum informasi mengenai langkah-langkah dalam cara cek kartu KIS aktif, lewat online ataupun offline. Untuk mengetahui secara menyeluruh terkait metode pengecekan ini, silakan simak ulasan berikut.

Cara Cek Kartu KIS Aktif

Tak sedikit peserta Kartu Indonesia Sehat seringkali penasaran terhadap cara cek kartu KIS aktif atau tidak lewat WA. Pada dasarnya metode pengecekan tersebut dapat dilakukan dengan mudah serta praktis. Akan tetapi guna menerapkan cara cek Kartu Indonesia Sehat aktif melalui WA, Anda harus melewati beberapa tahap.

Namun tak hanya lewat WA, tetapi pihak penyelenggara Kartu Indonesia Sehat memberikan berbagai kemudahan bagi peserta guna melakukan pengecekan kartu KIS aktif atau tidak melalui beberapa platform. Sayangnya banyak dari peserta program jaminan kesehatan ini tak mengetahui tentang cara-caranya. Berikut adalah beberapa cara cek kartu Indonesia Sehat aktif.

1. Melalui Layanan CHIKA

Melalui Layanan CHIKA

Pertama, Anda dapat menggunakan layanan CHIKA untuk melakukan cek kartu KIS aktif. Fasilitas pelayanan tersebut tersedia pada beberapa platform media sosial seperti, Messenger, Telegram dan WhatsApp. Di bawah ini merupakan cara pengecekan kartu KIS lewat layanan CHIKA.

  1. Langkah pertama, silakan pilih menu cek status peserta di layanan CHIKA yang Anda pilih, baik lewat Telegram, Facebook Messenger ataupun WA.
  2. Kemudian, ketik Nomor Peserta kartu KIS atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Kemudian isi tanggal lahir sesuai dengan format pengisian.
  4. Tunggu informasi lebih lanjut dari CHIKA terkait status keaktifan kepesertaan JKN – KIS.
  5. Umumnya proses cek Kartu Indonesia Sehat lewat layanan CHIKA tidak membutuhkan waktu lama.

Cara pengecekan Kartu Indonesia Sehat melalui layanan CHIKA seringkali dipilih oleh beberapa peserta. Pasalnya panduan cek tersebut memiliki langkah-langkah cukup mudah untuk diterapkan.

2. Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN

Salah satu cara cepat serta efisien guna mengecek status aktif kartu KIS adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Pasalnya di platform tersebut, Anda tidak perlu mengantre lama guna cek keaktifan Kartu Indonesia Sehat. Namun sebelum mengetahui cara pengecekannya, silakan unduh Mobile JKN di Google Play Store atau App Store.

  1. Silakan buka Mobile JKN, pastikan aplikasi sudah terpasang pada perangkat handphone.
  2. Login menggunakan NIK serta password di mana sudah didaftarkan sebelumnya.
  3. Masukkan captcha yang tersedia pada kolom, lalu tekan opsi menu Login.
  4. Setelah berhasil melakukan login, pilih menu Peserta di aplikasi. Halaman itu akan memunculkan detail informasi terkait status peserta kartu KIS beserta data identitas lain.

Perlu diperhatikan kembali bahwa jika ingin mengecek Kartu Indonesia Sehat aktif atau tidak di JKN Mobile, Anda harus sudah terdaftar di aplikasi ini. Apabila belum melakukan pendaftaran, maka bisa registrasi terlebih dahulu.

3. Lewat BPJS Kesehatan Care Center 165

Lewat BPJS Kesehatan Care Center 165

Tak hanya kedua cara di atas, pihak penyelenggara Kartu Indonesia Sehat juga memberikan pilihan bagi peserta Kartu KIS untuk mengecek kepesertaan lewat layanan Care Center 165. Berbeda dengan metode sebelumnya, di layanan tersebut Anda akan berkomunikasi lewat telepon dengan CS BPJS Kesehatan. Cara Cek kartu KIS di Care Center 165, seperti:

  • Hubungi BPJS Kesehatan Care Center lewat nomor 165. Layanan tersebut tersedia selama 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu.
  • Setelah terhubung, pilih Jenis Layanan 1 untuk mengakses layanan status peserta kartu KIS.
  • Input nomor peserta atau NIK beserta tanggal lahir.
  • Tunggu informasi lebih lengkap dari VIKA terkait status aktif kepesertaan kartu KIS.

Apabila ingin menggunakan layanan Care Center 165, tentunya harus menyiapkan sejumlah biaya pulsa. Mengingat cara pengecekan ini dilakukan dengan metode telepon.

4. Kantor BPJS Kesehatan

Kantor BPJS Kesehatan

Ketika sudah mencoba cara cek kartu KIS aktif di atas tetapi belum berhasil, maka Anda sebaiknya mengunjungi langsung kantor BPJS Kesehatan terdekat. Namun jika mendatangi kantornya, siapkan dokumen seperti kartu identitas diri ataupun Kartu Indonesia Sehat. Cara pengecekan kartu KIS di kantor BPJS Kesehatan, yaitu:

  1. Kunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dari lokasi tempat tinggal Anda.
  2. Kemudian ambil nomor antrean di kantor cabang, tunggu beberapa saat hingga mendapatkan giliran dipanggil.
  3. Sampaikan kepada petugas bahwa ingin cek keaktifan kartu KIS dengan NIK.
  4. Berikan NIK Anda, lalu petugas akan memberikan informasi terkait status kartu KIS.

Dengan mengunjungi langsung kantor BPJS Kesehatan terdekat, Anda dapat melakukan pengecekan kartu KIS aktif dengan mengikuti arahan dari petugas. Namun sebelum mengecek status Kartu Indonesia Sehat di tempat tersebut, amat disarankan guna memeriksa kembali kelengkapan dokumen di mana harus dibawa.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara cek kartu KIS aktif melalui beberapa metode, baik secara offline ataupun online. Silakan pilih salah satu dari beberapa panduan di atas yang dianggap Anda cukup praktis dilakukan. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat membantu bagi peserta di mana belum mengetahui tentang cara cek keaktifan Kartu Indonesia Sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *