Biaya Operasi Tahi Lalat di Semua Faskes 2024

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Biaya Operasi Tahi Lalat – Ketika Memiliki Tahi Lalat di wajah, di bola mata, di hidung atau di bagian wajah lainnya bisa mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, beberapa orang memilih jalur operasi untuk menghilangkan Tahi Lalat.

Untuk menjalani operasi Tahi Lalat, kamu bisa memilih Rumah Sakit di Jogja, Surabaya, Jakarta maupun Kota lainnya. Akan tetapi untuk operasi Tahi Lalat di Rumah Sakit, mungkin biaya yang dikeluarkan lumayan mahal.

Jika ingin biaya lebih murah, kamu bisa memilih Klinik Kecantikan untuk menghilangkan Tahi Lalat. Di beberapa Klinik Kecantikan, seperti Erha Clinic, Natasha dan ZAP kini sudah tersedia Dokter Spesialis yang siap menangani proses pengangkatan Tahi Lalat di wajah maupun di anggota badan lainnya.

Kemudian beberapa orang juga bertanya, apakah biaya operasi Tahi Lalat bisa pakai BPJS? Bagai prosedur menjalani operasi Tahi Lalat? Apa metode yang digunakan untuk menghilangkan Tahi Lalat? Semua pertanyaan tersebut bisa kamu temukan jawabannya di bawah ini.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Laser Tahi Lalat

Dalam Dunia Medis, ada banyak sekali jenis operasi, salah satunya adalah Operasi Estetika. Bagi yang belum tahu, Operasi Estetika merupakan tindakan operasi bedah yang bertujuan mempercantik wajah atau bagian tubuh lainnya.

Operasi Tahi Lalat merupakan salah satu contoh jenis Operasi Estetika. Seperti kami sebutkan di atas bahwa Tahi Lalat yang terletak di wajah kerap mengganggu penampilan hingga mengurangi rasa percaya, khususnya bagi para Wanita.

Belum lagi jika ukuran Tahi Lalat besar, hal itu jelas semakin mengganggu penampilan seseorang. Bagi kamu yang mungkin memiliki Tahi Lalat di bola mata, di hidung, di dahi atau di bagian wajah lainnya, kami sarankan untuk menjalani operasi pengangkatan Tahi Lalat tersebut.

Dengan cara operasi memang mampu menghilangkan Tahi Lalat di wajah tanpa sisa, akan tetapi beberapa orang enggan melakukannya karena takut biaya nya mahal. Memang berapa sih biaya operasi Tahi Lalat?

Biaya menghilangkan Tahi Lalat mati sifatnya relatif, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi biaya operasi tersebut, antara lain:

1. Lokasi / Titik

Pertama, biaya operasi bisa dipengaruhi dari lokasi atau titik dimana Tahi Lalat itu berada. Jika berada di area yang mudah di jangkau, maka biaya nya akan lebih murah dibandingkan biaya menghilangkan Tahi Lalat di area tersembunyi.

2. Ukuran

Kedua, ukuran Tahi Lalat juga mempengaruhi tarif atau harga operasi. Jika Tahi Lalat yang akan di operasi berukuran kecil, maka biaya yang dikeluarkan mungkin tidak se-mahal biaya menghilangkan Tahi Lalat berukuran besar.

3. Faskes

Ketiga, Faskes atau tempat operasi Tahi Lalat dilakukan juga menjadi salah satu penentu biaya yang harus dikeluarkan. Jika kamu memilih tempat operasi Tahi Lalat terdekat, seperti di Rumah Sakit, Klinik atau lainnya yang tidak memerlukan budget untuk transport.

Tapi untuk orang-orang yang mencari hasil terbaik, mungkin mereka bisa terbang ke Kota atau bahkan ke Negara lain untuk menjalani operasi. Dengan begitu, biaya yang dibutuhkan jelas lebih mahal.

4. Metode

Terakhir, biaya operasi juga bakal menyesuaikan dengan metode yang dipilih. Ada beberapa metode untuk operasi Tahi Lalat, diantaranya:

  • Shave Removal

Metode ini merupakan yang paling praktis, karena tidak perlu jahitan atau apapun. Pada metode Shave Removal atau Bedah Pencukuran, Dokter hanya perlu menyayat kulit di area Tahi Lalat, kemudian mengangkatnya.

Biaya Operasi dengan cara ini mungkin cukup terjangkau, bahkan relatif murah. Tapi perlu diperhatikan kalau metode Shave Romoval mungkin dapat menimbulkan bekas luka di area sayatan pasca operasi.

  • Bedah Eksisi

Kemudian ada juga metode bedah Eksisi, yaitu proses menghilangkan Tahi Lalat besar menggunakan pisau bedah. Setelah itu, bekas Tahi Lalat akan dijahit agar tidak menimbulkan bekas luka di kemudian hari.

  • Bedah Laser

Metode menghilangkan Tahi Lalat yang paling populer adalah bedah Laser. Meskipun harga Laser tahi lalat terbilang cukup mahal, cara ini tetap banyak dipilih karena bisa memberikan hasil maksimal pasca operasi.

Selain mengangkat Tahi Lalat sampai ke akar, metode ini juga mampu membersihkan semua pigmen pada kulit yang ditumbuhi Tahi Lalat. Dengan begitu, tidak akan ada risiko Tahi Lalat kembali muncul beberapa tahun setelah operasi.

Biaya Operasi Tahi Lalat

Biaya Operasi Tahi Lalat

Baiklah, sampai disini kamu sudah tahu apa saja faktor yang mempengaruhi biaya menghilangkan Tahi Lalat di wajah. Selanjutnya mari kita bahas estimasi atau perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk operasi Tahi Lalat di Rumah Sakit maupun di Klinik Kecantikan.

Dilansir dari beberapa sumber, biaya operasi Tahi Lalat di Indonesia saat ini dibanderol antara 1 juta hingga 14 jutaan. Daripada penasaran, silahkan simak estimasi biaya medis menghilangkan Tahi Lalat berikut ini:

Baca Juga: Biaya Operasi Kista Ovarium di Rumah Sakit 2024

1. Rumah Sakit

Jika kamu memilih melakukan operasi Tahi Lalat di Rumah Sakit, maka estimasi biaya yang dibutuhkan mungkin bisa mencapai puluhan juta rupiah. Berikut adalah daftar harga menghilangkan Tahi Lalat di beberapa Rumah Sakit di Indonesia:

FaskesBiaya
Rumah Sakit Al Islam BandungRp. 600.000 – Rp. 1.600.000
Rumah Sakit Sukapura Semper, JakartaRp. 1.500.000
Rumah Sakit Fatmawati Griya Husada, JakartaRp. 2.000.000
Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang SelatanRp. 4.700.000
Rumah Sakit Bina Estetika Menteng, JakartaRp. 6.000.000
RSCM Kencana, JakartaRp. 1.300.000
RSMH, PalembangRp. 2.000.000
RSUP Dr Sardjito, YogyakartaRp. 2.700.000
RS Sultan Agung, SemarangRp. 8.000.000 – Rp. 14.000.000

Diatas merupakan estimasi tarif menghilangkan Tahi Lalat di berbagai Rumah Sakit di Indonesia. Lalu, jika kamu sedang mencari tempat operasi Tahi Lalat terdekat di Jogja, kami merekomendasikan Rumah Sakit Dr. Sardjito. Biaya operasi di Rumah Sakit tersebut cukup murah dan sudah mendukung Dokter Spesialis Bedah Profesional.

2. Natasha

Selain di Rumah Sakit, kamu juga bisa menghilangkan Tahi Lalat di beberapa Klinik Kecantikan, salah satunya adalah Klinik Natasha. Klinik ini sudah tersedia di banyak Kota di Indonesia, seperti Surabaya, Jakarta, Jogja, Bandung, Purwokerto dan lain sebagainya.

Biaya operasi Tahi Lalat di Natasha sendiri dibanderol Rp. 1.570.000. Tapi ketentuan harga tersebut bisa berubah, tergantung dari prosedur penanganan, tingkat kesulitan dan beberapa faktor lainnya. Silahkan kunjungi Klinik Natasha terdekat untuk konsultasi perihal harga sekaligus persiapan sebelum operasi.

3. Ercha Clinic

Klinik Kecantikan lainnya yang juga menerima tindakan menghilangkan Tahi Lalat adalah Erha Clinic. Tidak sedikit orang bertanya tentang biaya operasi Tahi Lalat di Erha Clinic, berikut telah kami dapatkan informasinya dari beberapa sumber terpercaya.

Di Erha Clinic Semarang, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp. 1.100.000 untuk memperoleh serangkaian treatment menghilangkan Tahi Lalat di wajah. Sama seperti Natasha, biaya menghilangkan Tahi Lalat di Erha Clinic yang kami sebutkan di atas adalah estimasi, tidak menutup kemungkinan pihak Erha Clinic telah menaikkan harga Laser Tahi Lalat.

4. ZAP

ZAP Premiere merupakan salah satu Klinik Kecantikan terbaik dalam memberikan layanan menghilangkan Tahi Lalat di hidung, di mata atau di bagian wajah lainnya. ZAP sendiri menawarkan beberapa prosedur dalam menghilangkan Tahi Lalat pasien.

Untuk menghilangkan Tahi Lalat tidak timbul bisa hanya dengan metode Electric Cauter by Dermatologist, dimana proses tersebut hanya membutuhkan biaya Rp. 750.000 – Rp. 2.000.000. Selain itu ada juga bisa konsultasi Dokter sebelum operasi, Rp. 175.000.

ZAP Premiere juga punya cara menghilangkan Tahi Lalat timbul menggunakan 3 treatment sekaligus dalam 1 tindakan, yaitu:

  • Bedah Eksisi (dengan menggunakan pisau bedah atau biopsi plong).
  • Electric Cauter by Dermatologist yang berfungsi untuk memotong jaringan atau daging yang timbul.
  • Laser Erbium : berfungsi untuk meratakan struktur kulit yang tidak merata. Harga Laser Tahi Lalat di ZAP dibanderol kisaran Rp. 1.500.000

Biaya Menghilangkan Tahi Lalat Pakai BPJS

Bagaimana, apakah biaya menghilangkan Tahi Lalat di Rumah Sakit maupun di Klinik Kecantikan terjangkau? Bagi yang tidak punya cukup budget untuk membayar biaya tersebut, mungkin berniat melakukan operasi Tahi Lalat pakai BPJS.

Sayang sekali, untuk saat ini BPJS Kesehatan tidak menanggung tindakan operasi menghilangkan Tahi Lalat. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan nantinya seluruh biaya operasi ini bakal ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Alhasil, biaya operasi yang dibutuhkan adalah Rp. 0 alias gratis.

Jika budget belum mencukupi, kami sarankan untuk menabung terlebih dahulu. Atau pilih Faskes tempat operasi Tahi Lalat terdekat yang memasang biaya murah. Tapi ingat, kamu tetap harus memperhatikan kredibilitas Dokter yang menangani proses tersebut, jangan tergiur harga murah tapi prosedur nya tidak jelas.

Baca Juga: Biaya Asuransi Kesehatan 2024, Per Bulan dan Per Jiwa

Tips Pasca Operasi

Anggaplah kamu sudah melakukan serangkaian treatment menghilangkan Tahi Lalat di salah satu Faskes di atas. Nah, selanjutnya kami punya beberapa tips pasca operasi yang pastinya bermanfaat, antara lain:

  • Hindari paparan sinar Matahari secara langsung
  • Rutin mengoleskan krim dari Dokter
  • Kurangi konsumsi makanan yang bisa menimbulkan Alergi kulit (opsional)
  • Jangan di garuk ketika area kulit terasa gatal

Kesimpulan

Demikianlah informasi dari Biayasehat.com tentang estimasi biaya operasi Tahi Lalat. Tindakan tersebut bisa dilakukan di Rumah Sakit maupun Klinik Kecantikan, setiap Faskes nantinya punya prosedur nya masing-masing dalam menghilangkan Tahi Lalat.

Selain tempat operasi, besaran biaya yang dibutuhkan juga bisa dipengaruhi oleh pemilihan metode, jumlah Tahi Lalat, ukuran Tahi Lalat dan lain sebagainya. Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan budget cukup jika ingin menghilangkan Tahi Lalat di wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *