Biaya Operasi Bedah Benjolan (Lipoma) 2024, Umum dan BPJS

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Biaya Operasi Bedah Benjolan – Beberapa orang tentu pernah alami masalah berupa benjolan pada bagian tubuh, benjolan tersebut banyak orang menyebutnya dengan lipoma. Benjolan ini kerap munculkan rasa sakit pada saat ditekan maupun dipegang.

Dari beberapa pengalaman yang terjadi pada seseorang yang alami benjolan ini, solusi atau penanganannya adalah dengan cara menjalani serangkaian operasi. Biasanya setelah dokter melakukan diagnosis, nantinya dokter akan mengambil tindakan operasi.

Pastinya banyak dari Anda yang penasaran mengenai besaran biaya operasi bedah benjolan atau lippma, tidak terkecuali bagi para seseorang yang memang mengalaminya. Lantas berapa besaran biaya operasi bedah benjolan pada tubuh?.

Menarik untuk dibahas secara lengkapnya, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan secara lengkap biaya operasi bedah benjolan atau lipoma. Agar lebih jelas berapa besaran uang dibutuhkan untuk jalani operasi bedah benjolan simak pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Apa Itu Lipoma?

Apa Itu Lipoma

Sebelum ke pembahasan mengenai biaya operasi bedah benjolan tersebut, di sini kami akan jelaskan terlebih dahulu apa itu masalah atau penyakit bernama lipoma. Mungkin banyak juga pertanyaan muncul apa itu sebenarnya lipoma?.

Lipoma adalah sebuah benjolan yang akibat adanya lemak tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot pada tubuh, benjolan ini sering dialami oleh orang dewasa atau tua yang masuk usia 40 hingga 60 tahun.

Lipoma memang tidak terasa sakit saat dipegang atau ditekan dan cenderung lunak, namun jika ditekan secara keras akan muncul rasa sakit. Benjolan ini juta disebut sebagai tumor jinak jaringan lemak yang dapat tumbuh di bagian tubuh manapun.

Meskipun secara umum, lipoma tidak perlu dikhawatirkan karena tidak berbahaya bagi tubuh. Namun sebagian orang tetap saja merasa khawatir, apalagi jika tumbuh di bagian tubuh tertentu dan semakin hari semakin membesar.

Dari hal itulah muncul beberapa penanganan dan salah satunya adalah tindakan bedah benjolan atau lipoma yang akan dilakukan oleh dokter. Tujuan bedah benjolan adalah untuk hilangkan benjolan di bawah kulit dan banyak orang melakukan untuk tujuan kosmetik dan agar tidak mengganggu.

Baca Juga : Biaya Operasi Asbses Hati di Rumah Sakit Terbaru

Penyebab Benjolan Lipoma

Munculnya benjolan atau lipoma pada bagian tubuh terjadi karena beberapa faktor, namun secara medis apa itu penyakit lipoma terjadi karena beberapa hal. Di antara lain faktor penyebab dari lipoma yakni seperti misalnya:

  • Faktor usia. Di mana benjolan akan lebih sering muncul dan menyerang seseorang dengan usia kisaran 40-60 tahun, namun bisa saja lipoma menyerang siapa saja.
  • Faktor Genetik. Kedua ada faktor genetik atau turunan, jika seseorang alami masalah lipoma bisa saja dikarenakan faktor turunan dari orang tua atau saudara yang juga mengalaminya.
  • Riwayat Penyakit. Benjolan juga muncul akibat adanya riwayat penyakit tertentu seperti sindrom cowden, gardner, atau adiposis dolorosa, maka Anda bisa terkena lipoma.

Gejala Benjolan Lipoma

Selain penyebab, hal lain perlu diketahui sebelum ke pembahasan utama mengenai biaya operasi bedah benjolan yakni gejala yang muncul. Memang penyebab munculnya lipoma dalam dunia medis masih belum diketahui secara pasti, namun secara umum sudah disebutkan di atas.

Dari beberapa gejala berikut ini dapat dijadikan indikator untuk mengetahui apakah itu benjolan lipoma atau bukan:

  • Tidak muncul rasa nyeri pada saat benjolan ditekan.
  • Tekstur lembek / lunak dan dapat pindah dengan mudah saat ditekan.
  • Tidak memiliki warna.
  • Secara umum sudah tumbuh lama.
  • Biasanya miliki ukuran capai 5 cm dan bisa membesar seiring berjalannya waktu.
  • Lipoma akan muncul di beberapa bagian tubuh misalnya leher, dahi, punggung, perut, dan bahu.

Biaya Operasi Bedah Benjolan

Ya, masalah benjolan pada tubuh atau sering disebut dengan lipoma memang bisa ditangani dengan beberapa metode penyembuhan. Namun operasi bedah benjolan ini menjadi salah satu cara yang biasa dilakukan oleh para dokter.

Mengenai biaya sebenarnya tindakan operasi bedah benjolan lipoma tergantung dari beberapa faktor mulai dari tempat dilakukannya operasi, besar kecilnya benjolan, dan letak di mana benjolan yang akan di operasi atau bedah tersebut muncul.

Operasi bedah benjolan dapat dilakukan di Rumah Sakit, Klinik maupun Puskesmas. Namun secara umum besaran biaya bedah benjolan atau lipoma di Rumah Sakit di Indonesia berkisar dari angka Rp 7 – Rp 20 jutaan untuk operasi bedah tanpa BPJS.

Namun untuk peserta BPJS Kesehatan yang alami benjolan lipoma bisa manfaatkan kepesertaan tersebut, nantinya tindakan bedah operasi benjolan tidak akan dikenai biaya alias gratis. Hal itu karena lipoma jadi salah satu penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan.

Namun penting dan harus diperhatikan jika biaya operasi lipoma pakai BPJS ada syarat dan ketentuan wajib dilengkapi. Di mana syarat tersebut yakni kepesertaan BPJS harus dalam keadaan aktif alias tidak ada tunggakan di bulan sebelumnya.

Baca Juga : Biaya Operasi Prostat BPJS dan Umum Terbaru 2024

Prosedur Bedah Operasi Benjolan Lipoma

Metode paling sering digunakan dalam penanganan lipoma adalah dengan bedah operasi pengangkatan benjolan. Biasanya lipoma tidak akan tumbuh kembali setelah diangkat, itulah alasan banyak dokter menyarankan untuk pembedahan.

Lantas bagaimana prosedur bedah operasi benjolan lipoma? Prosedur awal dimulai dengan pemeriksaan dokter untuk mendiagnosis benjolan, kemudian dokter menentukan tindakan operasi yang harus dilakukan dokter untuk bedah benjolan. Berikut adalah tindakan yang akan dilakukan dokter:

  • Dokter bedah akan membersihkan kulit di area lipoma dan sekitarnya dengan cairan antiseptik guna kurangi risiko infeksi pada saat pembedahan. 
  • Setelah itu dokter akan melakukan penyntukan obat bius lokal pada area sekitar benjolan lipoma.  
  • Pada saat area sudah kebas, dokter akan melakukan sayatan di puncak lipoma.
  • Nantinya ukuran lipoma, panjang sayatan akan menyesuaikan.
  • Mengenai benjolan lipoma berukuran kecil biasanya ukuran sayatan berkisar 3-4 mm.  
  • Setelah itu dokter akan keluarkan jaringan lipoma.
  • Terakhir dokter akan menjahit kembali luka sayatan. 

Efek Samping Operasi Bedah Benjolan

Sudah dijelaskan secara rinci mengenai besaran biaya operasi bedah benjolan atau lipoma di Rumah Sakit baik itu untuk pasien umum atau BPJS. Berikutnya kami akan jelaskan juga efek samping pasca operasi bedah benjolan yang akan dialami oleh pasien. Adapun beberapa efek samping operasi pengangkatan lipoma antara lain:

  • Terjadi pembengkakan di sekitar bekas operasi.
  • Muncul rasa sakit di sekitar area bekas operasi.
  • Kehilangan fungsi di beberapa jaringan tubuh.
  • Akan merasa demam dan tidak enak sekujur badan.
  • Risiko mengalami infeksi akibat luka sayatan yang dilakukan.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan mengenai biaya operasi bedah benjolan atau lipoma yang dapat biayasehat.com sampaikan. Di mana besaran biaya operasi bedah tersebut akan tergantung dari beberapa faktor mulai dari besar kecilnya benjolan dan tempat operasi dilakukan.

Namun secara umum biaya operasi bedah benjolan yang dilakukan di Rumah Sakit di Indonesia berkisar antara angka Rp 7 – Rp 20 jutaan. Namun tenang, dirasa biaya tersebut terlalu besar maka operasi bedah lipoma dapat menggunakan BPJS.

Selain itu, di atas kami juga jelaskan juga mengenai informasi terkait benjolan atau lipoma mulai dari penyebab, gejala, hingga prosedur operasi. Diharapkan adanya pembahasan mengenai biaya operasi bedah benjolan di atas dapat bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *