18 Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia 2024

Diposting pada
5/5 - (5 votes)

Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia – Belakangan ini diperbincangkan oleh masyarakat, lantaran biaya pendidikan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda perlu memilih menggunakan asuransi terbaik untuk menjamin pendidikan anak menjadi lebih cerah.

Berbagai asuransi pendidikan terbaik di Indonesia baik, asuransi dwiguna maupun unit link dapat Anda pilih. Perbedaannya hanya dari sistem pembayaran premi, disebut sebagai tabungan atau investasi.

Tidak hanya perusahaan saja yang menawarkan dana asuransi pendidikan, tetapi sejumlah bank terbaik di Indonesia juga mengeluarkannya. Contohnya Bank BCA, BNI, Mandiri dan BRI.

Guna membantu Anda memilih dan membandingkan berbagai asuransi pendidikan di Indonesia. Biayasehat.com memberikan beberapa rekomendasi terbaiknya pada pembahasan ini.

Rekomendasi Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia

Setiap asuransi pendidikan di Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik dari segi biaya, dana investasi maupun nilai premi polis. Sebagian perusahaan maupun bank yang menawarkan asuransi tersebut, menerapkan sistem pencairan dana secara bertahap, di mana sesuai jenjang pendidikan anak dengan ketentuan masing-masing polis.

Jadi dari ulasan tersebut, Anda bisa memperkirakan dana asuransi pendidikan dicairkan kapan. Lantas, apa saja asuransi pendidikan terbaik di Indonesia saat ini?

Daripada penasaran, berikut adalah rekomendasi asuransi pendidikan terbaik di Indonesia baik perusahaan maupun bank.

1. Sun Life Indonesia

Sun Life Indonesia Asuransi Pendidikan

Sun Life Indonesia berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat khususnya anak-anak. Unggul dalam menyediakan dana pendidikan dari jenjang SD, SMP, SMA hingga Universitas dengan waktu pembayaran sesuai program yang dipilih.

Selain itu, Sun Life Indonesia memberikan asuransi pendidikan 100% uang pertanggungan (UP). Apabila penanggung meninggal dunia, maka dana akan ditambah 100% lagi berupa tahapan sesuai penjadwalan.

Namun sayangnya, dana pendidikan yang ditransfer ke nasabah terpotong cukup besar bahkan melebihi premi bulanan. Biaya tanggungan asuransi pendidikan di Sun Life Indonesia, tergantung dari nilai biaya pangkal sekolah anak Anda atau sesuai dengan kesepakatan yang tertulis pada polis.

2. BRI Life

BRI Life Asuransi Pendidikan

BRI Life merupakan salah satu asuransi pendidikan terbaik di Indonesia menawarkan Tahapan Dana Pendidikan (TDP), sesuai jenjang pendidikan di masa mendatang hingga berakhirnya kontrak. Di samping itu, asuransi ini mudah didaftarkan untuk semua kalangan masyarakat Indonesia.

Namun sayangnya, sebagian nasabah BRI Life pernah mengalami tidak mencapainya target dana asuransi pendidikan. Hal ini dikarenakan return investasi rendah serta banyak potongan biaya.

Perihal biaya asuransi pendidikan BRI Life, akan dicairkan secara bertahap sesuai jenjang pendidikan anak. Misalnya Rencana Dana Pendidikan (RDP) Rp 50.000.000, maka premi minimal yakni 5% RDP senilai Rp 2.500.000.

3. Sequis Life

Sequis Life Asuransi Pendidikan

Sequis Life memiliki berbagai produk asuransi pendidikan terbaik meliputi Sequis EduPlan Insurance, Asuransi Sequis EduPlan, Q Study Plan Insurance, dan Sequis Global EduPlan Insurance. Setiap program memiliki keunggulannya masing-masing seperti fleksibilitas masa asuransi, memiliki nilai tunai dalam masa perlindungan hingga pembebasan premi serta kepastian pembayaran dana.

Namun dari banyaknya program asuransi Sequis Life terbaik tersebut, memiliki beberapa kekurangan yakni dari minimum usia masuk dan metode pembayaran premi. Soal preminya asuransi pendidikan Sequis Life di mulai dari Rp 8.900 per hari, namun nominal tersebut tidak berlaku untuk semua program.

4. CAR Life

CAR Life Pendidikan

CAR Life termasuk perusahaan yang menyediakan program asuransi pendidikan terbaik di Indonesia. Di mana, perusahaan ini unggul dalam menyediakan jenis biaya pendidikan anak sampai 100 miliar rupiah, jika tertanggung meninggal dunia dan nilai tunai investasi.

Kekurangan asuransi pendidikan CAR Life salah satunya adalah minimal 7 tahun dan maksimal 22 tahun. Selain itu, penanggung akan membayar tunai secara otomatis, jika tertanggung menghentikan pertanggungannya dalam kontrak serta pertanggungan selanjutnya akan berakhir.

Perihal biaya premi asuransi pendidikan CAR Life bergantung pada pilihan pembayaran, baik secara bulanan, kuartalan, semesteran dan tahunan. Uang pertanggungan asuransi ini senilai Rp 10.000.000 sampai Rp 10.000.000.000.

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk Terbaik di Indonesia

5. Manulife

Asuransi Pendidikan Manulife

Manulife salah satu perusahaan yang memiliki produk asuransi pendidikan terbaik di Indonesia. Karena baru saja meluncurkan produk terbarunya, yakni Manulife Education Protetor di mana membantu orang tua mempersiapkan dana pendidikan bagi anak mereka.

Meskipun masa pembayaran preminya fleksibel, tetapi asuransi pendidikan Manulife memberikan loyalitas setiap kelipatan lima tahun polis, ketika anak berusia 20 tahun hingga berakhirnya kontrak. Biaya premi asuransi pendidikan Manulife Education Protetor, yakni sebesar Rp 5.000.000 per tahun.

6. Sinarmas MSIG Life

Sinarmas MSIG Life

Sinarmas MSIG Life menawarkan produk asuransi pendidikan terbaik di Indonesia, yakni Simas Kid Insurance. Program tersebut memiliki keunggulan seperti uang pertanggungan dibayarkan 100%, apabila tertanggung meninggal dunia.

Namun sayangnya, Simas Kid Insurance memiliki masa pembayaran premi 5 tahun saja. Selain itu, usia masuk pemegang polis hanya ditujukan dari usia 20 sampai 59 tahun untuk pembayaran secara bulanan, triwulan, semester ataupun tahunan.

Perhitungan biaya berdasarkan plan A, B, C, D, di mana memiliki persentasenya masing-masing. Apabila memilih A dengan uang pertanggungan Rp 500.000.000, maka premi yang harus dibayarkan sebesar Rp 7.010.000 per bulan selama 5 tahun. Estimasi tersebut dihitung berdasarkan Plan A memiliki besar tahapan 5% dari UP.

7. Prudential

Prudential Asuransi Pendidikan

Prudential memiliki produk asuransi pendidikan terbaik di Indonesia, yakni PRULink Edu Protection. Di mana, produk tersebut memberikan perlindungan bagi keluarga pada satu polis.

Meskipun begitu, PRULink Edu Protection mempunyai sejumlah kekurangan di mana polis asuransi pendidikan ketersediaannya masih terbatas. Selain itu, belum tersedia juga manfaat kesehatan pada polis asuransi pendidikan Prudential.

Biaya premi asuransi pendidikan Prudential harus dibayarkan minimal Rp 500.000 per bulan. Akan tetapi, nominal tersebut juga bergantung pada usia masuk, jenis kelamin serta pertimbangan lainnya.

8. Allianz

Asuransi Pendidikan Allianz

Allianz menawarkan produk asuransi pendidikan yang terbaik di Indonesia, yakni Allianz Life Secure PINTAR, SmartLink Flexi Account Plus, SmartLink New Flexi Plus, Allianz Pasti, Allisya Protection Plus, Allisya Maxi Fund Plus. Produk tersebut ditawarkan dengan pilihan pembayaran premi dasar tunggal guna ketenangan dukungan finansial dan warisan di masa depan.

Namun sayangnya, premi dasar tahunan selama 2 tahun polis pertama senilai Rp 50.000.000 sampai saat ini belum tersedia. Selain itu, penambahan dan pengurangan jumlah premi setelah pengajuan tidak diperbolehkan.

Mengenai biaya premi asuransi pendidikan Allianz berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 1.000.000 per bulan. Nominal tersebut berbeda berdasarkan usia masuk tertanggung dan anak, masa perlindungan, UP serta perluasan manfaat.

9. Takaful Keluarga

Takaful Keluarga

Takaful Keluarga menjadi salah satu perusahaan terbaik di Indonesia yang menawarkan produk asuransi pendidikan. Program tersebut merupakan santunan meninggal dunia berupa tanggungan biaya pendidikan anak.

Biaya premi asuransi pendidikan Takaful Keluarga bergantung dari berbagai faktor seperti profil tertanggung, nilai aset, dan cakupan pertanggungan. Namun, pada umumnya produk tersebut memiliki besar biaya premi sekitar Rp 300.000 per bulan.

10. BNI Life

Asuransi Pendidikan BNI

BNI Solusi Pintar salah satu asuransi pendidikan terbaik di Indonesia, lantaran besaran premi yang terjangkau, dana santunan pendidikan sampai usia anak kuliah, serta uang pertanggungan dibebaskan apabila tertanggung meninggal dunia.

Menariknya lagi, asuransi pendidikan BNI Solusi Pintar minimum usia masuk anak dari 0 bulan sampai kurang dari 9 tahun. Namun, usia masuk tertanggung maksimal hanya sampai 55 tahun saja.

Biaya minimum premi dasar BNI Solusi Pintar yakni sebesar Rp 500.000 per bulan. Di mana, masa asuransi mengikuti usia anak 9 sampai dengan 17 tahun.

11. Generali Indonesia

Generali Indonesia

Generali Indonesia salah satu perusahaan yang menawarkan asuransi pendidikan terbaik di Indonesia, karena menjamin tanggungan pendanaan pendidikan anak. Di mana, memiliki ketentuan apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan transportasi maka uang tertanggung akan ditambahkan 200%.

Namun sayangnya, usia masuk anak asuransi pendidikan Cemerlang Scholar minimum 18 tahun. Selain itu, minimum Uang Pertanggungannya sebesar Rp 100.000.000.

Kisaran harga premi yang harus dibayarkan per bulan, yakni Rp 108.000. Akan tetapi, nominal tersebut bergantung beberapa faktor seperti masa pembayaran, usia tertanggung dan lain sebagainya.

12. AXA Mandiri

Asuransi Pendidikan AXA Mandiri

Asuransi pendidikan terbaik di Indonesia selanjutnya, adalah AXA Mandiri. Di mana produk ini terbilang bersahabat, karena preminya dimulai dari Rp 100.000 per bulan untuk jenis polis syariah dan konvensional juga dapat disesuaikan kebutuhan.

Meskipun begitu, AXA Mandiri memiliki sejumlah kekurangan di mana penempatan dana investasi tidak bisa diubah. Selain itu ketentuan pencairan dana pendidikan tergantung dari kondisi serta perjanjian yang dibuat sebelumnya.

13. BCA Life

Asuransi Pendidikan BCA Life

Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) BCA yaitu asuransi pendidikan terbaik di Indonesia berikutnya. Di mana, termasuk salah satu produk asuransi jiwa tradisional yang menyokong kebutuhan dana pendidikan anak.

Proteksi Edukasi Maksima menawarkan manfaat senilai 200% dari uang pertanggungan ketika anak berusia 18 hingga 21 tahun. Meskipun begitu, terdapat beberapa kekurangan pada produk tersebut di antaranya, risiko kredit serta pembatalan polisi, manfaat tidak dapat dicairkan apabila tertanggung meninggal akibat HIV, bunuh diri, maupun tindak kejahatan.

Perihal biaya premi yang dibayarkan bisa dilakukan secara per bulan atau tahunan. Di mana nominal dihitung berdasarkan Uang pertanggungan, premi dasar, dan premi asuransi tambahan.

14. Panin Dai-ichi Life

Panin Dai ichi Life

Panin Dai-ichi Life merupakan perusahaan yang menawarkan asuransi pendidikan terbaik di Indonesia. Produknya dinamai Kids Edu Plan, di mana memberikan manfaat santuan untuk persiapan dana pendidikan anak khususnya SMA dan universitas.

Frekuensi pembayaran premi berbeda-beda sesuai dari premi tahunan, di mana bulanan sebesar 0.095, triwulan 0.265, dan semesteran 0.52. Apabila uang pretanggungan Rp 150.000.000 dengan masa 10 tahun, maka premi tahunannya sekitar Rp 578.371.

15. Taspen Life

Taspen Life

Taspen Life menawarkan asuransi pendidikan terbaik di Indonesia yang dinamai dengan Taspen Proteksi Beasiswa. Produk tersebut membantu memberikan tunjangan finansial atas dana pendidikan anak.

Manfaat pertanggungannya meliputi dana jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA hingga Universitas dan uang saku kuliah selama 5 tahun. Total manfaat dana pendidikan mencapai 210% uang pertanggungan.

Selain itu, premi reguler dimulai dari nominal Rp 350.000 per bulan atau single premi sekitar Rp 10.000.000. Namun sayangnya, usia tertanggung hanya mencapai 60 tahun saja.

16. Bumiputera

Bumiputera

AJB Bumiputera 1912 atau lebih dikenal Bumiputera menawarkan asuransi pendidikan anak mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Namun, Dana Kelangsungan Belajar (DKB) dibayarkan secara bertahap menyesuaikan tingkat usia anak.

Di samping itu, dana beasiswa anak dibayarkan ketika periode asuransi pendidikan berakhir. Selain itu, premi bebas pengembalian jika tertanggung meninggal dunia, dan diberi santunan sebesar 100% dari uang pertanggungan.

17. MNC Life

MNC Life

MNC Life meluncurkan produk terbarunya, yakni MNC Tahapan Pinter, di mana membantu ketersediaan dana pendidikan dan perlindungan asuransi dalam satu paket. Asuransi pendidikan tersebut berlaku untuk usia masuk tertanggung dari 17 sampai 55 tahun serta anak 0 hingga 15 tahun.

Cara bayar premi di asuransi pendidikan MNC Tahapan Pintar dapat dilakukan secara bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan. Di samping itu, minimum premi disesuaikan dengan usia tertanggung dan anak.

18. Amanah Gita

Amanah Gita

Perusahaan asuransi pendidikan terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Amanah Gita. Produk dengan nama Asuransi Amar Cendikia dibuat untuk membantu anak mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Asuransi Amat Cendikia unggul dalam pilihan pembayaran yang bervariasi, jaminan syariah serta fleksibilitas pencarian dana tahapan. Di samping itu, penerima manfaat akan diberikan uang santuan sebesar uang asuransi, di mana polis bebas kontribusi sampai akhir masa asuransi serta dana pendidikan untuk anak tetap berjalan.

Sebagai informasi tambahan, meskipun di atas terdapat beberapa rekomendasi asuransi pendidikan. Namun, menurut OJK contoh asuransi pendidikan yang baik yakni, memiliki kalkulasi biaya pendidikan yang dibutuhkan nasabah, menyesuaikan kemampuan finansial, pilih perusahaan asuransi berdasarkan track record serta teliti kembali syarat dan ketentuan polis asuransi.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi perusahaan dan bank di Indonesia yang menawarkan asuransi pendidikan terbaik. Namun sebelum menjadi nasabahnya, pastikan terlebih dahulu track record sera syarat dan ketentuan polis asuransi guna memastikan produk tersebut bagus untuk Anda.

Mungkin itu saja informasi dari Biayasehat.com mengenai asuransi pendidikan terbaik di Indonesia saat ini. Semoga dengan adanya pembahasan di atas, Anda dapat memilih produk terbaik sesuai kemampuan finansial maupun track recordnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *