Cara Membatalkan Klaim BPJS Ketenagakerjaan, Pasti Berhasil!

Diposting pada
5/5 - (7 votes)

Cara Membatalkan Klaim BPJS Ketenagakerjaan – Seperti yang sudah diterangkan di artikel-artikel sebelumnya, bahwasanya BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat manfaat bagi para pekerja. Antara lain jaminan hari tua, kecelakaan kerja, kematian, hingga pensiun.

Semua manfaat di atas nantinya bisa diklaim atau diajukan saat waktunya. Misalnya ketika sudah memasuki masa pensiun, para pekerja bisa klaim BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah. Cukup mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh pengelola.

Ketika sudah lakukan klaim, maka secara otomatis masuk ke rekening peserta. Namun, sebenarnya dari pihak pengelola juga memberikan kesempatan peserta bisa membatalkan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Siapa tahu ada keperluan lainnya.

Meski sudah diberi kesempatan, masih banyak dari peserta tidak mengetahui cara membatalkan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Agar semua tahu, di kesempatan kali ini kami akan berikan penjelasan dan tutorial secara lengkap. Silakan simak hingga selesai.

Cara Membatalkan Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Membatalkan Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Perlu diketahui lebih dulu, bahwasanya klaim BPJS Ketenagakerjaan merupakan pengajuan pencairan iuran selama menjadi peserta. Untuk waktu klaim sendiri bisa dilakukan kapan saja.

Meski bisa diklaim kapan saja, namun peserta BPJS Ketenagakerjaan harus menunggu prosesnya. Pasalnya hingga sekarang ini banyak sekali dari peserta yang lakukan klaim dan itu membuat pihak pengelola harus mengatur waktunya hingga selesai.

Berdasarkan informasi yang ada, cara klaim bisa dilakukan secara online dan offline. Begitu pun dengan cara membatalkan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Berikut cara mudah dan cepatnya:

Lewat Call Center

Lewat Call Center 1

Cara pertama, kamu bisa lakukan melalui call center. Di mana langkah ini adalah pemanfaatan dari layanan BPJS Ketenagakerjaan. Layanan call center digunakan untuk peserta ketika mengalami kesulitan atau masalah pada sistem.

Apabila kamu khawatir pulsa di nomor terkuras, tenang saja karena dari BPJS Ketenagakerjaan memberi panggilan secara gratis. Akan tetapi, perlu diingat nomor yang kamu gunakan harus tetap aktif. Berikut cara membatalkan klaim BPJS Ketenagakerjaan lewat call center:

  • Gunakan perangkat HP.
  • Buka menu dial up.
  • Kemudian ketik nomor 175 dan klik call/panggil.
  • Ikuti semua proses yang ada di panggilan.

Lewat Email

Lewat Email

Cara kedua, kamu bisa gunakan email. Langkah ini bisa kamu ambil jika dengan call center belum membuahkan hasil. Untuk caranya sangatlah mudah, kamu cukup buka email, kemudian buat pesan pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan.

Apabila kamu bingung seperti apa pesan yang ditulis, silakan bisa gunakan pesan di bawah ini:

Lewat Facebook/Meta

Lewat Facebook

Cara ketiga, kamu bisa lakukan cara dengan aplikasi Facebook dari BPJS Ketenagakerjaan. Untuk caranya pun sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan email.

Jadi, kamu cukup kirimkan pesan ke admin Facebook BPJS Ketengakerjaan. Isi pesannya gunakan seperti di langkah kedua. Pastikan akun yang kamu gunakan juga aktif.

Lewat Kantor Cabang

Lewat Kantor Cabang

Jika ketiga cara di atas belum berhasil atau tidak dapatkan jawaban, silakan langsung gunakan cara terakhir. Caranya adalah datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Kesimpulan

Setelah membaca keseluruhan informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa semua cara untuk membatalkan klaim BPJS Ketenagakerjaan ada empat. Antara lain lewat call center, email, facebook, dan datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Semua cara tersebut tentu sangatlah mudah. Kemudian, dipastikan berhasil 100%. Hanya saja, waktu pengajuan pembatalan klaim bisa berhari-hari. Tapi tenang saja, berdasarkan pengalaman peserta BPJS Ketenagakerjaan yang batalkan klaim, mereka berhasil.

Kurang lebih itu penjelasan dari kami mengenai cara membatalkan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Semoga dengan adanya tutorial di artikel ini bisa membantu para peserta agar bisa dapatkan layanan secara mudah, cepat, dan berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *