Biaya Rontgen Thorax di Prodia 2024

5/5 - (2 votes)

Biaya Rontgen Thorax di Prodia – Rontgen ialah tindakan medis yang dilakukan dengan gelombang elektromagnetik guna mengambil gambar bagian tubuh manusia. Contohnya seperti rontgen dada atau lebih dikenal dengan thorax dalam dunia medis.

Pemeriksaan ini umumnya dilakukan ketika seseorang memiliki keluhan di bagian dada. Beruntungnya, klinik laboratorium Prodia kini menawarkan layanan rontgen thorax dengan biaya cukup terjangkau. Dengan begitu, permasalahan mengenai kelainan, saluran pernapasan, tulang belakang, jantung maupun pembuluh darah dapat diidentifikasi.

Meski banyak rumah sakit di Indonesia menyediakan pelayanan tersebut, namun biaya rontgen thorax di Prodia cenderung lebih terjangkau. Sehingga masyarakat yang mengalami keluhan pada bagian dada, sangat disarankan melakukannya guna mengidentifikasi penyakit untuk tindakan medis lebih lanjut.

Ketika Anda sedang membutuhkan pelayanan klinik rontgen dada terdekat seperti Prodia yang memiliki banyak cabang, penting untuk mengetahui kebutuhan anggaran sebelum memutuskan datang secara langsung. Untuk informasi detailnya, berikut adalah biaya rontgen thorax di Prodia.

Tujuan Rontgen Thorax

Tujuan Rontgen Thorax

Mengingat rontgen thorax adalah pemeriksaan lewat radiasi gelombang elektromagnetik guna melihat gambaran dada, kebanyakan individu beranggapan jika alasan mereka melakukannya untuk keperluan identifikasi jantung, paru-paru, pembuluh darah, saluran pernapasan maupun nodus limfa.

Selain itu, rontgen thorax pun bisa dilakukan guna menunjukkan tulang belakang, dada, rusuk hingga selangka. Maka, bisa dikatakan jika prosedur rontgen ialah tes pencitraan umum guna menemukan masalah di bagian yang diterapkan melalui radiasi gelombang elektromagnetik.

Di mana, rangkaian rontgen thorax pun mempunyai tujuan seperti pendeteksi masalah dada dan beberapa poin berikut:

  • Melihat ukuran atau bentuk jantung
  • Mendiagnosa masalah paru-paru
  • Mendeteksi kondisi jantung di mana berhubungan dengan paru-paru
  • Meninjau kondisi pembuluh darah
  • Mendeteksi kalsium di dalam jantung atau pembuluh darah
  • Melihat gambaran letak patah tulang
  • Meninjau status defribator, alat pacu jantung ataupun kateter.

Baca Juga: Biaya Tes DNA di Prodia Terbaru

Alasan Rontgen Thorax

Alasan Rontgen Thorax

Mengingat pemeriksaan thorax sejatinya disarankan oleh dokter secara langsung kepada pasien baik penderita masalah paru-paru atau jantung, umumnya ada beberapa masalah kesehatan lain yang menjadi alasan seseorang harus melakukan rontgen thorax di antaranya:

  • Demam
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Nyeri di bagian dada karena cedera ataupun masalah jantung
  • Batuk membandel
  • Batuk berdahak

Selain beberapa poin keluhan di atas, gejala gangguan di saluran pernapasan juga bisa mengambil keputusan guna menerapkan rontgen thorax. Sederhananya, semua permasalahan yang terletak di bagian dada atau saluran pernapasan bisa menerapkan pemeriksaan tersebut.

Prosedur Rontgen Thorax di Prodia

Prosedur Rontgen Thorax di Prodia

Selain mempersiapkan biaya, persiapan mental sebelum pelaksanaan prosedur rontgen thorax di Prodia juga cukup penting untuk dipersiapkan. Sebab, pelaksanaannya sendiri mencakup beberapa langkah. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai prosedurnya:

1. Tahap Awal

Pada tahap awal, sebelum pelaksanaan rontgen thorax di Prodia umumnya pasien dianjurkan guna menanggalkan segala bentuk perhiasan, aksesoris gigi, kacamata, benda logam hingga pakaiannya untuk diganti pakaian khusus.

2. Proses Rontgen Thorax

Setelah tahap awal, nantinya pasien akan diminta berdiri menghadap plat rontgen guna pengambilan gambar. Apabila diperlukan, seseorang bisa duduk maupun berbaring dan akan dibantu perawat ke posisi semestinya.

Selama prosedur rontgen thorax berlangsung, pasien harus rileks, berdiam diri atau tidak bergerak supaya hasil gambar tidak blur.

3. Tahap Akhir

Sesudah prosedur rontgen Thorax di Prodia dilakukan, nantinya hasil akan dikeluarkan selama 1 x 24 jam. Apabila terjadi masalah serius yang teridentifikasi, dokter akan memberitahukan langkah maupun tindakan medis lanjutan kepada pasiennya.

Biaya Rontgen Thorax di Prodia

Biaya Rontgen Thorax di Klinik Prodia

Apabila membandingkan biaya terapi hiperbarik, nominal anggaran untuk rontgen di Prodia terbilang lebih terjangkau. Sebab, terapi HBOT memungkinkan pasien menyembuhkan luka luar maupun dalam lewat metode menghirup oksigen murni dalam ruangan bertekanan tinggi. Berbeda dengan rontgen thorax di mana berfokus pada dada saja.

Perlu diingat, besaran biaya rontgen thorax di Prodia pada semua cabangnya berada di kisaran Rp 278.000 hingga Rp 400.000 untuk satu kali pengambilan gambar. Sementara pelaksanaan serupa di rumah sakit memakan biaya Rp 80.000 hingga Rp 300.000.

Namun, besaran biaya rontgen thorax di Prodia tersebut sudah termasuk dengan registrasi pasien serta pemeriksaan lanjutan. Di mana, hal tersebut bisa saja berbeda dengan pihak rumah sakit. Bahkan, dengan biaya rontgen di Prodia tersebut, dokter setempat juga akan menjelaskan pemeriksaan yang harus dilakukan pasien.

Efek Samping Rontgen Thorax

Efek Samping Rontgen Thorax

Pada umumnya penerapan rontgen di klinik laboratorium Prodia tidak menyebabkan adanya efek samping. Hal demikian diterapkan bukan tanpa alasan, sebab radiasi gelombang elektromagnetik pada plat rontgen terbilang kecil sehingga aman dilaksanakan pemeriksaan.

Namun, apabila sebelum melaksanakan rontgen thorax pasien diharuskan menggunakan zat kontras, umumnya langkah ini menyebabkan sejumlah efek samping seperti nyeri, bengkak maupun kemerahan pada bagian tubuh yang di suntik.

Akan tetapi, tidak semua cabang Prodia maupun rumah sakit menerapkan metode tersebut. Sehingga, bentuk risiko atau efek samping di atas hanya muncul ketika pasien diberikan suntikan zat kontras saja.

Kesimpulan

Mengingat klinik laboratorium Prodia memiliki banyak cabang serta tersebar luas di banyak daerah tanah air, tentu setiap unit kesehatan mempunyai ketentuan terkait biaya rontgen thorax masing-masing. Namun, dengan adanya informasi di atas, Anda bisa jadikan besaran tersebut sebagai acuan ketika hendak melakukan pemeriksaan medis khususnya bagian dada.

Sekian informasi mengenai biaya rontgen thorax di Prodia dari Biayasehat.com, semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda jika membutuhkan pemeriksaan kesehatan di bagian dada ataupun saluran pernapasan.

Tinggalkan komentar