Biaya Operasi Asam Lambung di Indonesia 2024

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Biaya Operasi Asam Lambung – Sebagaimana diketahui, asam lambung atau juga bisa disebut sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan penyakit lambung paling umum terjadi. Untuk mengatasi rasa terbakar di dada dan nyeri ulu hati karena asam lambung, seseorang bisa mengkonsumsi obat asam lambung.

Akan tetapi, apabila obat tersebut tidak mampu mengatasi permasalahan yang kalian alami, maka menjalani operasi mungkin menjadi opsi terbaik. Namun, perlu diingat bahwa setiap tempat pelayanan kesehatan di Indonesia seperti rumah sakit tentunya mempunyai ketentuan mengenai biaya operasi asam lambung berbeda-beda.

Secara garis besarnya, biaya operasi asam lambung di rumah sakit Indonesia nantinya akan bergantung pada berbagai macam faktor. Hal ini seringkali membuat pihak rumah sakit yang satu dengan lainnya mempunyai sedikit selisih perbedaan tarif pelayanan untuk tindakan operasi asam lambung para pasiennya.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian berencana ingin menjalani operasi asam lambung di rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu kisaran biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya operasi asam lambung di rumah sakit disertai prosedur dan efek sampingnya.

Gejala Asam Lambung

Gejala Asam Lambung

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya operasi asam lambung di Indonesia lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian hingga beberapa gejalanya. Seperti sudah disinggung di awal, asam lambung atau GERD adalah salah satu jenis penyakit seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang.

Padahal, apabila asam lambung dibiarkan begitu saja, penyakit tersebut bisa menimbulkan gejala lebih serius, bahkan bisa mengakibatkan penurunan produktivitas atau memperburuk kondisi seseorang. Menurut pengalaman beberapa orang yang sudah menjalani operasi GERD, mereka umumnya akan mengalami beberapa gejala.

Baca juga: Biaya Operasi Kista Ovarium di Rumah Sakit 2024

Jika mengalami beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasi kan dengan dokter untuk mencari tahu apa jenis langkah tindakan tepat untuk menanganinya. Adapun beberapa gejala asam lambung yang umum terjadi oleh para penderitanya tersebut di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Nyeri dada disertai sensasi terbakar di dada.
  • Adanya rasa pahit atau asam di mulut.
  • Mual serta muntah.
  • Sulit menelan.
  • Batuk kering.
  • Nyeri tenggorokan.
  • Suara serak.

Manfaat Operasi Asam Lambung

Manfaat Operasi Asam Lambung

Ketika hendak mengetahui berapa besaran biaya operasi asam lambung di rumah sakit Indonesia, tentunya kalian perlu memahami sejumlah manfaatnya terlebih dahulu. Secara garis besarnya, operasi asam lambung bertujuan untuk membungkus atau mengikat bagian atas lambung (fundus) ke bagian bawah kerongkongan.

Tujuannya yaitu untuk menguatkan cincin otot yang mulai melemah di area tersebut. Perlu diketahui, penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka panjang, operasi asam lambung bisa memberikan efek yang lebih menguntungkan daripada mengkonsumsi obat secara rutin.

Ketika seseorang menjalani operasi asam lambung, penyebab dasar terjadinya penyakit tersebut dapat segera di atasi. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan konsumsi obat-obatan yang hanya menetralkan ataupun mengurangi produksi asam lambung tanpa mengatasi masalah sphincter yang mulai melemah.

Di Indonesia sendiri, operasi asam lambung sebenarnya dapat diatasi seperti halnya saat menjalani operasi lambung bocor, yakni dengan teknik laparoskopi atau teknik transoral fundoplication. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tingkat keberhasilan operasi asam lambung akan sangat bergantung pada kondisi para pasiennya.

Biaya Operasi Asam Lambung

Biaya Operasi Asam Lambung di Rumah Sakit

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, operasi mungkin menjadi salah satu jenis tindakan paling tepat untuk dilakukan ketika ingin mengatasi asam lambung atau GERD. Bahkan beberapa orang juga mengatakan pengalaman mereka setelah menjalani operasi lambung bahwa penyakit asam lambung sudah hilang total dari tubuhnya.

Namun, tentunya tindakan operasi asam lambung di Indonesia membutuhkan adanya sejumlah biaya wajib dibayarkan oleh para pasien. Nah, di Indonesia sendiri besaran biaya operasi asam lambung nantinya akan bergantung pada pihak rumah sakit, kondisi pasien, tingkat keberhasilan dan lain sebagainya.

Baca juga: Biaya Endoskopi Lambung di Rumah Sakit Indonesia 2024

Pada umumnya, tarif pelayanan operasi asam lambung di rumah sakit Indonesia berada di kisaran jutaan hingga puluhan juta rupiah. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai kisaran biaya operasi asam lambung di beberapa rumah sakit di Indonesia.

Rumah SakitBiaya Operasi Asam Lambung
RS Bogor SeniorRp 4.000.000
RS Mitra Plumbon CirebonRp 4.700.000
RS Premier JatinegaraRp 5.200.000
RS Premier SurabayaRp 8.000.000
RS TNI AL Dr. MintohardjoRp 5.400.000
RS Umum Royal Prima MedanRp 3.900.000
Siloam Hospital SurabayRp 3.800.000
RS Efarina Etaham BerastagiRp 3.600.000
Siloam Hospital Kebon JerukRp 3.300.000
Siloam Hospital Lippo VillageRp 3.100.000
MRCC Siloam Hospital SemanggiRp 3.500.000
RS Harapan Keluarga CikarangRp 2.700.000
RS Dr. Oen Solo BaruRp 2.900.000
Primaya Hospital MakassarRp 3.100.000
RS EMC TangerangRp 2.500.000
RS Imanuel BandungRp 2.500.000
RS Islam KarawangRp 2.100.000
RS Mardi Rahayu KudusRp 2.200.000
Siloam Hospital Asri JakartaRp 2.500.000
Siloam Sriwijaya PalembangRp 2.300.000
RS Mitra Keluarga Bekasi TimurRp 1.100.000
RSU PKU Muhammadiyah Gamping YogyakartaRp 1.500.000

Perlu diingat, besaran biaya operasi asam lambung di rumah sakit Indonesia di atas tentu bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pihak pengelolanya. Nah, mungkin banyak di antara kalian bertanya-tanya terkait apakah operasi asam lambung ditanggung oleh BPJS Kesehatan atau tidak?

Kabar baiknya, saat ini operasi asam lambung di beberapa rumah sakit sudah dapat dilakukan oleh para peserta BPJS Kesehatan. Dengan kata lain, seluruh pengobatan hingga perawatan para peserta BPJS ketika melakukan operasi asam lambung akan ditanggung oleh BPJS.

Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa besaran nominal yang nantinya akan ditanggung oleh BPJS dalam hal operasi asam lambung tersebut juga akan berbeda-beda. Selain itu, untuk mendapatkan fasilitas BPJS tersebut, tentunya setiap peserta perlu memenuhi semua syarat beserta ketentuan yang berlaku.

Prosedur Operasi Asam Lambung

Prosedur Operasi Asam Lambung

Setelah memahami rincian biaya operasi asam lambung hingga beberapa manfaatnya, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana prosedur tindakannya dilakukan. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tindakan operasi dapat dilakukan apabila terapi dengan obat-obatan tidak efektif dalam mengatasi asam lambung.

Pada umumnya, dokter melakukan tindakan operasi asam lambung dengan cara menguatkan cincin antara esofagus dan lambung supaya isi lambung nantinya tidak mudah naik. Nantinya kasus asam lambung harus membutuhkan tindakan operasi apabila penderita mengalami satu atau beberapa kondisi seperti di bawah ini.

  • Tidak ada perbaikan gejala setelah seseorang mengkonsumsi obat-obatan serta melakukan perbuahan gaya hidup sesuai anjuran dokter.
  • Menderita asam lambung parah disertai komplikasi.
  • Mempunyai gejala penyerta tang tidak biasa seperti asma.
  • Penderita asam lambung tidak ingin secara terus-menerus mengkonsumsi obat dalam jangka waktu lama atau tidak bisa mengkonsumsi obat karena alasan medis tertentu.

Efek Samping Operasi Asam Lambung

Efek Samping Operasi Asam Lambung

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya operasi asam lambung di rumah sakit Indonesia dilengkapi dengan prosedurnya. Meskipun operasi asam lambung merupakan prosedur aman untuk dilakukan, namun tindakan tersebut sebenarnya mampu menimbulkan efek samping atau risiko kepada pasien.

Baca juga: Biaya Operasi Bariatrik di RS Pondok Indah Terbaru 2024

Seperti halnya tindakan medis pada umumnya, operasi asam lambung atau operasi GERD nantinya akan menimbulkan risiko yang mungkin tidak terlalu berdampak serius terhadap tubuh pasien. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah risiko atau efek samping operasi asam lambung.

  • Robekan atau tusukan jarum di dinding kerongkongan atau lambung karena prosedur operasi.
  • Terjadi infeksi pada luka operasi.
  • Sulit menelan setelah operasi.
  • Terasa mual, kembung serta sering bersendawa setelah operasi.
  • Sulit untuk muntah ketika diperlukan.
  • Refluks asam lambung tetap terjadi.
  • Kemungkinan dibutuhkan adanya operasi ulang.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini tindakan operasi mungkin menjadi langkah paling tepat ketika ingin mengatasi penyakit asam lambung. Untungnya, saat ini operasi asam lambung sudah dapat dilakukan di berbagai macam rumah sakit di Indonesia.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa setiap tempat pelayanan kesehatan tentunya mempunyai ketentuan mengenai tarif pelayanan yang berbeda-beda. Dimana besaran biaya operasi nantinya akan sangat bergantung pada beragam faktor seperti fasilitas medis, tingkat risiko dan lain sebagainya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayasehat.com seputar rincian biaya operasi asam lambung di Indonesia dilengkapi dengan manfaat, prosedur hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin menjalani operasi asam lambung di rumah sakit terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *