3 Cara Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Diposting pada
5/5 - (3 votes)

Cara Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online – Pindah tempat kerja memang dapat membantu banyak orang mendapatkan nuansa baru dalam mencari rezeki. Namun, perpindahan tersebut juga terkadang membuat pihak terkait memiliki status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ganda.

Ketika memiliki status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di berbagai tempat, tentunya Anda akan dibuat bingung sendiri ketika memantau perkembangannya. Itulah mengapa cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan online penting untuk diketahui.

Informasi mengenai cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan online memang jarang diketahui oleh beberapa pihak. Padahal ketika ditelusuri lebih lanjut, ada beberapa metode yang bisa digunakan para tenaga kerja ketika hendak melakukan penggabungan tersebut.

Supaya bisa menjadi panduan bagi seluruh tenaga kerja di Indonesia, maka Kami telah membuat cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan online secara lengkap. Semua bisa disimak secara langsung melalui pembahasan BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini.

Tujuan Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Tujuan Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Menggabungkan saldo maupun status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan biasa disebut sebagai Amalagamasi. Dulu, proses amalgamasi hanya bisa dilakukan secara konvensional atau offline melalui HRD atau mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan secara langsung.

Menggabungkan status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan memang cukup membuat Anda repot sendiri apalagi ketika sedang sibuk-sibuknya melaksanakan tugas dari tempat kerja. Namun, semua jadi terasa mudah karena peserta yang notabene tenaga kerja bisa melakukannya secara online.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Adalah, Fungsi, Manfaat dan Pengertian

Lantas, apa pentingnya menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan? Tentunya hal tersebut menjadi kebingungan tersendiri bagi sebagian pihak terutama peserta baru. Supaya dapat diketahui oleh semua pihak, berikut adalah tujuan menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan.

  • Memudahkan Pemberian Jaminan: Cara menggabungkan dua status kepesertaan BPJS akan memudahkan proses pemberian berbagai jenis jaminan ketika kelak akan dicairkan.
  • Peningkatan Kualitas Layanan: Cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta.
  • Memudahkan Proses Administrasi: Cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan juga akan menyederhanakan administrasi serta persiapan (tanpa parklaring atau formulir penggabungan).

Itulah mengapa sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, Anda perlu mengetahui cara penggabungan saldo tersebut secara online. Namun, pastikan para peserta sudah mempersiapkan beberapa syarat dan ketentuan sesuai prosedur penggabungan saldo berlaku.

Syarat Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Syarat Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa cara penggabungan saldo BPJS Ketenagakerjaan online tadi harus dilakukan dengan memenuhi beberapa syarat. Adapun persyaratan tersebut nantinya digunakan ketika proses menggabungkan data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tengah berlangsung.

Adapun daftar beberapa syarat menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online, antara lain.

  • Sudah memiliki Akun JMO (Jamsostek Mobile).
  • Mengetahui informasi Nomor Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Memiliki nomor Handphone aktif.
  • Memiliki alamat email aktif.
  • Menyediakan kontak darurat.
  • Memiliki koneksi internet lancar ketika cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan berlangsung.

Setelah semua syarat di atas sudah lengkap, maka cara penggabungan saldo BPJS Ketenagakerjaan online dapat diimplementasikan oleh semua peserta. Ada beberapa metode atau cara penggabungan tersebut sehingga Anda bisa memilih opsinya sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Setelah memahami apa itu amalgamasi, maka tibalah saatnya mencari tahu bagaimana cara mengaplikasikannya. Tentu saja cara menggabungkan saldo tersebut akan dilakukan secara online. Alhasil, proses pemantauan JHT serta jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan jadi lebih mudah.

Supaya dapat dipahami oleh semua tenaga kerja, berikut adalah beberapa cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan online.

1. Menggabungkan Saldo via JMO

Menggabungkan Saldo via JMO

Cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan pertama dilakukan via aplikasi resmi bernama JMO (Jamsostek Mobile). Proses penggabungan saldo tersebut bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan fitur Pengkinian Data.

Adapun cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan mengunakan fitur Pengkinian Data sebagai berikut.

  • Langkah pertama pada cara menggabungkan BPJS Ketenagakerjaan secara online adalah dengan membuka aplikasi JMO terinstal.
  • Selanjutnya login akun JMO (Jamsostek Mobile) menggunakan Email dan Password sesuai ketentuan.
  • Ketika sudah berhasil masuk, silakan pilih fitur Pengkinian Data di halaman utama.
  • Berikutnya tap OK, Lanjutkan di bagian bawah tampilan aplikasi Jamsostek Mobile online.
  • Isilah Formulir Data Kepesertaan di halaman JMO.
  • Lakukan pengambilan foto sesuai ketentuan dari pihak JMO.
  • Isilah Formulir Data Kontak seperti Nomor Handphone, Alamat Email, Data NPWP, hingga Nomor Paspor (opsional).
  • Isilah Formulir Data Kependudukan sesuai keterangan di tampilan JMO.
  • Masukkan data tambahan serta kontak darurat sesuai dengan ketentuan pihak JMO.
  • Setelah semua prosedur di atas sudah dilakukan, silakan lakukan konfirmasi di aplikasi JMO.
  • Apabila Pengkinian Data berhasil, maka cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan online sudah berhasil dilakukan.

Pengkinian Data akan membantu peserta mengupdate data BPJS Ketenagakerjaan lama serta baru secara otomatis. Alhasil, saldo JHT maupun jaminan lainnya akan tergabung untuk digunakan manfaatnya oleh semua peserta.

2. Menggabungkan Saldo via Live Chat

Menggabungkan Saldo via Live Chat

Cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan berikutnya adalah dengan memanfaatkan layanan live chat yang disediakan oleh penyedia layanan. Dengan menghubungi live chat tersebut, nantinya para tenaga kerja bisa mendapatkan bantuan untuk melakukan amalgasi secara online.

Adapun cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan via Live Chat, antara lain:

  • Silahkan bukan situs resmi BPJS Ketenagakerjaan melalui (https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/).
  • Selanjutnya silakan tap logo Chat di bagian pojok kanan bawah halaman resmi BPJS Ketenagakerjaan.
  • Isikan formulir live chat BPJS Ketenagakerjaan mulai dari Nama, Email Aktif, serta Nomor Handphone aktif.
  • Apabila semua formulir live chat BPJS Ketenagakerjaan sudah terisi, silakan tap Lanjutkan.
  • Mohon tunggu sebentar dan secara otomatis pihak Customer Service BPJS Ketenagakerjaan pusat akan memberikan respon untuk membantu proses amalagamasi saldo secara online.

3. Menggabungkan Saldo via Call Center

Menggabungkan Saldo via Call Center

Cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan terakhir dilakukan dengan menghubungi layanan call center yang disediakan oleh pihak penyedia layanan pusat. Ada banyak call center BPJS Ketenagakerjaan online untuk dihubungi para peserta ketika ingin mendapatkan pelayanan.

Baca Juga: 12 Cara Menambah KPJ di Aplikasi BPJSTKU Update 2024

Adapun daftar beberapa call center BPJS Ketenagakerjaan online, antara lain:

Silakan pilih semua cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan di atas supaya berbagai jaminan yang diperoleh dari beberapa perusahaan bisa masuk ke dalam akun. Dengan demikian, Anda bisa memantau perkembangan saldo BPJS Ketenagakerjaan secara akurat.

Kesimpulan

Setelah membaca semua informasi penting di atas, kini Anda sudah memahami bagaimana cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan online. Alhasil, para tenaga kerja bisa melakukan amalgamasi secara praktis tanpa harus pergi ke perusahaan maupun kantor BPJS.

Sekian pembahasan www.biayasehat.com mengenai prosedur penggabungan saldo BPJS Ketenagakerjaan online melalui berbagai media. Apabila ingin mendapatkan informasi maupun topik menarik lainnya seputar BPJS Ketenagakerjaan, silakan cek update terbaru dari Kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *