5 Cara Melacak No KPJ Yang Disensor Termudah 2024

Diposting pada
5/5 - (7 votes)

Cara Melacak No KPJ Yang Disensor – Ketika akan mengurus sesuatu terkait layanan BPJS Ketenagakerjaan, biasanya peserta membutuhkan nomor KPJ. Salah satu kendala yang banyak dialami peserta yaitu adanya nomor KPJ yang disensor ketika cek di aplikasi JMO maupun di fasilitas lainnya.

Hal ini tentunya membuat bingung peserta yang sedang membutuhkan digit angka atau No KPJ tersebut. Namun sebenarnya bagaimana cara melacak No KPJ yang disensor? Apakah bisa dilakukan secara online atau harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat?

Ada beberapa informasi penting wajib kalian ketahui terkait No KPJ disensor. Cara melacak No KPJ yang disensor bisa kalian lakukan sendiri secara online maupun dengan meminta bantuan petugas CS BPJS Ketenagakerjaan.

Nah agar memudahkan kalian dalam melacak No KPJ yang disensor, pada artikel kali ini sudah menyajikan tutorialnya secara mudah dan lengkap. Namun sebelum masuk ke tutorial tersebut, silahkan simak terlebih dahulu pengertian No KPJ dan kenapa disensor berikut ini.

Apa Itu Nomor KPJ?

Nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) adalah nomor identitas bagi setiap peserta yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Dimana No KPJ ini terdiri dari 11 digit angka untuk setiap peserta berbeda satu sama lainnya.

Fungsi No KPJ ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan terkait manfaat layanan BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari identifikasi peserta, pengajuan klaim, memeriksa saldo hingga akses ke beberapa layanan BPJSTKU.

Karena nomor KPJ penting, maka pihak BPJS Ketenagakerjaan akan menyensor sebagian digit angka atau nomor KPJ tersebut. Hal ini membuat peserta kesulitan untuk mendapatkan No KPJ yang disensor saat melakukan pengkinian data.

Untuk mengetahui apa saja penyebab nomor Kartu Peserta Jamsostek disensor, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Nomor KPJ Disensor

Ada beberapa faktor yang membuat pihak BPJS Ketenagakerjaan menyensor nomor Kartu Peserta Jamsostek. Mulai dari keamanan hingga kepentingan lainnya terkait No KPJ tersebut. Berikut adalah alasan atau penyebab No KPJ disensor:

  • Privasi dan Keamanan Data
    Penyebab nomor KPJ disensor pertama yaitu untuk urusan keamanan data. Sehingga digit No KPJ tersebut menjadi lebih aman ketika disensor dan ketika ingin melihat No KPJ lewat aplikasi atau situs resmi wajib melakukan verifikasi terlebih dahulu. Salah satunya yaitu dengan memasukkan kata sandi atau beberapa verifikasi keamanan lainnya.
  • Pencegahan Tindak Penipuan
    Penyebab No KPJ disensor kedua yakni untuk pencegahan tindak penipuan. Adanya nomor KPJ yang ditutupi maupun di blur oleh oleh BPJS Ketenagakerjaan bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan. Sehingga bagi siapapun yang akan melihat No KPJ, maka wajib melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk melihat semua digit angka.

Baca Juga: Cara Membatalkan Klaim BPJS Ketenagakerjaan, Pasti Berhasil!

Syarat Lacak Nomor KPJ yang Disensor

Ada beberapa persyaratan wajib diketahui ketika akan melacak nomor KPJ yang disensor. Misalnya mengenai akun dan aplikasi JMO, alamat Email serta beberapa syarat lainnya. Syarat melacak No KPJ yang disensor diantaranya sebagai berikut:

  • Pastikan kalian sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Pastikan kalian sudah memiliki akun JMO.
  • Pastikan kalian sudah download dan install aplikasi JMO.
  • Pastikan kalian mengetahui alamat email, data akun dan lainnya yang terdaftar dengan No KPJ.
  • Persyaratan lain menyesuaikan metode lacak No KPJ yang digunakan.

Nah setelah mengetahui beberapa penyebab dan syarat di atas, sekarang bagaimana cara melihat No KPJ yang disensor? Apakah harus lacak No KPJ yang disensor lewat aplikasi JMO atau bisa tanpa aplikasi? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Baca Juga: Cara Reset Akun JMO Lupa Email dan Nomor HP

Cara Melacak No KPJ Yang Disensor

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk melacak nomor KPJ yang disensor yaitu menggunakan aplikasi JMO di HP Android maupun iPhone (iOS). Yaitu dengan masuk ke halaman Profil akun Peserta. Berikut adalah cara melacak nomor KPJ yang disensor lewat aplikasi JMO di HP Android maupun iOS:

1. Buka Aplikasi JMO

Buka Aplikasi JMO

Langkah pertama, silahkan jalankan aplikasi JMO di Smartphone Android maupun iPhone. Pastikan kalian sudah download dan install aplikasi JMO versi terbaru. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan website resmi BPJS Ketenagakerjaan lewat browser di HP maupun komputer.

2. Lakukan Login Akun

Langkah kedua silahkan lakukan login ke akun akun JMO yang sudah terdaftar. Pastikan kalian sudah mengetahui data login akun JMO yang akan dilacak No KPJ nya.

3. Masuk Menu Profil Akun

Masuk Menu Profil Akun

Selanjutnya, silahkan masuk ke menu profil akun JMO. Yaitu dengan ketuk ikon atau menu Profil di bagian kanan bawah pada aplikasi JMO.

4. Cari dan Pilih Kartu Kepersetaan

Cari dan Pilih Kartu Kepersetaan

Kemudian setelah berada di tampilan kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, silahkan cari dan pilih kartu KPJ yang akan dilihat digit nomornya. Apabila kalian memiliki lebih dari satu kartu, silahkan pilih sesuai digit nomor belakang KPJ yang disensor.

5. Selesai Melacak No KPJ yang Disensor

Selesai Melacak No KPJ yang Disensor

Nah setelah memilih kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut, nantinya kalian akan diarahkan ke halaman rincian atau detail KPJ tersebut. Dengan begitu nantinya kalian bisa melihat No KPJ yang disensor tadi.

Baca Juga: Cara Menambah KPJ di Aplikasi BPJSTKU

Alternatif Lacak No KPJ yang Disensor Tanpa Aplikasi

Selain lewat aplikasi JMO, kalian juga bisa melacak No KPJ yang disensor tanpa aplikasi. Salah satunya yaitu dengan mengirimkan pesan Email ke pihak BPJS Ketenagakerjaan. Untuk bisa melacak nomor KPJ yang disensor tanpa aplikasi, kalian perlu menyiapkan beberapa persyaratan data berikut ini:

  • Nama lengkap.
  • Tempat tanggal lahir.
  • Nama ibu kandung.
  • Nomor KTP (NIK).
  • Nomor HP terdaftar.
  • Masa kerja yang terdaftar di kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Data KPJ Tidak Ditemukan

Nah setelah menyiapkan beberapa informasi data diri di atas, berikut adalah cara melacak No KPJ yang disensor tanpa aplikasi:

  1. Langkah pertama, silahkan jalankan aplikasi Gmail lewat Smartphone maupun komputer.
  2. Langkah kedua, silahkan buat alamat email baru dengan Subject: Permintaan Nomor KPJ yang Disensor.
  3. Selanjutnya silahkan isi pesan email secara jelas dan lengkap, yaitu dengan menyertakan semua informasi data diri yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  4. Setelah itu, silahkan kirimkan pesan email tersebut ke alamat [email protected].
  5. Kemudian, pastikan juga bahwa kalian mengirim email Permintaan No KPJ yang disensor pada jam kerja atau hari operasional kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Sehingga dengan mengirim pesan email Permintaan No KPJ yang disensor, nantinya kalian tidak perlu menunggu balasan terlalu lama. Karena kemungkinan besar Permintaan lacak No KPJ yang disensor akan langsung di respon atau dibalas oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, kalian juga bisa melacak No KPJ sendiri lewat akun sosial media resmi BPJS Ketenagakerjaan. Yaitu dengan mengirim pesan atau DM ke akun Sosmed BPJS Ketenagakerjaan seperti Twitter, Facebook maupun Instagram. Menggunakan cara ini, kalian juga wajib menyertakan data diri lengkap yang terdaftar di akun JMO.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara melacak No KPJ yang disensor dapat dilakukan lewat aplikasi JMO maupun tanpa aplikasi sekalipun. Untuk lacak No KPJ yang disensor lewat aplikasi JMO, kalian bisa masuk ke halaman profil akun, lalu pilih Kartu Kepesertaan yang akan dilacak No KPJ nya.

Sedangkan bagi kalian ingin melacak nomor KPJ yang disensor tanpa aplikasi, maka bisa lakukan dengan mengirim pesan Email ke BPJS Ketenagakerjaan. Namun kalian wajib memasukkan beberapa informasi data diri yang terdaftar di No KPJ tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *