Biaya Tes DNA di Prodia Terbaru 2024

Diposting pada
5/5 - (10 votes)

Biaya Tes DNA di Prodia – Tes DNA mengacu ke serangkaian pengecekan atau pengambilan sampel gen, kromosom maupun protein dalam tubuh. Proses pemeriksaannya pun dikenal sebagai tes genetika, di mana hal tersebut dilaksanakan guna mengetahui kelainan atau perubahan gen seseorang.

Contoh penerapannya sendiri seperti tes DNA di Prodia, banyak kalangan beranggapan jika untuk melaksanakannya membutuhkan biaya cukup mahal. Nyatanya, hal demikian tidak sepenuhnya salah. Sebab, pelaksanaannya dilakukan pada laboratorium secara klinis untuk menghasilkan data akurat meski tidak bersifat wajib sekalipun.

Selain itu, biaya tes DNA di Prodia masing-masing klinik cabang juga memiliki perbedaan untuk setiap pelayanannya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan anggaran sebelum melakukan pengecekan kromosom, gen ataupun protein di wilayah domisili.

Jika Anda sedang berencana dan memerlukan pengujian lewat metode tersebut, ada baiknya agar mengetahui besaran biaya tes DNA di Prodia terlebih dahulu. Silakan simak ulasan Biayasehat.com berikut ini untuk informasi detailnya.

Tujuan Tes DNA

Tujuan Tes DNA

Sejatinya, banyak orang melakukan tes DNA agar mengetahui bahwa seseorang merupakan anggota keluarganya atau bukan. Hal demikian tidak sepenuhnya salah, namun sejatinya pengecekan gen, kromosom, maupun protein ini sendiri memiliki tujuan ataupun manfaat lain bagi yang melakukannya.

Di mana, prosedur tes DNA setiap klinik seperti Prodia atau rumah sakit konvensional pada umumnya bertujuan menghasilkan gen untuk beberapa hal berikut:

  • Carries Testing
  • Memperbaiki gaya hidup
  • Uji forensik
  • Identifikasi penyakit bawaan sejak lahir
  • Tes pra-implantasi pada proses bayi tabung
  • Memantau situasi kondiri kesehatan bayi baru lahir
  • Mengetahui kelainan genetika pada seseorang yang melakukan tes DNA
  • Mengetahui hubungan kekerabatan

Dari beberapa tujuan di atas, setiap orang bisa melaksanakan tes DNA untuk memberikan bukti seperti klaim anak kandung, kelainan genetika, serta melakukan uji forensik untuk keperluan suatu kasus.

Baca Juga: Biaya Terapi Hiperbarik Terbaru

Penyakit yang Bisa Di deteksi tes DNA

Penyakit yang Bisa Di deteksi tes DNA

Dengan pemahaman mengenai manfaat atau tujuan DNA, setiap orang juga bisa menentukan tes tersebut diperlukan atau tidaknya berdasarkan kebutuhan. Nyatanya, beberapa penyakit bisa di deteksi melalui tes Deoxyribonucleic acid di antaranya:

  • Kanker Payudara: Prosedus tes DNA memungkinkan seseorang mengidentifikasi risiko pengembangan kanker seperti wanita yang memiliki gen BRCA1 berisiko 55 hingga 65% mengalami kaker payudara.
  • Talasemia: Penyakit ini merupakan kelainan darah yang diwariskan keluarga, di mana tubuh akan menghasilkan hemoglobin secara tidak normal dan bisa menyebabkan anemia.
  • Defisiensi Alfa 1- Antitripsin: A1AT yakni protein dari hati serta berperan melindungi paru-paru. Pada kondisi tersebut, penderita yang memiliki kekurangan A1AT berpotensi mengalami kerusakan hati atau paru-paru secara perlahan.
  • Crohn: Crohn ialah kondisi radang dalam saluran pencernaan penyebab nyeri perut, diare, penurunan berat hingga komplikasi layaknya anemia ataupun artritis.
  • Intoleransi Laktosa: Hal demikian merupakan kondisi sel darah merah mempunyai bentuk tidak normal menyerupai sabit sehingga mengakibatkan kesulitan membawa oksigen ke seluruh tubuh.
  • Down Sindrom: Dikenal sebagai trisomi 21, hal tersebut merupakan kondisi genetik penyebab keterbatasan belajar di tingkat tertentu serta mempunyai ciri fisik khas.

Tes DNA bisa membantu mendeteksi ataupun mengidentifikasi risiko beberapa penyakit di atas. Dengan begitu, setiap orang bisa mengambil tindakan pencegahan, perawatan serta manajemen kesehatan yang tepat.

Maka dari itu, penting bagi Anda agar berkonsultasi bersama dokter maupun konselor genetik supaya mengetahui rincian biaya tes DNA maupun implikasinya untuk kesehatan seseorang.

Indikasi Tes DNA

Indikasi Tes DNA

Penting untuk diingat, tidak semua individu membutuhkan tes DNA, sebab tesnya melibatkan analisis mutasi genetik seseorang. Di mana, hasilnya akan berpengaruh terhadap anggota keluarga yang memiliki komposisi genetik sejenis.

Jika keluarga rentan terhadap penyakit, sebaiknya pertimbangkan ketika hendak menjalankan tes DNA. Selain penting sebagai metode untuk mengetahui penyakit, hal ini pun membantu mereka dalam merubah pola hidup agar sesuai.

Orang-orang yang memiliki risiko penyakit bawaan termasuk kelompok etnis terhadap suatu gejala pun bisa melakukan tes DNA. Bahkan, dokter akan merekomendasikan tes ke pasien apabila menghadapi kesulitan dalam diagnosis suatu gangguan kesehatan.

Selain itu, wanita hamil pun memiliki risiko penyakit dan sangat disarankan menjalani tes DNA untuk mengetahui suatu penyakit penghalang tumbuh kembang janin. Akan tetapi, perlu diingat jika penerapan metode ini tak selamanya memberikan hasil jelas sehingga membutuhkan tes-tes lanjutan.

Prosedur Tes DNA di Prodia

Prosedur Tes DNA di Prodia

Sebelum aspek biaya, terdapat hal penting untuk Anda persiapkan ketika hendak menjalani tes DNA di Prodia. Di mana, pelaksanaannya akan melibatkan sejumlah tahapan layaknya pemeriksaan di Puskesmas.

Pada umumnya, prosedur tes DNA di Prodia membutuhkan sampel biologis pasien. Di mana hal tersebut meliputi air ketuban, darah, jaringan bagian atau organ tertentu, kulit, rambut, cairan tubuh, sampel saliva dan lain sebagainya. Berikut adalah prosedurnya:

  • Mengumpulkan Sampel: Sampel biologis nantinya akan diambil dari pasien lewat pelaksanaan tes. Contohnya, darah diambil lewat tusukan jarum ataupun saliva diambil lewat metode mengunyah kapas.
  • Ekstraksi Sel: Pada tahapan ekstraksi, sel di dalam sampel akan di ekstrak agar memperoleh DNA terkandung di dalamnya. Hal ini bertujuan guna memisahkannya dari komponen seluler lain.
  • Memisahkan DNA: Setelah ekstraksi, nantinya DNA akan dipisahkan dari beberapa komponen lain dalam sampel. Metodenya pun cukup bervariasi menyesuaikan jenis sampel ataupun tes DNA yang dilaksanakan.
  • Menyalin DNA: Sesudah DNA dipisahkan, selanjutnya ialah prosedur replikasi atau penyalinan guna menghasilkan jumlah cukup agar mempermudah proses pengujian lanjutan.
  • Menguji DNA: Pada tahapan selanjutnya, DNA akan diuji lewat teknik tertentu seperti PCR atau sekuensing DNA. Tes ini bertujuan agar bisa mendeteksi mutasi, polimorfisme atau perubahan genetik lain.
  • Perbandingan DNA: Prosedur akhir yakni hasil tes nantinya akan dibandingkan bersama sampel referensi maupun basis data genetik guna identifikasi kecocokan atau perbedaan profil DNA.

Pada setiap tahap prosedur tes DNA di Prodia, dokter akan melakukannya dengan sangat berhati-hati supaya memberikan hasil akurat. Penting bagi Anda mengikuti petunjuk klinik laboratorium setempat maupun tenaga medis terkait agar tes bisa berjalan lancar setelah mengurus biaya administrasi.

Biaya Tes DNA di Prodia

Biaya Tes DNA di Klinik Laboratorium Prodia

Setelah pemahaman mengenai tujuan, indikasi serta prosedur tes DNA di atas, penting bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan biaya. Sebab, masing-masing klinik laboratorium Prodia memiliki ketentuan tersendiri terkait masing-masing biaya pelayanan.

Akan tetapi, pada era sekarang Anda bisa persiapkan anggaran senilai Rp 7.000.000 hingga Rp 9.000.000 untuk biaya tes DNA di Prodia. Namun perlu diingat, tidak semua cabang klinik laboratorium Prodia memberikan pelayanan DNA kepada pasien karena tenaga medis kompeten dan modern tidak tersedia pada semua cabangnya.

Sejatinya keperluan tes DNA di Prodia tidak akan mendapatkan bantuan pembiayaan dari BPJS Kesehatan. Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk mempersiapkan anggaran berlebih agar tidak terhambat masalah administrasi.

Selain itu, adanya informasi anggaran di atas tentu sudah cukup menjawab pertanyaan masyarakat terkait biaya tes DNA ayah dan anak ataupun untuk ibu serta anaknya. Sangat disarankan bagi Anda agar menghubungi secara langsung pihak klinik Prodia setempat untuk informasi detailnya.

Kesimpulan

Meskipun memiliki tujuan dan manfaat baik, akan tetapi perlu diingat jika melakukan tes DNA memungkinkan Anda mendapati sanak saudara yang menjalaninya memiliki suatu penyakit mematikan sehingga mengganggu psikologis. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mempertimbangkan lebih lanjut saat hendak melaksanakannya.

Sekian penjelasan Biayasehat.com mengenai biaya tes DNA di Prodia lengkap dengan rangkuman tujuan, indikasi serta prosedur pelaksanaannya. Semoga bisa menjadi acuan bagi Anda maupun keluarga ketika akan memeriksakan kondisi gen, kromosom maupun protein dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *