Biaya Lepas Jahitan Operasi Gigi di RS, Puskesmas, dan Klinik

Diposting pada
5/5 - (3 votes)

Biaya Lepas Jahitan Operasi Gigi – Melakukan operasi gigi adalah salah satu tindakan untuk menjaga kesehatan pada area mulut. Dengan operasi, setidaknya mengurangi dan menghilangkan berbagai dampak yang akan terjadi.

Sesuai prosedur kesehatan, setelah melakukan operasi gigi pasien harus lepas jahitan. Sedangkan untuk melepasnya harus datang ke RS, Puskesmas, atau klinik dengan meminta bantuan dokter maupun perawat.

Dalam segi pelayanan, tentunya masing-masing tempat pelayanan berbeda-beda. Salah satunya mengenai biaya lepas jahitan operasi gigi. Sebagai pasien yang ingin lepas jahitan tentu harus mengetahui besaran biayanya.

Lalu, berapakah biaya lepas jahitan operasi gigi di rumah sakit, puskesmas, dan klinik? Untuk mengetahui secara pasti, kami akan berikan informasinya di artikel ini secara lengkap dan mudah dipahami.

Biaya Lepas Jahitan Operasi Gigi Terbaru

Biaya Lepas Jahitan Operasi Gigi Terbaru
TEMPATBIAYA LEPAS JAHITAN OPERASI GIGI
Rumah SakitRp. 100.000 – Rp. 200.000
PuskesmasRp. 20.000 – Rp. 100.000
KlinikRp. 100.000 – Rp. 200.000

Dari tabel rincian di atas, bisa kita lihat bahwasanya untuk biaya lepas jahitan operasi gigi berbeda-beda tergantung tempatnya. Meskipun beda, namun untuk prosedur dan pelayanan yang diberikan sama.

Baca Juga: Biaya Cabut Gigi di Puskesmas BPJS, Non BPJS dan KIS 2024

Jika kamu datang ke rumah sakit, maka harus siapkan uang kurang lebih Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000. Apabila ke puskesmas terdekat, maka siapkan uang antara Rp. 20.000 hingga Rp. 100.000. Sedangkan jika di klinik, biayanya mencapai Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000.

Semua biaya yang kamu berikan merupakan kebijakan yang telah ditentukan oleh masing-masing tempat. Mahal atau tidaknya sebenarnya tergantung dari layanan dan fasilitas. Bahkan kamu bisa dapatkan biaya lebih terjangkau jika datang ke RS, Klinik, atau Puskesmas yang menyediakan BPJS Kesehatan.

Prosedur Lepas Jahitan Operasi Gigi

Prosedur Lepas Jahitan Operasi Gigi

Setelah mendapatkan informasi mengenai biaya di atas, kami akan berikan penjelasan mengenai prosedur lepas jahitan operasi gigi. Hal ini penting kamu ketahui agar tahu bahwa setiap dokter maupun punya prosedur yang sama dalam lakukan tindakan tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, lepas jahitan operasi gigi merupakan tindakan yang ditangani langsung oleh dokter atau perawat. Dalam tindakan, tentu semuanya dilakukan sesuai prosedur medis kesehatan.

Menurut dr. Lili Dwiyanti, ada beberapa prosedur yang harus diketahui oleh pasien yang ingin lepas jahitan operasi gigi, antara lain sebagai berikut:

  • Penggunaan benang non-absorbable untuk menjahit operasi gigi.
  • Waktu untuk melepas jahitan operasi gigi yaitu 7-14 hari setelah penjahitan.
  • Dokter akan memastikan tidak terjadi pendarahan dari luka.
  • Dokter akan memastikan tidak terdapat infeksi seperti pengeluaran nanah dari luka.
  • Dokter akan memastikan luka telah merapat/menutup secara sempurna.
  • Proses lepas jahitan tidak diperlukan pemberian suntuk bius mengingat proses pelepasan umumnya mudah dan jarang menimbulkan rasa sakit berlebih.

Itulah beberapa prosedur yang secara umum dilakukan di semua tempat pelayanan kesehatan. Walaupun sudah ada prosedur di atas, alangkah baiknya pasien tetap berdiskusi dengan dokter gigi yang menangani saat menjalani operasi.

Risiko Tidak Lepas Jahitan Operasi Gigi

Risiko Tidak Lepas Jahitan Operasi Gigi

Selain mengetahui prosedur saat jahit di atas, kamu juga harus ketahui bahwa ada risiko yang berlebih apabila tidak lepas jahitan operasi gigi. Pasalnya, dari benang yang digunakan merupakan jenis yang berbahan tidak terserap oleh tubuh.

Baca Juga: Update Biaya Pasang Kawat Gigi di Puskesmas 2024

Menurut dr. Devika Yuldharia, secara umum ada 2 jenis benar jahit operasi, yakni absorbable (bisa diserap oleh tubuh) dan non absorbable (tidak bisa diserap oleh tubuh). Sedangkan untuk operasi pada gigi, maka dokter akan gunakan benang berjenis non-absorbable.

Karena penggunaan benang berjenis non-absorbable, maka pasien harus datang kembali ke rumah sakit untuk meminta bantuan pelepasan jahitan operasi gigi. Sebaiknya lepas jahitan dilakukan 7-14 pasca operasi.

Apabila melebihi waktu yang dianjurkan oleh dokter, maka akan ada risiko tidak lepas jahitan operasi gigi. Risiko yang terjadi bisa membuat rasa tidak nyaman saat makan atau berbicara. Risiko kedua, jika benang tidak segera dilepas, maka bisa meningkatkan risiko infeksi.

Rekomendasi Tempat Lepas Jahitan Operasi Gigi

Rekomendasi Tempat Lepas Jahitan Operasi Gigi

Selain harus segera mungkin lepas jahitan operasi gigi, pemilihan tempat layanan kesehatan juga harus ditentukan. Alangkah baiknya, pilih rumah sakit, klinik, atau puskesmas yang sebelumnya melakukan tindakan operasi.

Akan tetapi, jika kamu ingin ganti tempat, maka wajib pilih tempat yang sesuai dan terbaik. Di bawah ini, kami berikan rekomendasi tempat lepas jahitan operasi gigi di beberapa daerah yang tentu aman dam terjangkau.

  • Cling Dental Clinic, Depok
  • Klinik Pintar Dermaga Raya, Jakarta
  • RSGM Universitas Jember
  • RSKGM Kota Bandung
  • RSUD Kota Banjar
  • RSGMP Unsoed, Purwokerto
  • Puskesmas Pakem, Sleman Yogyakarta
  • Puskesmas Poasia, Kendari
  • Puskesmas Kedungpring, Lamongan

Kesimpulan

Dari semua informasi yang ada, bisa disimpulkan bahwa biaya pelepasan jahitan pasca operasi gigi berbeda-beda tergantung dari tempatnya. Meski begitu, semua biaya yang ditentukan oleh masing-masing tempat masih standar atau terjangkau. Terlebih lagi pasien bisa gunakan BPJS Kesehatan agar biayanya lebih ringan.

Kiranya itu dari kami mengenai informasi masalah biaya lepas jahitan operasi gigi beserta informasi lainnya. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan tindakan lepas jahitan, baik itu di rumah sakit, puskesmas, atau klinik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *